Sabtu, 29 Oktober 2016

ALIENASI TERINDAH

Cinta itu banyak bentuknya. Bisa cinta sejati, bisa juga cinta yang disejati-sejatiin. Gak sedikit ada cinta yang freak, yang palsu, yang absurd, yang gak jelas juntrungannya kemana. Dan gak sedikit juga cinta yang sejati, yang mau rela berkorban, yang mau saling pengertian, yang mau saling tahu keadaan. Cinta, emang banyak bentuknya. Gw, adalah orang yang mungkin bisa banyak bercerita mengenai cinta, karena gw yang ngalamin itu sendiri, mulai dari cinta bego-begoan (cinta yang keduanya sama sama bego, gak tau harus ngapain dan apa yang diperluin saat ngejalanin suatu hubungan), bahkan sampe cinta yang dibego-begoin. Cinta lokasi? Gw pernah.. cinta yang cuma dipendem doang? Seriing. Mungkin gw kebanyakan nonton sinetron kali, ya.. makanya baperannya minta ampun.

Gw selalu percaya, ada cinta yang mampu ngubah diri kita, yang bisa membuat diri kita menghilangkan diri kita, demi orang yang kita cinta itu.. cinta adalah alienasi, pengasingan.. di mana kita akan terasing dari jati diri kita sebenernya, demi jadi orang lain yang kita cinta. Emang sih gak semuanya dari diri kita berubah karena cinta, tapi gw percaya, pasti ada.. ada hal yang berubah saat kita jatuh cinta.. minimal hati, hati kita gak akan selamanya mau ngerasa sendiri mulu.. dan hati akan bergerak mempercayai cinta baru saat kita jatuh cinta lagi..
Cinta, adalah alienasi..
 ............................. ♥ .............................

Alienasi pada cinta jadi hal yang gak bakal kita sadari, karena pada dasarnya cinta ngebuat semuanya jadi beda.. kita akan ngerasa biasa, padahal ada yang berubah.. ada sesuatu yang gak biasa saat kita ketemu cinta.. sampe pada ujungnya, kita akan menghilangkan diri kita, dan melebur masuk ke dalam cinta orang yang kita suka.. contohnya gini, akan ada perbedaan yang sangat mencolok, saat kita suka sama orang.. dan akan berbeda pada orang yang gak kita suka, biasa aja gitu… gini : saat kita suka sama 1 orang, kita akan mengubah sikap kita, menjadi lebih fokus sama orang itu.. kita akan lebih mau memperhatikan dia daripada orang lain.. memperhatikan gerak langkahnya, raut wajahnya, semua status di media sosialnya, dan segala hal tentangnya, ketimbang orang lain; saat kita suka sama seseorang, akan ada rasa yang beda saat dia melewati kita saat papasan.. akan ada sesuatu yang lebih berdebar, dan akan ada sesuatu yang lebih terasa menyenangkan saat mampu melihat dia.. ketimbang saat papasan orang lain yang bukan dia, orang yang kita suka; saat kita suka sama orang lain, inbox, dan semua chat pasti akan selalu dia, orang yang kita suka muncul.. baik itu akan dibales, atau gak dibales.. minimal ada riwayat chat atau kotak masuk pada pesan yang menunjukkan bahwa kita pengen selalu tau kabarnya, pengen selalu mau tau gimana keadaanya, dan selalu pengen tau, apa respon dia ke kita; dan saat kita suka dan cinta sama seseorang, entah kenapa kita akan selalu berpikir bahwa apa yang kita lakuin ke dia semua adalah bentuk cinta kita ke dia, yang kadang gak semua orang mahamin itu, setiap kita bantu dia, kita semangatin dia, dan kita rela berkorban demi dia, rela mau jadi pahlawan, atau bahkan badut bahan ejekan… semua dilandaskan atas satu alasan : “karena gw sayang sama elu”… demi dia, kita akan mau melakukan hal yang mampu buat dia terkesan dan mampu buat dia tersenyum dan tertawa… Semua adalah pengasingan menurut pandangan gw, pengasingan dari diri kita, yang berubah demi orang yang kita cinta, yang kita suka, yang kita sayang….

............................. ♥ .............................

Kalo dipikir-pikir, gw sering banget ngalamin alienasi, di mana gw berubah jadi orang yang mampu diperhatiin sama mereka, orang yang gw suka.. mereka itu bisa aja mantan gw, para gebetan yang gak jadi, bahkan sampe orang yang gw PDKT-in tapi gak jadi.. semua itu mengasingkan diri gw.. semuanya ngubah diri gw, dan ngebuat gw harus berperan beda pada satu orang dan orang yang lain.. gw harus bersikap sesuai dengan apa yang dia, orang yg gw suka saat itu bisa terima.. gw gak akan mungkin bisa bersikap tolol saat suka sama cewek yang seriusnya minta ampun, dan gw gak akan sesuai kalo bersikap sok pinter saat suka sama cewek yang mau deketin cowok yang gak sombong… kaya gitu deh.. cinta ngebuat pengasingan buat gw biar gw bisa adaptasi sama mereka, orang-orang yang gw suka. Gw akan berubah menjadi orang yang romantis saat deket dengan cewek yang suka hal-hal romantis, dan gw harus jadi orang yang asik saat deket dengan cewek yang suka banget asik-asikan..

Semua terlihat semu.

............................. ♥ .............................

Ada pemikiran di segala sesuatu pasti akan ada hal yang paling indah diantara yang lain.. mantan pasti ada mantan terindah, pacar pasti ada pacar terindah, mungkin, alienasi juga bisa muncul alienasi terindah..
……………………
Mungkin sama kayak mantan terindah, yang menjadikan si mantan ini mantan yang paling gak bisa dilupain, alienasi terindah pun akan menjadikan alienasi kita ke seseorang yang paling gak bisa dilupain, dan bahkan alienasi atau pengasingan ini, menjadi pengasingan kita yang gak pernah kita sesali pernah kita lakuin, demi orang yang kita suka itu..

Alienasi terindah, menurut gw juga adalah sikap keterasingan kita, di mana kita yang berubah demi orang yang kita suka itu merubah sikap cinta “ingin memiliki” dia menjadi bentuk yang lain….

Atau kalo boleh gw bilang, alienasi terindah bukanlah keterasingan, perubahan sikap demi orang yang gw suka kepada para mantan pacar gw, atau mantan gebetan gw, atau mantan PDKT-an gw… lebih dari itu… perubahan sikap demi orang yang kita suka yang paling indah akan terasa sama mereka, yang mampu mengubah keinginan kita memiliki mereka, dengan pemikiran lain..

Gampangnya gini, pengasingan atau alienasi terindah, adalah mereka yang bisa ngebuat kita ngelupain rasa cinta kita ke mereka, dan ngubah rasa cinta kita ke mereka untuk bisa memiliki mereka yang biasa dianggap “pacaran” menjadi “hal yang lain”, seperti fenomena-fenomena “friendzone” dan “brotherzone” yang sekarang lagi zaman-zamannya. Ya… di mana kita gak bakal jadi orang yang bisa jad pacar mereka, kita cuma bisa terjebak dalam zona pertemanan dan zona persaudaraan yang biasa disebut adek-kakak-an. ckck
............................. ♥ .............................

Mungkin orang berpikir kalo brotherzone dan friendzone adalah cara alternatif biar kita bisa deket-deket sama orang yang kita suka saat udah ditolak sama dia, dan bisa dianggap lebih cocok untuk banyak bercerita ketimbang jadi pacar. Tapi, gw lebih berpikir kalo friendzone dan brotherzone adalah alienasi dan pengasingan diri kita yang paling besar dan mungkin, paling indah… karena di zona mana lagi kita mau dengan rela bantuin, rela berkorban dan mau dengerin curhatan dia yang padahal bukan pacar kita? Ya cuma di 2 zona ini… kita akan dianggap sahabat dan kakak yang lebih deket dan lebih mau merhatiin kita. Sakit, tapi menyenangkan.

Gw pernah atau bahkan sampai sekarang mengalami zona ini bersama orang-orang hebat, yang mampu mengubah rasa keinginan memiliki gw ke rasa untuk terus selalu merhatiin mereka dari belakang… bersama mereka, zona ini menjadi zona di mana gw lebih dianggap tepat berada di zona ini ketimbang zona berpacaran yang akan selalu memunculkan dilematis dalam diri, dan memunculkan masalah yang lebih kompleks bersama mereka. Gw berada di 2 zona ini, di mana gw gak bisa ngapa-ngapain lagi, cuma cukup nerima keadaan kalo gw gak bisa memiliki satu pun mereka akibat berada di zona ini…..

Mungkin gak akan disadari sama dia, Riri.. temen yang secara gak langsung ngebuat gw selalu berada di dalem zona pertemanan, yang mana gak pernah gw bertemu dia dalam satu cerita cinta yang sama… saat gw punya pacar, dia juga punya pacar.. saat kita udah putus satu sama lain.. kita saling menjauh dan jarang berkomunikasi.. dan saat gw ingin mencoba ngedeketin dia, dia udah keburu CLBK.. hehehe.. mungkin suatu saat nanti dia mulai suka sama gw, gw udah nikah mungkin.. hhehe..



Riri emang gak pernah gw tembak, dan gw cuma sampe batas ngedeketin aja, dan curhat-curhatan. Gw bahkan curhat tentang pacar gw ke dia. dan dia juga sering cerita cowoknya ke gw. Padahal, sebelum gw mau ngedeketin pacar gw saat itu, gw udah mau milih Riri, karena dia sama.. dia adalah orang yang bisa bangkitin mood gw, dan asik saat diajak bercanda, dan biasanya malah gw yang keseringan ngebecandain dia.. pernah suatu hari gw buat dia ketawa gak berenti berenti di bulan puasa, dan saat kita udah pulang, dia kasih pesan ke gw “jahat lu, gara-gara banyak ketawa, gw jadi nyemen (buka puasa diem-diem) di McD!” hahahahaha… banyak kejadian dan peristiwa yang bikin ketawa saat gw bersama dia.. dan gw selalu seneng saat bertemu dia. mungkin cuma dia, cewek yang selalu bisa nangkis gombalan gw, dan berdiri tegak dengan dirinya sendiri. Dia punya cita-cita yang sangat hebat menurut gw, jadi Polwan. Gw seneng banget bisa ketemu orang yang punya cita-cita unik kayak gini nih.. hahahaha.. tapi rupanya keadaan ngebuat semuanya gak sesuai dengan keinginannya, dia bisa dibilang bentuk manusianya kue bakpau, buntet dan pendek, tapi manis…. Karena tinggi badannya yang gak cukup itulah, dia gak lolos masuk polisi.. kemudian dia bilang mau jadi perawat dan masuk sekolah keperawatan.. eh rupanya dia manja, makanya gak bisa jadi perawat. Soalnya ngerawat diri sendiri aja dirawatin. Hahahahaha.


Nggak kok, dia akhirnya masuk ke salah satu universitas dan berkuliah di sana, dan mengejar status sarjana.. hemm..

Riri adalah cewek yang asik, cewek yang ekspresif, dan gw gak setuju gak ada yang suka sama dia.. gw yakin banyak banget yang suka sama dia, tapi mungkin gak dia sadari aja, termasuk gw. Gw adalah orang yang sebener-benernya mundur untuk memperjuangkan cinta dia, dan mundur untuk berjuang memiliki dia.. gw mundur..

Tapi, kalo dia butuh tempat cerita, dan tempat bagi kesedihan, gw mau nampung itu, gw mau bantu dia buat seneng, buat bahagia, dan buat dia selalu senyum.. tanpa harus memiliki dia. yaiyaalah, dia udah punya cowok kan, wkwk masa iya harus gw nyuruh putus kan nggak..
Cukup, menjadi temen yang baik itu cukup, menjadi telinga yang mau dengerin cerita dia itu cukup, dan menjadi mulut yang mau ngkritik dan ngasih masukan buat dia itu cukup.
Semua akan gw lakuin buat dia, tanpa harus gw minta balik ke dia.. karena gw udah teralienasi, terasing dari keinginan gw untuk memiliki dia..

Karena gw tahu diri, gw bisa sayang sama dia tanpa dia harus mau nerima gw.

............................. ♥ .............................


Beda dengan Alfia, yang ngejebak gw di zona persaudaraan. Gw gak tau apa karena gw dan dia sama sama dari klan uchiha makanya kita masuk zona persaudaraan? Gak tau juga gw.. Alfia adalah bentuk dari alienasi terindah yang lain, ya.. lebih baik menjadi saudara yang mampu mengajarimu, mampu mengajakmu berpikir bersama, dan mampu menjadi pundak yang lebih luas untuk bersandar. Karena saudara, dalam hal ini adek-kakak akan mengalami segala hal tersebut, maupun adek atau kakak, pasti akan saling ngajarin, ngasih tau, ngkritik apa yang salah dari salah satu diantara mereka.. maupun kakak atau adek akan sering bercerita dan berpikir dalam suatu masalah bersama.. adek akan bercerita semua masalah yang ada, dan kakak akan ngasih solusi yang ia pikir lebih baik.. dan akan muncul penyelesaian. Walau adek-kakak lebih seperti kucing dan anjing.. kakaknya kucing, adeknya anjing… kayak gitu.. hhehehe.. iya walau mereka seperti kucing dan anjing yang sering berantem, ada kalanya mereka akan sama sama merasa butuh “pundak” untuk menghabiskan keluh mereka satu sama lain… dan pundak dari saudara kita akan lebih luas daripada yang lain, karena pundak itu akan membuat kita menghabiskan keluh kita sepenuhnya…

Zona saudara adalah zona yang paling kekeluargaan.. di mana kakak dan adik akan memiliki rasa cinta dalam persaudaraan, bukan berpacaran.. jadi baik gw maupun Alfia akan saling berpikir, jalan terakhir untuk bercerita adalah kepada saudara..

Gw pun gak pernah nembak Alfia.. gw pun sadar kalo nembak orang kayak gini, gak akan sesuai dijadiin pacar.. Alfia lebih cocok menjadi adik yang baik, yang lebih perlu mendapat perhatian yang tidak bersifat pacar-able. Dia ini orang yang sering ngeluh, dan ribet, mungkin sama kayak gw.. sering ngebaperin orang, dan sering kebaperan juga.. dan terkadang sering gak peduli pada diri sendiri, juga terlalu rumit untuk dijelaskan. Alfia adalah objek becandaan yang sangat empuk untuk dimainkan. Dia mampu gw habiskan dengan berbagai cercaan gw, dan segala becandaan yang mampu ngebuat dia kesel sama gw.. tapi itulah asiknya, ini yang dilakukan sama adek-kakak.. dan gw sebagai orang yang gak punya adek, ngerasa Alfia adalah sosok adek yang patut disayang, dan dibantu saat lagi butuh bantuan..  dia juga sering banget ngebantuin gw, ngembaliin mood gw dari cewek yang gw percaya bisa bikin mood gw naik, eh rupanya nggak bisa.. dan dia yang ngambil peran itu.. dia becandain gw juga, dan buat gw senyum juga… tapi dengan rasa yang beda.
Mungkin gw emang suka sama dia, tapi gw sadar dia udah nganggep gw kakak, dengan harapan yang tegas ia bilang ke gw.. “kak, tetep jadi kakak yang baik buat gw ya…” akhirnya, gw pun berpikir, dia ngebawa gw ke alienasi yang lain, bukan alienasi “ingin memiliki”  lagi.. tapi.. alienasi yang ngebuat gw jadi seseorang yang tepat jadi panutan buat dia…
Dan itu gak masalah.. dia punya jalan sendiri untuk mengejar cintanya.. dan gw sebagai kakaknya, akan selalu ngedukung, dan cuma bisa ngasih masukan kalo dia lagi deket sama orang lain.. dan gw gak akan ngerasa cemburu, toh gw kakaknya.

Alfia udah ngebawa gw ke dalem zona yang baru, zona persaudaraan.. yang ngebuat gw harus selalu berusaha buat bisa ngebantu dia, dan menyelamatkan senyumnya.. dia yang sampai sekarang terus berusaha mengejar cinta sejatinya, dan menggapai cita-citanya terus berjalan dan bahkan berlari…

Dan gw yang harus terus mengawasinya…

Cukup, menjadi kakak yang baik itu cukup, menjadi telinga yang mau dengerin cerita dia itu cukup, dan menjadi mulut yang mau ngkritik dan ngasih masukan buat dia, dan ngajari dia segala sesuatu yang dirasa benar… itu cukup.
Semua akan gw lakuin buat dia, tanpa harus gw minta balik ke dia.. karena gw udah teralienasi, terasing dari keinginan gw untuk memiliki dia..
Karena gw tahu diri, gw bisa sayang sama dia tanpa dia harus mau nerima gw.

............................. ♥ .............................

Riri dan Alfia adalah alienasi terindah gw.. mereka bisa bawa gw ke dalam cinta yang lain, cinta yang gak perlu memiliki untuk merasakannya. Gw ngerasa cinta gw ke Riri sangat besar menjadi seorang teman yang mau merhatiin dia. gw ngerasa rasa gw ke Alfia menjadi kuat sebagai seorang kakak yang mau ngajarin dia dan ngasih masukan ke dia… mereka menyelamatkan gw dari sakit hati karena ditolak cinta.  Walau ini terkesan bodoh, di mana gw sama aja kaya buang-buang waktu untuk mencintai orang yang gak cinta sama gw… gw percaya… kalo saat dia, Riri maupun Alfia udah nemu kebahagiaannya, gw pun akan merasa bahagia… merasa sangat bahagia..

Dan kini, mereka terus berada dalam buku cerita mereka masing-masing, dengan menjadikan gw sebagai tokoh figurannya, tokoh pendukung dari cerita mereka.. gw yang hanya berperan mungkin sebagai teman maupun kakak di cerita mereka mungkin akan melewati gw saat mereka mau memfokuskan cerita mereka ke alur cerita utama…
Friendzone dan brotherzone gak sepenuhnya buruk, 2 zona itu adalah zona paling indah menurut  gw.. gw bisa jatuh cinta tanpa harus takut kehilangan diri gw demi jadi orang lain demi mereka.. gw cukup jadi diri sendiri, cuman cinta gw yang terasing dari rasa ingin memiliki.. dan menjadi cinta yang lain.. cinta demi kebahagiaannya, yang juga jadi kebahagiaan gw, tanpa harus gw miliki :)

............................. ♥ .............................

Mungkin, alienasi terindah ini ngebuat diri gw dan mereka kaya sepatu….
Iya.. bisa selalu bersama, tapi tak bisa bersatu..

ya.. gw sadar ingin bersama mereka.. tapi gak bisa apa-apa..

ya… gw terasa sedih saat harus jauh dari Riri atau Alfia, dan merasa gak berdaya untuk menyentuh diri mereka, menyentuh hati mereka…

............................. ♥ .............................
Riri mungkin sekarang akan terus melanjutkan cerita bersama pacarnya, dan Alfia mungkin akan terus mengejar mimpinya dalam harapan hidupnya dan cintanya…

Dan gw-lah yang akan mendukung mereka, dan menyemangati mereka.. sebagai teman dan kakak yang cinta sama mereka..

Karena gw paham, cinta gw untuk memiliki salah satu diantara mereka gak akan pernah tersampaikan kepada mereka….
Kembali pada keadaan di awal tulisan gw ini… mengenai cinta yang banyak bentuknya… dan 1 pelajaran yang mampu Riri dan Alfia kasih buat gw dari bentuk cinta… bahwa….


cinta memang banyak bentuknya.. mungkin tak semua, bisa bersatu…. ~

............................. ♥ .............................
I love you, Riri.. on this quiet..

I love you, Alfia.. on this lonely..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar