Minggu, 02 Oktober 2016

#MANTANBUKANMUSUH

Gw punya mantan setengah lusin. Kalo gw jual ke olx, mungkin gw bisa kaya. Olx punya hashtag untuk promo webnya, yaitu #bekasjadiberkah, dan mungkin saat gw promoin mantan gw, hashtagnya berubah, #bekaspacarjadiberkah. Sayangnya, gw gak bisa jual mereka semua. Mereka bukan perabotan, mereka itu orang. Orang coy! Kalo gw jual orang, kaya iya dosa iya. Gw gamau gw dosa buat kaya. Terlebih lagi, mantan itu gak bisa dijual, mantan Cuma bisa di.. obral. Hehehe. Relain maksudnya ya.

Tapi emang bener, gw punya 6 mantan hingga tulisan ini dibuat, gw gak tau setelah tulisan gw ini selesai gw jadian mungkin.. hemmmmm. Punya 6 mantan itu gak bisa dijadiin prestasi menurut gw, karena dengan punya 6 mantan, itu mencerminkan kalo gw itu gak loyal, gak setia sama satu cewek, dan gak kuat jaga hubungan. Iya gak sih?

Sebenernya kalo dipikir-pikir, gw emang pacaran tapi gak pernah lama gitu loh, rata rata gw pacaran berdasarkan jumlah keseluruhan dari 6 orang ini adalah Cuma kuat pacaran selama 5 bulanan.

Mantan pertama gw adalah mantan yang muncul dari masa SMP gw. Namanya Ica. Ica tinggal di warung deket SD gw dulu, dan gw sering jajan disana, saat SD gw jadi saingan gitu di kelas soal ranking di kelas.. dia ranking 2 gw ranking 1. Dari belakang.  dan saat SMP gw malah deket sama dia sampe akhirnya gw malah pacaran sama dia, gw inget banget gw harus ngapalin lagu-lagu romantis dari band Ungu biar dia mau nerima gw, karena kebetulan dia pencinta lagu band tersebut. Gw pacaran sama dia cuma bertahan selama kurang lebih 2 bulan aja. Namanya pacaran pertama kali, masih SMP kelas 1 pula.. jadi masih kaya bego banget. Sok-sok an romantis, kayak yang bisa ngajak jalan, dan memberikan waktu untuknya.. waduh. Kalo diinget masa pacaran pertama kali itu serba canggung.. amatiran, gw gak tau apa yang harus gw lakuin, gw gugup pas ketemu dia, padahal udah pacaran, ngobrol aja jarang, nelpon aja gak pernah.. gw pacaran tapi rasanya kaya musuhan, karena adanya alesan : dilarang pacaran di sekolah, dan gw sering diledekin sama temen sekelas dia. Dan akhirnya gw putus sama dia tepat disaat gw ulang tahun di mana saat itu gw ajakin dia main ke pasar malem gitu, dan ketemu mantannya waktu SD (gw tau ini sinetron abis) dan dia bilang masih ada rasa sama mantannya itu. Wah.

Mantan kedua.. adalah pacar gw yang kedua saat itu. Mungkin Cuma gw yang mengakui kalo gw pacarnya dia, dianya nggak. Karena cerita gw sama dia cuma se..minggu. gw rasa saat itu gw bukan lagi pacaran, tapi lagi jambore nasional. Yaiya, Cuma seminggu. 7 hari doang! Dialah Fio, cewek yang gak pernah gw temui secara empirik, Cuma lewat dunia maya gw kenal sama dia. Gw kenal sama dia karena kita sama sama orang Bogor, suka band yang sama.. Nidji, dan sama-sama ketua OSIS di SMP masing-masing. Dengan banyaknya kesamaan ini, gw pun dengan gak sengaja nyatain perasaan ini ke dia dan, voila! Kita jadian dengan status Long Distance Relationship. Walau sama sama di Bogor, lokasi yang jauh jaraknya jadi alesan gw gak pernah ketemu dia. Gw ada di Bogor bagian barat, dan dia di timurnya. Jauh bet. Dan kepaksa gw menghubungi dia selalu lewat facebook, dan percaya sama gw.. LDR itu gak asik. Buktinya.. Cuma 7 hari gw bertahan.. emang sih gw waktu itu masih kelas 2 SMP dan.. masih cupu abis soal hal-hal cinta kayak gini.. gw dan Fio akhirnya putus dengan gak baik-baik, karena emang rasa percaya untuk LDR itu harus sepenuhnya, gak bisa Cuma sebagian…

Mantan ketiga, adalah temen sekelas gw di SMP. Yui. Awalnya gw sering ngeledekin dan ngegodain dia aja di kelas, dan mungkin Yui dan gw sendirinya “baper” akibat ledek-ledekan itu, gw malah suka sama dia, dan akhirnya beneran jadian. Kita bisa jadian karena juga faktor temen2 yang mendorong hubungan ini. Gw sama Yui kuat 8 bulan, emang cukup lama.. karena gw dan Yui adalah 2 orang yang saat itu menerima keadaan kita masing-masing. Saat itulah gw mulai ngerasain kalo cinta itu emang menggetarkan jiwa. Dia mengakui gw, dan selalu bilang gw jelek tanpa harus malu-malu, dia selalu ngejek gw item dengan bahagia, tapi anehnya gw malah makin sayang sama dia.. karena saat dia ngucapin itu, gw bukan ngerasa minder.. malahan sebaliknya.. gw malah ngerasa dia mau nerima gw apa adanya… tapi, hantaman datang saat gw udah nemu perasaan “bosen” dan itu yang membuat hubungan ini juga “membosankan” hingga pada akhirnya kita berpisah sampe sampe canggung di kelas selalu muncul sampe gw lulus SMP.

Mantan keempat, adalah adek kelas di SMP gw yang muncul sebagai “harapan baru” saat Yui gw tinggalkan.. namanya Indah. Dimulai dari sudah  berkuasanya angkatan gw sebagai kelas 9, gw sering ngejailin adek kelas dan sialnya, Indah yang gw jailin ngerespon dengan “baper”, di mana gw juga ikutan… untung jaman gw SMP dulu gak ada istilah baper… iyak bisa dibilang akibat kebaperan ini, gw dan Indah bisa jadian.. gw kenalan sama dia melalui adek kelas gw di pramuka, dan main surat-suratan gitu deh.. saat pelajaran agama di mushola, gw kirim surat di kertas ke Indah dari luar jendela mushola dan Indah ngebales gitu, hingga akhirnya gw nembak dia.. dan kita jadian. Kita sering pulang bareng saat selesai sekolah dan ekskul.. sering telponan, dan mengirim MMS. (iya gw tau gw jadul..), gw dan Indah emang Cuma berjalan sebulan, karena keadaan gw yang mau UN dan dia yang kayaknya udah gak nyaman sama gw, yang gw gak tau apa alesan jelasnya sampe sekarang… mungkin karena kejomplangan dan perbedaan muka yang sangat jauh. Muka dia sangat indah dilihat, seindah namanya.. sedangkan muka gw? Muak dilihat. Hehe.

Mantan kelima, adalah cewek yang gak gw sangka bakal jadi cewek gw.. namanya Vita, temen seangkatan di SMP yang rupanya pernah sekelas sama gw waktu TK. Kenalan lewat temen sekelas gw yang notabenenya sebagai sodaranya.. gw dengan mudah dapet nomer hapenya.. gw mulai deket sama dia sejak akhir akhir kelas 9, 2 bulan sebelum UN.. gw waktu itu ngebantu kelas dia ngegantiin temennya yang gak dateng waktu upacara bendera yang ditugasin jadi pemimpin upacara.. karena emang sering jadi pemimpin upacara di SMP, akhirnya gw ngebatuin dia, ngimamin solat. Eh, mimpin upacara, maksudnya… dan dari imbas pertemuan itu, gw dan dia sering bertegur sapa, becanda-becandaan, dan akhirnya malah jadian. 5 bulan berhasil gw lewatin sama dia, dengan berbagai terjangan yang terjadi, gw pun akhirnya menyerah dengan meninggalkan dia akibat kesalahpahaman, padahal maslahnya simple, gw gak bisa nepatin janji ketemuan sama dia di warnet buat nonton video…. dokumenter.. hehe. Dia marah dan gw menyerah untuk bertahan, dan… yasudahlah, kita pergi dengan gak baik baik.

Mantan terakhir, adalah satu-satunya mantan yang pernah ada saat gw SMA. Pokoknya, pasca putus dengan Vita, gw udah mulai ngerti pacaran yang seharusnya dilakukan : pengertian, saling percaya, saling tahu keadaan, dan mau toleransi. Dan itu berhasil diterapkan ke cewek gw yang ke enam ini, Upi namanya, mungkin dia adalah cewek pemegang rekor pacaran terlama sama gw, hampir 18 bulan gw jalan sama dia.. *buset, gak gempor tuh kaki?  Upi adalah seorang pendiam yang berhasil gw ubah menjadi cewek yang gak terlalu pendiam hehehehe. Gw ketemu dia di perpustakaan sekolah dengan kesan buruk yang dialami dia, dia mikir gw adalah orang jahat karena tatapan gw sangat tajem waktu itu, btw gw emang lagi nancepin piso sih waktu itu.. gw PDKT sama dia dari kelas 1 SMA dan baru berhasil jadian kelas 2 SMA. 1 tahun perjuangan itu gak sia-sia gw jalanin. Hehehehe.. gw dan upi adalah keberadaan dari orang yang sama sama sakit hati waktu itu, gw dan dia sama sama sedang butuh orang yang mau ngertiin, dan gak nyangka, gw dan dia berhasil pacaran. Mungkin dia adalah orang yang sering gw ceritain di blog gw, dia gw ceritain full di blog berjudul (sesuatu yang gak berguna) dan sebagian cerita di (tanyakan pada hujan). Gw dan dia putus akibat…. Akibat apa ya gw juga bingung.. tapi yang pasti, gw dan dia berpisah dengan gak baik-baik. Perang dingin melanda kami, sampai beberapa waktu kemarin.

Itulah review keenam mantan gw yang Alhamdulillah cewek semua.. dan perasaan punya banyak mantan itu sangatlah rumit, karena banyak masalah yang akan muncul sebagai bentuk konfilk dalam diri kita, berikut gw punya beberapa yang akan dihadapi sama kita yang punya mantan, mau itu enam, enam belas, enam ribu enam ratus enam puluh enam (udah kaya jumlah ayat Al-Qur’an ya..)

Yang pertama, MOVE ON
Yap, move on adalah masalah dini yang akan gw hadapi saat gw putus, masalahnya adalah, berapa lama gw bisa melupakan doi? Hmm.. sebulan kah? Sehari kah? Sejam kah? Sedetik kah? Tega bener.
Ya.. gw adalah orang yang paling gak bisa move on dari mantan (tapi bisa punya 6, ya?) untuk Ica, mantan pertama gw, gw berhasil move on saat sebelum gw pacaran dengan Fio, sekitar 3 bulan, lah.. dan Fio, karena sangat kilat, gw bisa melupakan dia hampir 1 bulan, Yui, 1 bulan… Indah? Emm gw lupa, tapi yang pasti gw udah bisa lupain dia saat udah sama Vita.. dan Vita? Uuuuh 10 bulan mah ada hehehe..kemudian Upi, 1 tahun..
Masalah yang harus gw lakukan untuk move on, adalah menyelesaikan masalah dengan mereka, dan menetralkan kembali status “Pacar” menjadi “teman”. Ica, misalnya.. gw kembali menetralkan keadaan dengan menjelaskan apa yang ada di pikiran gw, pun dengan Fio, Yui, dan Indah.. mereka semua gw jelasin dengan netral keadaan saat kita putus waktu itu, dan minta kritikan dan penjelasan agar semuanya kembali jernih, gak keruh. Beda sama Vita, gw dan dia berlomba-lomba untuk move on, dan siapa dari kita yang mampu punya pacar lebih dulu, itu tandanya dia yang udah move on duluan.. dan kenyataannya, semenjak gw putus sama dia, gw punya 0 pacar, dan dia 2. Oke fix gw kalah dari dia. Dan untuk Upi, gw move on dengan menyeret perasaan gw ke orang lain yang gw anggap bisa bantu gw ngelupain dia. Bayangin aja, udah hampir 2 tahun pacaran, pasti susah lupanya.. dan usaha gw untuk move on dari dia susah banget, gak bisa lagi gw ajak ngobrol secara netral, gak mempan.. dan setelah kita putus, full komunikasi gw dan dia sangat sangat minim.. itu yang buat gw gak bisa ngejelasin semuanya ke dia. Tapi, gw akhirnya bisa berusaha untuk bergerak, dan beberapa waktu ini, baru deh gw bisa move on. Hem.

Yang kedua, KETEMU PASCA PUTUS : CANGGUNG atau POTENSI CLBK
Yaps, ketemu mantan saat putus adalah anugrah sekaligus bencana. Anugrahnya, adalah kita bisa kembali melihat dia, dengan dia yang baru, dia tanpa kita. Dan bencananya, adalah kegagalan usaha kita move on dari dia dan malah menimbulkan potensi balikan, apalagi dalam kasus kita dan dia lagi sama sama sendiri.. emang ini masalah, tapi gw rasa niat buat CLBK itu adalah niat yang gak terlalu tepat, karena mereka yang CLBK adalah orang yang udah pernah baca buku, dan mau membaca buku itu kembali. Yaps. Udah tau ceritanya, konfliknya dan akhirnya gimana. Udah gak terlalu seru jadinya.

Untuk pertemuan terakhir, gw bertemu mereka di beberapa kesempatan pasca putus, gw sering ketemu kembali Ica, karena kebetulan dia satu kampus sama gw.. pun dengan Fio, dia satu kampus sama gw, tapi walau 1 kampus, tetep aja.. gw gak tau dia dimana.. Yui, dia udah kerja dan gw gak tau lagi dia gimana.. Indah, gw terakhir ketemu di jalan, dang w tau dia udah kelas 3 SMA sekarang. Vita, gw terakhir ketemu….. pas SMA. Ckckck. Dan sekarang gw gak tau dia lagi kesibukan apa. Dan Upi, dia sekarang satu kampus juga sama gw, sering sekelibet ketemu juga, walau sekarang dengan sikap yang berbeda.

Yang ketiga. KENYATAAN MELIHAT DENGAN YANG LAIN

Ini emang ironi, kita yang dulu deket dan dipanggil sayang sama dia, harus mau melihat dia deket dan dipanggil sayang sama orang lain. Ini udah kaya orang beli Handphone kita, padahal dulu punya kita, tapi sekarang kalo mau megang pun, harus izin dulu sama yang punya yang baru. Kenyataan melihat dengan yang lain sebenernya gak masalah-masalah amat, toh emang kita harus ngerelain saat mereka pergi, kan?

Tapi terlebih sakitnya punya mantan banyak itu, adalah kenyataan bahwa mereka akan menikah. Dan semakin banyak mantan, semakin banyak nasi prasmanan yang akan elu makan tanpa merasa bahagia. Yaiyalah. Dateng ke acara nikahan mantan, itu canggung berujung haru. Dan ada sepercik pertanyaan dalam diri.. “HARUSNYA KAN ITU SAMA GUA!”. Percaya sama gw pasti akan ada masanya kita mikir gitu. Di depan pelaminan, melhat mantan didandanin penganten, kita salaman, mempelai pria, saat di mempelai wanita….


Apa yang harus dilakukan?

A. Nangis kejer dan teriak minta bantuan?
B. Memeluk dan mencium mantan, sebelum keduluan suaminya?
C. Berkata “Selamat ya..” sambil berlinang air mata?
D. Berkata “Selamat ya..” sambil bergaya gentle?
E. Gak naik pelaminan, langsung makan prasmanan?



That is your choice. Hehehehe.



Dan yang terakhir. KONFLIK DENGAN KONTAK MANTAN

Yups, setiap kita punya mantan haruslah diperhatikan benar-benar kontak dan media sosialnya, apakah harus diblok atau diamkan saja?
Menurut gw kontak dan medsos mantan gak perlu dihapus, karena menurut gw mereka yang ngehapus adalah mereka yang gak mampu merelakan mantan. Dan mantan akan menjadi susah dilupakan… mending tetep keep kontaknya, siapa tau ada yang penting dari mereka, seperti.. menawarkan ML..M, dan lain sebagainya..
Tapi emang resikonya kita gak blok medsos mantan adalah : kemungkinan stalking sangatlah besar dan itu menggangu kehidupan ‘melupakan mantan’ kita; kemungkinan pencemburuan dengan pacar baru kita dengan dalih ‘kok masih nyimpen nomer mantan’ akan terus berjalan; dan kemungkinan kita sakit hati juga akan semakin besar karena bisa tau keadaan dan hubungan baru mereka.

Dan terkadang, banyak orang yang membenci mantan layaknya musuh akibat putus, padahal kan ya, normalnya pacaran itu kan dari temen, kalo putus ya kembali jadi temen.. tapi sebagian orang gak bisa nerima itu. Putus dengan pacar emang bisa ngubah status, tapi gak semudah mengubah rasa sayang, ya gak sih? Yaps. Mereka yang menjadikan mantan sebagai musuh adalah mereka yang menurut gw terlalu sayang sama mantannya, dan seolah-olah gak mau ngerelain apa yang udah harus terjadi sama hubungannya. Dan itu terjadi sama gw juga, gw pernah mengalami fase di mana pasca putus, gw merasa benci sama mantan gw, dan butuh beberapa waktu buat ngertiin diri gw dan berusaha menetralkan keadaan gw dan dia. Dan yang tadi gw bilang, gw benci mantan karena gw terlalu sayang sama mereka, gak bisa ngerelain mereka. Tapi, kalo udah putus, kenapa harus terlalu sayang? Kalo sayang, jangan diputusin. Ye ga? Makanya, gw kembali mikir.. gw gak boleh terus terusan gini, gw harus bisa ngerelain mereka dan pergi dengan yang lain. Dan mulai berpikir, mereka bukanlah musuh yang harus dijauhin. Kita bisa menjadi orang yang sama sama tahu kita pernah “terasing” bersama di dalam suatu cerita sebagai orang yang berubah untuk sebuah cinta, bukan lagi seorang teman, cukup menjadi somebody who I used to know. Seseorang yang tahu, gw siapa, dia siapa. Gw mantan dia, dia mantan gw. Kita harus tau apa yang harus dilakukan sebagai seorang mantan : gak perlu terlalu kaya pacar, nanya keadaan ya seperlunya, layaknya temen, dan tahu batasan diri kalo kita gak bisa sama sama lagi.

Dan akhirnya, gw selalu berpikir, bahwa MANTAN BUKAN MUSUH yang harus dijauhi. Mantan adalah dia yang tahu, kalo kita udah gak bisa sama sama lagi, makanya harus agak menjauh :)

............................. ♥ .............................


Pesan gw buat Ica, Fio, Yui, Indah, Vita, Upi.. kalo mau nikah jangan lupa kasih surat undangan ya :)) hehehehe. 

2 komentar: