Sabtu, 07 Januari 2017

MONOKROM

Cinta Masa SMA.

Selama SMA, gw sekolah selama 3 tahun. Kelas 10, kelas 11, dan kelas 12. Itu tuh setara sama kelas 1, 2, dan 3 SLTA. Selama SMA itu juga, 3 tahun gw punya cerita. Dan cerita itu beruntungnya sangat khusus”, dan gw anggap cuma gw yang punya cerita itu. Cerita apa itu? Cerita cinta gw. Cerita gw yang punya cinta, cinta di masa SMA, cinta penuh angan-angan” dan harapan-harapan utopis, janji-janji yang dianggap bisa aja ditepati, tapi gakpapa kalo gak terwujud juga”. Cinta SMA adalah cerita cinta transisi dan pembentukan diri kita dari alay menuju dewasa. Gw liat-liat, kalo kita punya cerita cinta di SMA, itu artinya.. kita waktu SMA itu sok-sok punya simpul romansa gitu, atau seperti perspektif mengenai asmara, yang bisa ngebuat kita seolah-olah jadi pakar cinta, ngasih kata kata mutiara, atau apapun ituu semua sebutan itu atau apapun sebutan lain itulah yang ngarahin diri kita kalo kita bisa jatuh cinta. Cinta masa SMA adalah pengalaman yang sangat berharga sih buat gw.


 Bisa dibilang, cerita cinta gw di SMA jarang banget berganti-ganti, dan malah terkesan cuma fokus sama satu orang doang. Waktu kelas 10, gw putus sama pacar gw yang dari SMP, dan akhirnya status yang gw banggakan saat kakak-kakak OSIS nanya waktu MOS, siapa yang punya pacar disini?” dan gw jawab dengan mantap, saya, kak. Di SMA lain..” musnah begitu aja. Buat itung-itungan anak transisi dari alay ke enggak-alay-alay-banget, hal itu udah bisa ngebuat gw galau sendiri, dan selalu berpikir gimana caranya biar gw gak galau lagi? Kemudian, selaang beberapa waktu, masih di awal-awal kelas 10, seperti mendapat ilham dan cahaya darimana asalnya, gw dapet pemikiran atas pertanyaan gw soal cara biar gak galau lagi. nyari cewek baru aja ya..” gila. Gw jenius.

Akhirnya, gw mencoba nyari cewek kenalan” baru di SMA, dan saat kita kelas 10, mencari kenalan di sekolah baru sangatlah menyenangkan, kita gak canggung-canggung dan sangat mudah mendekati siapapun. ß itu adalah t a i”, b o o n g”. kata siaaapa gampang?! Susah! Mungkin itu gampang buat orang yang rupa dan riak air di wajahnya itu normal, atau bagus (baca: rupawan, ganteng), tapi nggak buat gw, orang yang berasal dari kalangan dunia hitam : kulit kami hitam, terkesan seperti preman SMA, atau depkolektor yang menyamar sebagai anak SMA demi menagih hutang cicilan mobil hot wheels salah staff TU di SMA itu, atau bahkan yang dianggap menghilang ketika malam hari tiba ketika kita sedang melakukan pekemahan. Itu sulit coy! Ngedeketin cewek atau ngajak kenalan cewek dengan tampang kaya teripang. Hem.

Gw pernah mau deketin dan kenalan sama salah satu cewek, sebut aja namanya Astuti, tapi bukan Astuti si Agung Hercules itu loh. Astuti ini adalah wanita cantik yang sangat misterius, karena belum banyak informasi yang gw dapet dari dia. dan akhirya gw mencoba merhatiin dia. Gw suka merhatiin dia pasca gw putus sama pacar gw di SMP itu. Ada alesan kenapa gw merhatiin dia : mukanya mirip sama mantan gw. Berponi, mukanya kecil, 1 cm lah, dan menggemaskan. Gw sering sejalan sama dia ketika satu arah pulang dari sekolah, atau sering juga ketemu di perpustakaan, dan itu yang ngebuat gw sering merhatiin doi nih. Gw tau namanya karena liat nametag nya di seragamnya. Gw kemudian iseng buka facebooknya, dan mulai stalk facebooknya, daan dia gak pernah posting apapun. Kampret. Gw udah mulai tertarik untuk ngedeketin dia, dan ketika gw mulai menggunakan cara cara PDKT sebagaimana mestinya : mendekati dia, kenalan, minta nomer handphone.. gw menemui dia sedang diboncegi salah satu mas mas berseragam putih abu, yang gw telaah itu adalah cowonya. Nice move. Gw udah kalah sebelum berperang.
Gw pun kembali merasakan kesendirian yang dingin, gak ada penyemangat. Gw selalu berpikiran, keberadaan dan eksistensi seorang cewek yang kita sayangi adalah mutlak faktor utama kita bisa bergerak dan semangat. Karena, dalam pandangan gw, cewek yang kita sayang (baca : pacar) berperan sebagai moodbooster[1]. Dan gw kira, Astuti bisa jadi moodbooster gw, eh rupanya nggak. Gw pun paham, itu tuh bukan cinta, itu cuma rasa kangen aja sama mantan gw, makanya gw kaya mau ngedeketin dia. saat ngedeketin Astuti yang sangat singkat itu, gw berpkir, gw cuma keinget dia aja.

Setelah kehancuran bersama Astuti, gw mencoba mengais ngais kembali harapan dan keinginan untuk menemukan moodbooster gw. Anjay, padahal, kalo kita mau deketin cewek, itu gampang.. kita cuma perlu berani buat deketin, urusan diterima atau ditolak itu perkara belakangan. Tapi ada satu konsep yang sebenernya cukup akurat menurut gw, yang mana : dengan tidak memperhatikan faktor (x), tingkat muka seseorang akan berbanding lurus dengan kesempatan orang itu bisa direspon ketika kenalan sama cewek. Itu mutlak coy. Hahaha. Semakin ganteng elu, semakin gampang lu PDKT. Itu adalah konsep dasar, dengan tidak memperhatikan faktor x” itu. Faktor itu adalah faktor di luar faktor muka itu, mungkin bisa keberanian, tingkat percaya diri, atau bahkan tingkat intelektual, dan bisa juga tingkat ekonomi..~ yah, banyak sih faktor lain selain muka yang bisa bikin cewek kegebet” kita.

Dan, setelah gw berguru sama berbagai cerita di sinetron, akhirnya gw berpikir kalo sinetron gak ngasih ilmu apa-apa. Kampret. Di sinetron cewek dan cowoknya cakep-cakep, jadi susah nyari referensi gw.. Gw pengen banget nyari referensi ada cowok yang biasa aja tapi bisa dapet cewek cantik naujubilah gitu.. biar itu jadi motivasi gw. Kemudian, gw liat cerita Beauty and the Beast, cerita cantik dan buruk rupa, yang menceritakan cewek mau setia sama cowok buruk rupa. Terus, gw baca berita soal Bakari Sagna, pemain bola yang cukup terkenal, yang juga berasal dari dunia hitam kaya gw, taapi dapet cewek bening bet kaya air puncak. Wee. Ini anjay banget. 2 contoh yang menjadi panutan hidup gw. Whey. Tapi, kemudian, gw teliti lagi, baik kisah cantik buruk rupa itu, dan Bakari Sagna, ada kesamaan.. yaitu mereka bisa dapet cewek karena mereka kaya. Duit mereka banyak. Hem. Itu artinya gw harus rampok rekening kepala sekolah! Eh, maksud gw. itu artinya mereka memanfaatkan faktor x, faktor bukan muka mereka yang dijadiin senjata. Dan akhirnya, gw memutuskan untuk menggunakan faktor x gw saat ngedeketin cewek, yaps. Menghindari modal muka.

Gw pun akhirnya ngedeketin Upi, salah satu cewek yang misterius juga, sekarang gw gak ngedeketin dia karena alesan mirip mantan. Tapi karena.. gak ada alesan. Dia dateng dan sekelibet aja gw bisa suka sama dia.. dia tuh udah kaya dewi utusan yang turun dari parahiyangan, eh itu mah kereta yak, maksud gw khayangan. Anjay. Dia adalah manusia pilihan yang bisa gw temukan diantara milyaran manusia di luar sana. Kebetulan gw satu SMA sih sama dia. jadi, yah jadi gak milyaran-milyaran amat sih, paling cuma sekitar 1080-an siswa disini dari kelas 10 sampe 12, gw nemu dia dan terpikat sama dia. diantara 1080 manusia, gw menemukan dia. mantap.

Upi ini suatu hari nanti di SMA akan menjadi pacar gw. Dan untuk menjadi pacarnya, prosesnya sangatlah lama, butuh sekitar 18 bulan buat ngedeketin dia, dan selama itulah, gw menjadi pemuja rahasianya. Untuk melakukan PDKT yang wajar tadi, kita tau kita butuh tau nama, sedikit infonya, dan nomer handphonenya. Dan untuk dapet nomer handphonenya ini, sangatlah susah.
Biarkan gw menceritakan ini. mendapatkan nomer handphone doi” jengjeng!

Gw ada di kelas X-C, sedangkan Upi masuk kelas X-E. kelas kami berbeda, tapi deket-deketan, bisa dibilang atas-bawahan. Kelas gw ada di atas, lantai 2, sedangkan kelas dia ada di bawah kelas gw, di lantai 1. Gw bisa bertemu sama Upi karena kita sama sama sering ke perpustakaan. Dia sering baca buku pelajaran buat ngerjain PR, gw sering baca buku komik buat sepik dikira rajin aja dateng ke perpus. Orang bilang, semakin banyak kita ketemu sama satu orang, kita bisa punya perasaan sama orang itu. Mungkin itu yang dirasain sama gw sekarang. Gw sering ketemu dia, baik saat dia ngerjain PR, atau saat rehat istirahat. Dia itu anak ekskul degung, alat musik tradisional Jawa gitu, dan dia latihannya di perpus.. ini juga faktor yang membuat gw sering ketemu dia, eh.. sengaja nemuin dia ke perpus. Gw apal banget jadwal dia dateng ke perpus, antara senin, rabu, dan kamis. Pasti dia dateng.. jadi gw ada alesan buat selalu rajin ke perpustakaan. Itu, adalah perpustakaan penuh kenangan banget. Anjay.

Nah, dari letak geografis kelas yang gak terlalu strategis buat deketin dia membuat gw harus bisa deketin dia lewat SMS atau telepon, dan akhirnya gw mulai mencari cara, yaitu minta nomer handphone. Dan faktor keuntungannya adalah, di kelas gw dan kelas dia ada 2 orang kembar yang menghuni kelas satu sama lain. Namanya Vega, dan.. Vega. Namanya juga kembar, ya gimana dong.. Vega di kelas gw orang yang pendiem, sedangkan Vega di kelas Upi, pecicilan.. mereka kembar kembar banget, sampe sampe, mereka buat Facebook dengan 1 akun yang sama. 1 AKUN YANG SAMA! Dengan nama Duo Vega”. Kan padahal gak ada aturan ya, kalo kembar bikin akun harus disatuin! Kan bisa bikin sendiri sendiri. Apa susahnya coba yak. Tapi, kenahenan mereka harus gw terima, karena pada akhirnya gw harus meminta tolong kepada mereka untuk minta nomer handphone Upi.. gw nyuruh Vega kelas gw untuk ngasih tau permintaan gw ke Vega kelas Upi untuk minta nomer handphonenya, karena secara logika, ketika kita sekelas, pasti kita punya nomer handphone temen sekelas kita, kan? Dan akhirnya gw mempercayakan ini kepada saudara kembar Vega kelas gw untuk minta. Kemudian, setelah itu  Vega kelas gw dan Vega kelas Upi menemui gw dan bilang, kamu mau minta nomer Upi?”

iya, boleh kan? Elu kan temennya nih? Pasti punya dong..” jawab gw

yaudah aku minta izin dulu ya sama Upi.”

Jenius. Minta izin dulu. YA PASTI GAK BOLEH LAH KOCAK. Mana ada cewek mau ngasih nomer handphone sembarangan ke orang yang gak dikenal, apalagi mintanya gitu, gak gentle.
Lagian, ngapain juga sih, minta nomer harus minta izin dulu ke orangnya? Kan kalo gitu gw terkesan Bossy[2] ya ke mereka..

Gw membiarkan mereka berlalu, berharap minta izin” itu dapat memberikan gw jalan untuk bisa kenalan sama Upi.. tapi, gw punya perasaan yang gak baek saat mereka nganggep kalo minta nomer handphone ini adalah perkara yang gak sederhana. Mereka menganggap ini adalah hal yang serius, gw bisa lihat dari tatapan mereka berdua, seolah-olah sangat picik, sangat waspada terhadap apa yang gw minta.. mereka mungkin berpikir ketika gw dapet nomer handphone si Upi, gw bakal menjaili Upi, meneror Upi, atau bahkan menganggap Upi akan jadi sasaran sms broadcast yang saat itu menjadi ketakutan semua orang yang suka sms-an : pesan dari anak yang mati karena tabrak lari dan rohnya gentayangan yang kalo gak diteruskan ke 10 nomer lain dan berhenti di nomer gw, gw bakal ditemenenin pocongnya saat tidur di malam hari. Sangat trailer. Eh, thriller.
………..
Keeseokan harinya, mereka dateng ngedatengin gw, yang lagi harap harap cemas apakah gw bisa dapet nomer handphonenya, dengan 2 tatapan tajam dari 6 mata yang mendekati gw (kebetulan salah satu Vega pake kacamata), mereka menepuk pundak gw, lalu mencengkramnya, dan merobek bisep dan trisep gw! Tidak!!!!! Trailer abis. Eh, thriller.
Enggak, mereka dateng, nepok pundak gw, dan ngasih tau soal perkara minta izin” yang kemaren. Dengan tatapan mantap, mereka bilang.. map puy, Upi nggak ngizinin.. soalnya dia gak kenal kamu..”
……
 Dan pada akhirnya gw gak dapet nomer handphone dan apa-apa dari mereka. Nice work guys.

Cara selanjutnya, adalah pasrah.. gw gak tau lagi harus gimana, gw gak terlalu kenal sama anak anak X-E yang lain, kecuali sama mereka.. tapi, semangat gw untuk dapet nomenrnya yang sebenernya pasrah, gak terlalu patah arang, sih.. setelah gw sadar salah satu temen gw di kelas, satu eksul sama Upi ini. Susi namanya, Susi teman yang baik cenderung gak peduli sama urusan gw, jadi ketika gw nanyain perihal nomer handphone Upi, dia dengan besar hati, lapang dada, dan keikhlasan yang luas.. memberikannya.. bahkan disebutin ke gw..
kosong delapan..”
kosong delapan..”,jawab gw mengikuti.
lima enam..”
lima enam..”, jawab gw semakin mantap
enam belas”
enaam beelas..”, jawab gw dengan gup-gupan.
tiga delapan”
tigaaa delapan..”
satu empat.. delapan..”
satu empat.. delapan..”
yang goceng ya, puy..”
yang go.. ceng, lah?” kampret gw dijailin.

………………………………



Dan, pada akhirnya gw dapet nomer Upi, dengan usaha yang saaaaangat.. biasa. Hem.

Cerita pun berlanjut, selama gw dapet nomernya, gw selalu sms dia tiap hari, tapi gak pernah sekalipun dibales.. kadang-kadang, gw keabisan pulsa sendiri cuma karena tiap hari sms dia, walau gak dijawab. Bukan gak dijawab sama sekali sih, mungkin lebih ke arah jawaban yang menurut dia penting aja baru dibales, contohnya, ketika gw nanya soal atau bingung tentang pelajaran, dia sangat cepet balesnya gitu, seolah-olah dia itu salah satu pengajar di video quipper[3] yang nanggepin murid bego kaya gw gitu.
Gw denger dia adalah bintang kelas, dia ranking 1 di kelasnya saat semester satu, dan ada kemungkinan dia akan dapet ranking 1 juga di semester dua. Hem. Sosok cewek yang sangat sempurna, sih menurut gw.. udah cantik, pinter, pasti dia bisa ngebedain mana tangan kiri mana tangan kanan. Jenius..

Dan, interaksi yang dibangun atas dasar SMS-an itu, mempertemukan kita di dunia nyata, kita akhirnya bisa bersua satu sama lain, selama 45 menit! Bukan kencan ataupun makan bareng, tapi L O M B A. yoi. Kebetulan waktu itu ada lomba cerdas cermat antar kelas gitu, dan kelas gw saat itu akan bertanding melawan kelas X-B dan X-E. Gw yang diplot sebagai juru pencet tombol, takut bersamaan dengan seneng, bisa ketemu sama kelasnya si Upi ini. Seneng bisa nunjukkin kemampuan gw dan kesigapan gw mencet tombol di depan anak-anak kelas si Upi, sebagai bentuk penunjukkan diri kalo gw adalah anjay” sejati, sang pejuang dari kelas   X-C untuk memenangi lomba ini, tapi gw juga sekaligus takut, takut kalo lawan gw Upi, karena gw tau dia pinter banget. Dia dijuluki putri malu”, diem-diem tapi kalo udah show off ke orang-orang, beuh itu duri kemampuan”nyaaaaa anjay! Dia jenius..! saat gw melihat dia yang maju dalam perlombaan ini, bersama 2 orang temannya, gw berpikiran sangat takut terhadapnya, dalam hati gw, gw mikir.. dia adalah orang jenius! Dia bisa ngebedain, mana tangan kanan mana tangan kiri! WOY! DIA BISA BEDAIN MANA TANGAN KANAN MANA TANGAN KIRI! JENIUS BANGET ANJIR! Gw teriakkan itu secara perlahan ke 2 temen gw, yang kemudian direspon dengan anjay”nya, Santai puy, walau Upi seorang yang jenius, kita biasa biasa aja, ayo nyerah..” ß nice move guys.
……..
Boong deng, temen temen gw bilang, ayo lakuin aja sebisa kita..” Gw pun mikir, saingan gw di lomba ini bukan cuma X-E, tapi juga X-B, yang secara strata, X-B adalah yang diunggulkan dari ketiga peserta di putaran kali ini, gw juga harus berhati-hati dengan predikat unggulan” dari X-B ini.. ini adalah lomba untuk menunjukkan ke Upi kalo gw bisa! Semangat semangat!
…………
Lomba pun dimulai. Babak pertama adalah babak untuk setiap kelas menjawab 10 pertanyaan tanpa rebutan terlebih dahulu, dan apabila kelas itu gak tau jawabannya, baru kelas lain bisa rebutan jawab. Dan hasilnya sangat di luar dugaan : X-C, kelas gw berhasil jawab 10 soal yang diberikan dan 3 soal rebutan, kelas X-B cuma dapet 7 soal yang diberikan dan harus rela ngasih 2 soal buat kelas gw dan 1 soal buat X-E tanpa ngerebut soal dari kelas lain, sedangkan kelas X-E jawab 9 soal yang diberikan, dan harus rela keambil 1 soal oleh kelas gw. Gw menang di babak pertama. Di sisi lain teman teman Upi memperhatikan kelas gw, kelas yang cukup ramai karena unggul banyak dalam nilai, dan gw perlahan memperhatikan kalo Upi juga merhatiin gw.

Babak kedua dimulai, 20 soal rebutan yang harus bisa dimaksimalkan setiap kelas, dan itu yang membuat semua orang tegang dalam memperhatikan jalannya lomba, saat 1 kelas salah, 2 kelas lain akan memencet tombol terlebih dahulu untuk meraup poin.. itu terjadi cukup menegangkan dengan kejar-kejaran poin, di mana kelas gw saat itu hampir tersusul karena kecepatan gw mencet tombol terlalu lama, tapi itu gak ngegoyahin kelas di papan klasemen.. gw unggul 4 angka dari kelas di peringkat kedua perolehan nilai, yaitu kelas Upi, X-E yang sangat ditempel ketat oleh X-B dengan poin yang sama. Dan sampai pada soal terakhir, kelas gw yang udah dipastikan akan masuk ke final, dapet perintah dari semua temen kelas buat jawab pertanyaan terakhir.. dan pertanyaan itu adalah apakah kumpulan tumbuhan di muka bumi ini?” dan dengan sigap gw memencet tombol dan disambar dengan tombol-tombol lain dari kelas pesaing kelas gw, yang membuat suasana sangat risih dan ramai di dalam ruang perlombaan itu.. kemudian moderator lomba itu mengarahkan tangan ke kelas gw, iyak, X-C silahkan jawab..”
Gw dengan mantap menjawab BIOSFER!”
Dan moderator menjawab IYAK SALAH!”

Semua temen gw heran, puy, kan tadi elu mau jawab Bioma? Kan jawaban yang bener itu Bioma puy, BIOMA! BIOMA KAMPRET!” temen gw jadi emosi. Lalu gw jawab aja, kita udah pasti ke Final, kok.. lagian.. gw seneng liat kelas X-E yang berhasil dapet jawaban itu” yang kemudian disertai dengan tengokan temen temen gw ke arah kelas X-E yang melihat Upi berhasil menjawab BIOMA.
Kemudian temen gw bilang, yaelah puy, suka sama cewek sih boleh, tapi jangan bikin kelas kita gakjadi dapet poin dong” canda dia sambil memukul pundak gw perlahan. Gw pun tersenyum lalu teriak tanda bangga udah menang di lomba ini, dan lomba ini”.. yeah!
…………
Kelas gw pun akhirnya menang, dan masuk di Final.
Kebetulan di Final kita juara 4, jadi gak dapet apa-apa. Kebetulan saat itu temen gw yang pinter gak dateng, dan digantiin sama temen yang standarnya satu tingkat lebih lumayan di atas gw, tapi tetep aja.. kita kalah telak lawan musuh musuh dari kelas lain yang warbyasah.
Gw saat itu sadar apa yang gw lakukan saat di babak yang bertemu Upi itu, bisa menang, ambisius, dan ngotot harus menang entah kenapa gw sangat semangat buat menang, buat bisa nunjukkin kalo gw adalah orang yang tepat buat dia kenal, buat dia mau dekati, karena.. gw saat itu cuma butuh itu..
pengakuan.

Ah, lomba yang penuh memori~
………………………..

  
Entah gimana caranya, entah seajaib apa mantra yang semesta kasih buat cerita gw sama Upi bisa terus berlanjut.. banyak banget cerita yang muncul setelah lomba cerdas cermat itu.. intensitas dan frekuensi pertemuan gw sama dia jadi makin intens walau cuma sekedar sekelibet lewat doang, tanpa saling menyapa. Buat gw, cukup bisa ngeliat dia aja gw udah mimisan, gimana ngobrol gw.. mungkin idung gw meledak.

Di balik kesenengan gw selalu ketemu dia, gw merasa gw harus berani deketin dia.. gw yang selalu sms dia sekarang udah mulai bisa dapet respon yang baik daripada sebelumnya.. gw lupa gimana ceritanya, tapi, buat orang sekelas Upi, orang yang gak terlalu mentingin pentingnya sms-an, sangat langka gw dijawab sms dengan kata hehe..” dan rupanya gw dapet sms dari dia, dengan jawaban.. hehe”.. gila! Gw dijawab hehe” ! dan disaat itulah, gw rasa, cinta masa SMA ini mulai merekah, merekah dan mekar dengan indah.. bunga-bunga asmara yang sangat indah, harum kembang yang sangaat menyejukkan pandangan, segalanya terlihat indah saat gw dapet sms dengan jawaban hehe”.. mungkin nanti bakal ada hehe yang lain, atau mungkin aku”, atau sayang”. Nobody knows, kan?

Kisah gw semakin sempurna ketika tau kalo dia dan gw sekelas di kelas 11, kita memasuki kelas yang sama untuk 1 tahun ke depan.. ini adalah kesempatan yang baik, dan peluang yang sangat sangat sangaaaaaat besar untuk semakin bisa ngedeketin Upi. Gw bakal ngedeketin dia sedeket-deketnya, bahkan kalo bisa gw tempelin si upi pake lem Uhu, biar lengketnya lengket banget sama gw! Lem Uhu tunggu aku! Aku akan memakaimu! Yeah!

Satu kelas sama Upi di kelas 11 adalah impian gw sejak SD. Eh, gw SD belum ketemu dia sih, ah bodoamat. Pokoknya, bisa satu kelas sama Upi adalah impian gw dan itu terwujud, GILA. TAKDIR SANGAT MENDUKUNG KISAH GW DENGAN UPI. Dengan ini, gw akan sering ngobrol sama dia, sering berinteraksi sama dia, akan menjadi dua orang yang bisa selalu deket, selalu tau sama lain, dan itu semua.. KAMPRET. Semua itu gak terjadi! Yang ada, gw malah canggung goblok dan diem mampus gitu kalo ngeliat dia.. boro-boro ngobrol, menatap matanya aja udah kena radiasi gw. Gw penakut banget yaelaaaah. Gw cuma bisa melakukan hal yang sama ketika kelas 10 : nulis nama dia di buku catetan, atau curat-coret bentuk potret dirinya, atau mikirin dia doang.. bedanya waktu kelas 10 gw gak bisa ngeliat dia, tapi di kelas 11 gw bisa, tapi sama aja, gak ada bedanya.. perasaan ini masih kependem, gak bisa dikeluarin.
Kala itu, tepat 12 bulan gw mendem perasaan yang udah bukan mengendap lagi, mungkin udah jadi fosil dan siap dimuseumkan, gw masih belum bisa nemu nyali buat ngedeketin dia. bahkan, lebih buruk.. hati gw makin sakit, dengan 2 kejadian kampret yang gak pengen gw inget
Yang pertama, adalah kejadian saat pentas seni di SMA gw..
………………
Waktu itu, pertengahan semester kelas 11, SMA gw ngadain pentas seni gitu, dan ngundang bintang tamu yang menurut gw cukup tren” di masa itu, iyaps. Master Limbad.

Bukan deng, HiVi! HIVI! Gila! HIVI! Dateng ke SMA gw!

Emang sih, dibayar.. makanya dateng.. soalnya tiketnya juga mahal, 35 rebu per orang buat nonton semua rangkaian acara. HiVi dateng pas penghujung acara, dan sebelum HiVi dateng, banyak band-band lokal yang ikut meramaikan acara pentas seni itu, mulai dari band yang beraliran pop, rock, bahkan metal. GILA! METAL! Em, biasa aja sih ya.. hehe.. ada juga penampilan stand up comedy  olah Randhika Djamil, salah satu komika nasional yang juga dibayar meramaikan acara pentas seni ini.

Gw? Bayar tiket 35 rebu? HAHAHA OGAH. Sayang banget gw bayar buat nonton yang begituan, gak suka gw! Tapi emang ditambah kebetulan luar biasa yang mana saat itu gw waktu itu bokek jadi gak bisa bayar. Bilang aja yak pengen nonton tapi ga ada duit. Gw pengen padahal nonton HiVi, gw suka banget sama lagu-lagu HiVi yang lagi ngehits saat itu, Orang Ketiga, Indahnya Dirimu, Mata ke Hati, Talak Tiga, eh itu gak diitung deng..

Tapi, gw gak patah arang. Jalan lain agar gw bisa nonton adalah gw turut serta dalam panitia. Anjay. Gw jadi panitia yang sangat berpengaruh dalam kelangsungan dan kesuksesan acara. Panitia yang paling vital, penting, urgen, dan sangat utama dalam panitia. Yap. Tukang jaga gerbang.

Kebetulan gw adalah salah satu anak pramuka di kala SMA, dan pihak OSIS selaku panitia nawarin anak pramuka sebagai satpam” di Pensi itu.. yaa gw sebagai salah satu pemilik kartu identitas manusia dari dunia hitam, dirasa sangat cocok dan tepat dijadikan satpam penjaga gerbang pintu belakang. Ngejaga pintu gerbang belakang, lebih tepatnya pintu gerbang bawah di SMA gw adalah tugas suci nan mulia. Karena apa? Karena gerbang pintu belakang emang rawan penyusup, soalnya ada di bawah lapangan gitu, dan gak tersentuh jarak dan pandangan orang orang di atas. Dengan dalih takutnya ada penyusup yang masuk acara, anak-anak pramuka dikerahkan untuk ikut serta membantu, akhirya anak-anak pramuka dah yang turun kesana. Tapi, kenapa harus sebegitu takutnya ya sama penyusup? Para penyusup ini maksud wajar masuk kesini adalah gak punya tiket” pastinya, makanya mereka mau masuk diem-diem. Gw gak yakin penyusup ini bakal jadi ancaman negara.. bakal jadi musuh semua umat di dunia.. palingan mereka cuma ngerusuh, atau ngotorin tempat pensi tanpa tanggung jawab. Ya gw bisa aja kalo nyegah kaya gitu doang mah.

Tapi, perintah yang diberikan ke gw adalah harus selalu waspada akan segala hal yang terjadi, HARUS SANGAT WASPADA. Dan dari perintah itulah, di saat itu gw menjadi orang paling suudzon sejagat. Semua murid yang ngelewatin atau berada di sekitar pintu gerbang itu gw curigain. Bahkan gw ngegeledah plastik item yang dibawa sama anak-anak yang masuk lewat gerbang itu. Gw takutnya, itu BOM. BOM! Gw gak mau acara pensi gw jadi hancur karena Bom! Tapi pas gw buka plastik itu, rupanya cuma nasi rames, dan nasi yang berasal dari spanyol, nasi ramos.

Akhirnya, Gw sebagai (saat itu) anak SMA kelas 11 sudah pasti punya otak untuk mikir tentang kelogisan mengenai hal ini.. mulai berpikir gak usah terlalu kejam dan curigaan sama mereka, dan paling cuma nanya doang sama yang masuk lewat belakang, punya tiket?”

Nah. Penyebalan dimulai dari sini. Sebagai orang yang ngejaga gerbang bawah, sangat tidak memungkin gw untuk melihat keadaan di panggung, dan itu pun berarti gw gak bisa nonton acara yang ada di panggung! Gw cuma bisa denger ramai dan sorak sorai penonton yang bahagia karena menonton yang lagi ada di panggung! Kampret. Dan kampretnya semakin bertambah kala mana gw nanya Upi ikut nonton apa nggak, dia jawab ikut, dan sendirian. S e n d i r i a n. kampret kampret. Padahal kan itu bisa jadi kesempatan gw buat ngedeketin dia, tapi itu semua musnah dan sirna akibat pekerjaan ini. Tau gitu gw sebelum pensi ini gak jajan mulu biar bisa nabung buat beli tiket.. gw bakal rela relain jajan dan mungkin jalan kaki ke sekolah! Kampretnya lagi si Upi ini ngasih Taunya ngedadak banget kaya tahu bulet. Soalnya sebelum-sebelumnya, die bilang gak bisa ikut nonton pensi, soalnya males. Tapi saat hari pensi itu tiba, dia dateng! Mungkin dia bilang males gamau dateng takut mungkin ye diajak sama gw. Au ah.

Kekampretan semakin besar saat HiVi mulai naik ke atas panggung. Sekitar pukul setengah 8 malem, para personil HiVi masuk dan diiringi oleh musik gamelan dan keroncong khas Gesang. Eh, bukan deh.. diiringi musik band dan raungan para fans dan penonton yang udah lama nunggu mereka. Dan di saat yang sama, gw masih tertegun menyesali keegoisan gw gamau beli tiket pensi.

Musik pun mulai dimainkan.. mereka nyanyi lagu andalan mereka, Orang Ketiga : kasih, maaf bila aku jatuh cinta.. maaf bila saja ku sukaa..” dan dibalas dengan sing-a-long para penonton Saat.. Kau ada yang punyaaaaaa~~ wuhuuu~” dan di saat itu juga gw diem kampret di gerbang belakang. Lalu, temen gw dateng dan bilang, Puy, lu mau liat? Ke atas yuk, bentar lagi juga udahan nih..” secercah kebahagiaan berbinar merasuk kalbu gw.

Saat gw udah naik ke atas, HiVi lagi nyanyi lagu Mata ke Hati” : Oh kasihku, kau membuat cinta.. jatuh dari mataa dan tuurun ke hatii.. kau mampu buat aku tersenyum lagi.. oh, kasihku.. kau membuat dunia.. indah dijalani.. kuyakini hati kau paling berarti..” Pandangan gw sembari mendengar lagu itu tertuju sama orang itu, sosok pujaan yang setiap masuk kelas selalu gw perhatikan, sosok pujaan yang setiap ia berjalan, selalu gw bahagiakan.. sosok pujaan yang setiap gw bernafas, selalu gw doakan, agar dia bisa selalu kaya gini.. ya. Selalu menjadi cinta dalam hati gw. Gimanapun itu. Upi. Gw liat Upi di saat lagu itu menuju pertengahan dan diakhiri. Gw liat Upi saat itu, sama cowok, duduk duaan, nonton HiVi. Dan terlihat tidak tampak ada rasa males di pancaran sinar matanya saat berada di pensi ini. Mungkin saat itu, dia bukan males liat pensi, mungkin males liat gw.

Gw yang akhirnya bisa liat HiVi bersamaan dengan liat dia, meninggalkan kembali panggung yang daritadi pengen gw datengin, dan kembali ke bawah. Lebih baik gw ke bawah, gak perlu liat pemandangan sebegitu menyakitkan kaya gini.

Cemburu buta.
……………………………….
Yang kedua, adalah kejadian yang paling gak mau gw inget, tapi sayangnya selalu keinget. Pasca pensi itu, gw udah mikir kalo Upi udah punya pacar. Dan gw mikir gw udah gak ada lagi kesempatan buat ngedeketin dia. tapi, harapan selalu muncul, ketika dia yang bilang sendiri ke temennya, yang gw kuping, bahwa saat pensi itu, dia duduk sama temen kelas X-nya, dan rupanya mereka gak duduk duaan, temen temen yang lain lagi beli sosis bakar, buat lebih menikmati alunan genjrengan gitar HiVi, dan tak-dus-tak-dus-tak-ces-an drumnya HiVi. So, gw yang saat itu cemburu bego, jadi semanget lagi ngedeketin dia.

Bagaikan terlahir kembali, reborn, ikan reborn.. gw kembali menemukan asa untuk bisa kembali menemukan keberanian gw untuk bisa makin ngedeketin Upi. gw merasa sangat bahagia, seneng, bungah, dan apapun ekspresi itu, gw ngerasain banget, semesta masih memberikan gw jalan buat dapetin Upi.
Dan di tengah kebahagiaan yang sedang menaungi gw itu, gw melihat semua hal di dunia ini itu berwarna, bergairah, seperti sangat berwarna. Gw sangat seneng kalo rupanya dia belum pacaran. Dan di saat bersamaan gw selalu melancarkan serangan PDKT gw ke dia yang semakin brutal dan intens! Eh nggak sih, gw masih diem-dieman aja padahal.. sangat lambat banget gw buat ngedeketin dia. entah kenapa gw yang udah dapet jalan gede buat ngedeketin dia, mulai dari faktor sekelas, dia belum punya pacar, dan dia udah mulai respon atas rangsangan interaksi gw.. masih aja gak berani gitu buat deketin gw.

PDKT gw yang sangat lambat berjalannya kaya pembangunan di Indonesia, rupanya memiliki dampak yang berbuah kepada kejadian itu, kejadian yang gak pengen gw inget.. di mana, saat gw lagi menikmati masa masa bahagia karena dapet kabar Upi belum punya pacar, yang di pensi itu temennya doang..”, gw malah mendapati dia, Upi, ada bersama satu cowok yang saat ini berbeda orangnya dengan yang ada di Pensi. Bersama Upi dan cowok itu, ada Susi, temen kelas X gw yang dulu gw pinta nomer Upi, yang kini gak lagi sekelas sama gw. Kan kalo ngeliat kaya gitu, gw jadi penasaran, ya? Ngapain mereka? Berdiri di pinggir jalan? Ngobrol? Apa mereka dulu adalah teman satu sekolah saat PAUD? Ah gatau gw.. tapi, gw kok menaruh curiga terhadap cowok itu, soalnya gw sama sekali gak pernah liat dia, dan sama sekali gak kenal sama dia.

Besoknya, kabar baru menyebar kemana-mana, kabar yang paling kampret selama gw SMA, kabar bahwa Upi ini udah jadian. Sama.. cowok yang kemaren gw liat. Nice banget. Jadi rupanya dia adalah temen satu SMP si Susi, dan rupanya dia adalah penghuni kelas X-B saat gw masih di kelas X saat itu. Dia ngeliat Upi saat lomba cerdas cermat saat itu, dimana kelas X-C, X-B, dan X-E.. kelas gw, cowok itu, dan Upi, yang saling bertemu.. gw dan Upi sebagai peserta, sedangkan cowok itu adalah pendukung kelas X-B. Rupanya semesta udah ngatur pertemuan kita satu sama lain.  Kemudian setelah lomba itu, cowok itu mulai ngedeketin Upi gitu, dan rupanya mereka melakukan hal yang sama dengan apa yang gw lakukan bersama Upi, sering sms-an. Kemudian, di hari kemarin saat gw melihat mereka bersama, rupanya itu lagi proses penembakan, dan rupanya itu berhasil dan mereka akhirnya jadian.

Gw, sebagai orang yang sedang menikmati euphoria Upi belum punya pacar” akhirnya runtuh juga. Hati gw tergores-gores, ancur, melepuh, kegesret, kebakar, dan diinjek-injek sama keadaan ini. Gw, udah kalah lagi, di saat sedang berjuang.

Kejadian yang sama saat gw mencoba bersama Astuti, tapi bedanya saat ini gw udah berusaha, dan mendapat hasil yang gak sesuai dengan apa yang gw usahain. Usaha saat ini  mengkhianati hasil. Atau mungkin, usaha gw yang gak bener.
……………….

Waktu terus jalan, Upi yang udah bersama cowok itu pun akhirnya pacarana, dan gw mencoba merelakan hal itu, dan berpikir, kalo gw adalah orang yang menyukai Upi, harusnya gw gak boleh dong menghancurkan kebahagiaannya. Dan, akhirnya, gw harus merelakannya.~
Tapi, semesta belum mau mengakhiri kisah ini. 3 bulan kemudian, entah angin apa, entah badai apa yang melanda kisah cinta mereka, mereka putus. Kampret.
Di saat gw udah mau melupakan dia, di saat gw mau mengais harapan baru, yang udah mulai berjalan, harus berhenti lagi, dan menengok ke belakang, berharap gw saat ini bisa meraih harapan baru dengan orang lama yang sama. Upi.

Dan akhirnya, gw adalah orang yang menjadi plester” untuk menutupi lukanya”, luka atas kesakitan yang ditinggalkan cowok itu yang diwariskan ke gw, yang harus gw hilangkan dari Upi, yang harus gw ubah jadi kebahagiaan.

Waktu terus berlalu, hingga gak kerasa, 17 bulan lebih udah berlalu, dan gw yang akhirnya memberanikan diri untuk menjadi pundak saat dia butuh sandaran, atau menjadi samsak saat dia pengen nonjok orang, atau menjadi leher yang siap dicekek saat dia kesel.. gak kerasa mulai deket sama dia. dan saat itu, gw berpikir kalo rupanya untuk bisa ngedeketin cewek, kita gak perlu dengan segala maksud niat.. kita cuma perlu tau membiasakan diri kita dengan dia.. niscaya, kita akan merasakan perbedaan yang nyata, atas dasar keinginan untuk bisa deketin dia.

Dan, menjelang pertengahan maret, gw inget banget saat itu, hari jumat, 14 Maret, di saat gak ada guru dan kelas gw bisa main-main, becanda, bahkan tidur-tiduran, gw yang saat itu udah mulai jadi bahan gunjingan karena udah ada beberapa temen gw yang tau kalo gw lagi ngedeketin Upi, diajakin main jujur atau berani, permainan yang memungkinkan orang yang kena dari puteran undian harus milih, mau jawab jujur dari pertanyaan temen-temen atau berani ngelaksanain apa yang temen temen kita mau. Gw sih tadinya gak mau ikutan, tapi dipaksa.. yaah, yaudah deh.. dan saat pulpen itu berputar, pulpen itu berhenti di gw, yang diiringi sorak sorai temen temen, menandakan gw, yang sekarang jadi bahan gosip, bisa ditanya abis-abisan soal hubungan gw sama Upi saat ini, atau bahkan disuruh berani ngungkapin, perasaan gw sama dia.
Puy, denger-denger lagi deket sama Upi?” tanya temen gw
lah, kan kita satu kelas, masa sih gak saling deket..? gw kan ketua kelas, masa gak mengayomi temen-temen di kelas?” jawab gw, mengelak. Diiringi sama huuu” temen sekelas. Suasana kelas masih kondusif, belum ada banyak orang yang menyimak permainan ini.. cuma beberapa doang.
Puy, denger-dengenr di Jogja waktu study tour (ya, waktu itu kelas 11 semua ikut study tour ke Jogja) elu sebelahan sama Upi di bus?”
yaa.. emang kenapa? Dia bantu gw buat tugas pramuka..” jawab gw, diiringi dengan cieee” dan suasana kelas mulai fokus sama permainan ini. Kampret.
Puy, emang elu suka sama Upi?”
.
Kampret.






kita kan gak boleh membenci satu sama lain, iya gak?” jawab gw dengan memikirkan jawaban paling rasional ini. Tapi, tetep aja diiringi dengan ciee” temen temen gw. Seisi kelas sekarang fokus sama permainan ini. Nice move.
kalo gitu, berart lu suka kan?”
“……. ya gitu
SUASANA KELAS MAKIN RAME. SEISI KELAS MAKIN DEKET NONTON PERMAINAN INI. SAKING DEKETNYA, RUANG KELAS JADI BERAT SEBELAH, KAYA PERAHU, RAME DI DEPAN KELAS SEMUA, DI BELAKANG KOSONG.
Dan di sebelah gw, ada Upi, yang cuma diem kampret.
Pi, elu suka juga gak sama mpuy?” tanya temen gw.
hah? Apaan siih?” jawab Upi sambil ketawa.

CIEEE-NYA MAKIN RAME.

……………….
Bagi gw, permainan itu adalah momen, momentum yang bisa gw manfaatkan untuk menyatakan perasaan gw. Dan, saat udah pulang, gw telepon dia, kali ini gw harus berani, mengungkapkan semuanya. Gw telepon dia..
tuut.. tuuut.. mohon maaf, pulsa anda telah habis..”
Kampret.
tuut.. tuut.. gujes gujes..”
Elah.

tuut.. tuut.. halo?” akhirnya ada jawaban, dari dia
Setelah itu, gw mencoba untuk menjelaskan semuanya, semua yang gw rasa, mulai dari pertemuan pertama gw dengan dia, alesan kenapa sering ke perpus, bahagianya gw bisa lomba bareng dia, bahkan bungahnya gw saat melihat dia lewat gw, melihat dia senyum, melihat dia tertawa, gw ungkapin, gw adalah orang yang selalu menunggu dia saat dia pulang, orang selalu siap dateng paling pagi buat nyambut dia yang dateng pagi ke kelas, orang yang seneng jadi penutup lukanya, dan orang yang siap buat dia senyum, bahagia, dan ngerasain semua itu bersama, sama gw, dan dia.. gw.. akhirnya ngungkapin itu semua, dan semua itu gw nyatain dalam 1 penawaran harapan..

Pi, lu mau gak jadi temen hidup gw?”

Temen hidup, temen yang lebih levelnya dari pacar, temen yang bisa jadi pacar, dan sekaligus sahabat yang mau ngertiin diri di kala susah maupun seneng. Temen hidup, temen yang mau menghadapi hidup ini bersama.. yang bakal menjadi pijakan saat goyah, dan pegangan saat mau jatuh, dan tembok yang kuat untuk menjadi sandaran saat lelah.

Penawaran gw itu direspon dengan romantis, jawaban Upi yang selalu gw inget hingga saat ini, jawaban paling mesra yang gw denger, iya, kita jalanin aja dulu ya.” Jawaban yang ngebuat hati gw tenang, dia adalah orang yang paling baik, dengan jawaban jalanin dulu aja” yang dilayangkan, gw gak diberi beban untuk menanggung cinta ini sendiri, dia ada bersama gw.. mau berjalan bersama gw. Kita akan tumbuh bersama, cinta kita akan semakin berkembang seiring dengan semakin jauhnya kita berjalan..”
………..

Cinta masa SMA gw pun mulai mendapat keindahan yang hakiki saat itu. Gw resmi menjadi pacarnya, bahkan lebih.. gw adalah temen hidupnya. Kita selalu bisa ngisi hari-hari kita bersama, ngerjain tugas bareng, jalan-jalan bareng, makan bareng, denger lagu bareng, dan merasakan beban yang sama bareng..

Kita adalah dua orang yang percaya, kalo cinta itu adalah sihir yang mampu ngubah hidup orang. Gw gak pernah ngebayangin gw bisa sedeket ini sama orang yang dulu gw puja, yang dulu gw tulis selalu namanya di kertas buku gw. Mungkin, Upi juga gak pernah nyangka kalo dia bakal jadi pacar seorang musuh yang memberi jawaban BIOMA saat lomba saat itu, menjadi pacar seorang ketua kelas, menjadi pacar seorang pemuja rahasianya sendiri. Dia mungkin gak bakal nyangka ini. Bener-bener gak akan nyangka.


12 bulan telah berlalu, setelah kejadian permainan itu, telepon itu, tawaran teman hidup itu, semua kisah itu, dan segala cerita itu.. 12 bulan udah berlalu, gw dan dia bisa merayakan pertama kalinya dalam hidup kita menjalani hubungan afektif dengan orang lain, baik gw maupun dia merayakan anniversary” pertama kita. Dan di saat itulah, kita merayakan itu bersama. Kita pulang sekolah bareng, menuju jalan raya, dan melihat lalu lalang di jalan besar deket sekolah gw. Suasana saat itu sangat mendung, gerimis gemercikan dan sedikit membasahi jalanan disini. Kita berdua menunggu angkot yang akan mengantar dia pulang ke rumahnya. Sayang sekali gw dan dia jarang pulang bareng, cuma sebatas nganter sampe nemu angkot, karena emang arah pulang kita beda.

Diantara gerimis yang semakin gede itu, kita berdiri beriringan dan memandang hujan yang mulai mengganggu kita berdua. Kemudian, dia ngeluarin payung, membukanya dan ngasih itu ke gw, dia bilang kalo kita harus pake payung, dan kenapa harus gw yang megang, adalah karena gw dan dia punya perbedaan tinggi yang beda, gw tinggi sampe kalo megang atas pintu kelas gaperlu jingjit, tapi dia harus loncat. Dan demi keduanya tidak kebasahan, harus gw yang megang payung. gw ambil payung itu, gw mendekatkan diri ke Upi, biar dia gak kebasahan juga. Kemudian, gw lepaskan pegangan gw ke payung itu, dan megang tangan dia. dia kesel, kenapa payung itu harus dilepaskan? Kita udah tidak dinaungi payung itu lagi. Dan saat itu kita berduaan berdiri di tengah hujan.

Perlahan gw bilang ke dia, Pi, biar hujan ini jadi saksi kalo kita adalah dua orang yang akan menangis bahagia untuk selamanya

Dia diem, dan kemudian menggenggam tangan gw. Dinginnya hujan nggak bisa ngalahin hangatnya genggamannya.

Kita berharap, hujan ini gak  berhenti. Dan selamanya bisa kaya gini.

Masuk angin, paling.


…………………………
Cerita cinta SMA gw sempurna. Gw dan dia bersama-sama hingga lulus, masuk universitas yang sama dan bahkan fakultas yang sama. Gw berharap kita akan menjaga cerita cinta ini, cerita cinta SMA yang selalu penuh dengan harapan dan penuh dengan angan-angan. Cerita gw dan dia adalah pelangi, warna warni, dan penuh dengan keindahan. Cerita gw dan dia adalah mutlak kebahagiaan. Cerita SMA yang paling indah yang gw rasa seumur hidup gw.

Yang kemudian, gw sadar bahwa cinta di SMA gak bakal bisa bertahan saat udah di kuliah. Cerita cinta itu gak bisa dipertahankan. Kita berdua udah menjadi orang yang punya rasionalitas, dan kesadaran yang hakiki kalo hidup itu gak selamanya melulu cinta. Cinta masa SMA yang gw bilang di awal, cuma angan-angan, utopis, khayalan atas harapan yang dibuat adalah bener adanya. Kita akan berubah saat udah gak sekolah lagi. Udah lebih banyak beban yang ngebebanin kita, dan itu yang terjadi sama dia maupun gw. Kita udah semakin sibuk dengan aktivitas kita, kita bukan lagi orang yang mau nunggu satu sama lain keluar kelas. Jurusan kita beda, jadwal kita beda, dan itu menyiksa diri kita satu sama lain.

Gw yang saat itu berpikir kisah ini harus diakhiri, karena gw takut gw hanya akan jadi pengganggu aktivitasnya, mengatakan kalo kita harus kembali, karena gw selalu mikirin dia saat gw butuh mood buat bergerak. Gw butuh dia buat jadi penyemangat hidup, pendukung harapan gw..

Tapi, dia gak bisa. Dia udah melupakan gw, lebih tepatnya udah berhasil untuk mencoba melupain gw. Dia juga mikir dia adalah sumber penghambat gw untuk bergerak, yang padahal sebenernya adalah kebalikannya. Dia udah sama orang lain, udah deket sama orang lain, udah punya kehidupannya yang baru, dan cerita baru, yang mungkin lebih berkesan dari masa SMA saat itu.

Mungkin dia udah melupakan indahnya bersama gw, pulang bareng sama gw, makan kue cubit bareng gw, dan mungkin, genggaman tangan di hujan itu, bersama dengan harapan yang selalu kita semogakan. Mungkin dia udah lupa, atau bahkan harus dia lupakan.

Beberapa waktu ke belakang, gw mencoba menghubungi dia dan nanya mengenai perasaannya ke gw. Yang kemudian, gw coba nanya,

apa elu bahagia?”
bahagia gimana?” jawabnya,
bahagia, tanpa gw?”
maksudnya?”
iya, apa setelah kita putus ini, elu bahagia? Tanpa gw?”



………..

iya, gw bahagia.”



Udah jelas, dia udah berhasil ngelupain gw sekarang. Dan gw yang masih kebayang-bayang cerita indah masa SMA sama dia cuma bisa menghela nafas, dan menahan pilu atas apa yang gw tau sekarang, kalo dia udah bahagia tanpa gw. Gw udah dibuang, dan dilupain. Atau mungkin harus dibuang, dan harus dilupain.

Cerita cinta dewasa gak seindah dan seimajinatif SMA. Cerita itu lebih realistis..”

Mungkin, kalo Maudy Ayunda bilang, kau ada diantara milyaran manusia, dengan radarku menemukanmu..” di masa SMA bisa diterima, tapi, di masa udah gak SMA lagi, itu kata kata bego. Gak mungkin radar akan dengan mudah nemu orang.. mungkin yang lebih tepat, dengan GPS” ku bisa menemukanmu? Ya. Sangat realistis.

Kita gak bisa melulu hidup untuk cinta, cinta kadang akan jadi prioritas ke demikian setelah prioritas-prioritas lain yang dirasa lebih penting.

Kita kadang perlu rasional” untuk cinta.

Tapi, walau gitu, gw gakmau menghilangkan dia, Upi. emang sih, Upi yang sekarang adalah Upi yang lain, bukan Upi yang gw cintai dulu. Bukan Upi yang mau percaya sama semua harapan yang kita captain bersama, yang mau ngehargain perjuangan gw atas semua usaha untuk nyenengin dan nutupin luka di hatinya. Walau gitu, gw akan selalu cinta, selalu sayang, dan selalu ngagumin dia.. walau kini dia gitu. Gapapa. Gw akan ngasih semua cinta, sayang, dan kekaguman gw atas Upi terus. Mungkin bukan buat dia yang sekarang, tapi.. dia, Upi saat SMA. Pacar gw, temen hidup gw dulu, bukan dia yang sekarang, Upi, mahasiswa yang penuh dengan aktivitas, dan gak lagi ada buat gw, yang punya dunia baru, yang digunakan sebagai bentuk yang tepat, untuk melupakan kisah masa SMA yang kini gak lagi berwarna.

Karena, kenangan emang bakal hanya jadi kisah abu-abu. Kisah yang akan jadi kisah lama. Monokrom, hitam putih, abu-abu.. adalah cerita cinta SMA yang gw liat sekarang. Cuma sekedar kenangan. Tapi, gw seneng, karena gw tau cerita abu-abu di putih abu itu sebelumnya sangat berwarna, penuh dinamika, dan indah.

Kisah monokrom adalah kisah terindah yang bakal kita punya. Karena kita tau, dulu, kisah itu itu berwarna.
Cuman karena dimakan waktu, kisah itu berubah warna.

Tapi gapapa,
Kita cuma butuh cat buat warnain itu lagi biar jadi kisah yang baru, dengan cerita yang baru tentunya.

Lembar monokrom hitam putih, aku coba ingat warna demi warna di hidupku.. tak akan ku mengenal cinta, bila bukan karena hati baikmu[4]

Sekarang, saatnya ngecat.







[1] Penaik mood seseorang, yang bisa naikin semangat orang biar bisa melakukan pekerjaan dengan baik
[2] Suka ngatur-ngatur dan nyuruh-nyuruh.
[3] Media belajar online
[4] Tulus - Monokrom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar