Sabtu, 14 Januari 2017

Dilemanya Mahasiswa : Antara Derita dan Asa

Gw sekarang kuliah di UNJ, semester 3 menuju 4.
Gatau gimana bisa caranya, gw mau milih UNJ buat jadi tempat studi gw.
Gatau gimana bisa, gw mau milih kuliah, bukan kerja.
Gatau kenapa, gw selalu merasa dilema akan hal ini.

Hampir semua anak SMA pengen kuliah.

Dimulai dari tren SNMPTN[1] yang beredar di SMA gw yang selalu menjadi perbincangan anak anak kelas 12. Tren ini kaya udah membudaya, selalu mencuat dan menyerang anak anak kelas 12 utamanya setiap tahunnya, yang sangat gencar menyerang pola pikir mereka. Akibat tren itu, anak-anak di SMA gw selalu memperbincangkan SNMPTN, SNMPTN, SNMPTN muluu.. mereka akan milih dan membentuk perasaan kecocokan akan universitas tujuan mereka yang akan mereka pilih, yang pada intinya sih, tren ini adalah tren “pembentukan” rasa kecocokan atas universitas pilihan mereka.


Sampe sampe, di kelas gw di kelas 12 saat itu, setiap orang disuruh nulis universitas tujuan mereka di kertas origami dan ditempel di dinding kelas sebagai bentuk penyemangat untuk bisa mencapai cita-cita itu. Semuanya kebanyakan pada pengen kuliah, semuanya kena tren dan euforia SNMPTN.

Gampangnya, proses SNMPTN ini akan memungkinkan anak anak kelas 12 ini masuk universitas negeri favorit mereka. Mereka akan menjadi “manusia pengkhayal” ulung saat memasuki fase kehidupan ini. Mereka akan selalu berpikir “ah, gw cocok nih masuk UI. UI tuh gw banget!”

Gokil, UI elu banget. Jangan-jangan muka lu mirip danau UI ye, atau lebar kaya stasiun UI? Gatau juga.

Tren SNMPTN akan memunculkan kesenjangan kepedean pada masing-masing siswa di SMA. SNMPTN kan seleksi penerimaan pake jalur rapor, dan mereka yang punya catatan baik di rapor mereka, tingkat PD-nya akan sangat tinggi ketimbang mereka yang rapornya ilang. Bukan gak PD lagi itumah. Nangis kali.

Tapi, emang gitu. Tren ini gw yakin pasti adaa di setiap SMA. Karena, entah kenapa di negara ini, konsep SMA dan SMK sangat dibedakan sebegitu jauhnya. Anak yang sekolah di SMA adalah anak-anak yang seharusnya akan melanjutkan ke kuliah, dan anak yang sekolah di SMK adalah anak-anak yang lebih diarahkan ke dunia kerja. Dengan orientasi yang berbeda, SMA akan jadi sarjana, SMK akan jadi pengusaha. SMA akan dapet teorinya, SMK akan dapet pengalamannya. Dan untuk dapet pengalaman, sarjana harus kerja. Dan untuk lebih bisa handal dalam manajerial, pengusaha harus tau teorinya. Jadi, SMA belajar dulu baru gawe, SMK gawe dulu baru belajar. Sebenernya semua sama sama ngaruh. Dan, pada intinya, mau SMA atau SMK itu sama aja. Sama sama mendapatkan 2 hal itu, tapi dengan 2 jalan yang beda.
Jenius kan gw?
.............................
Gw bukan orang yang mengikuti euforia SNMPTN ini. Mungkin ada yang udah baca postingan blog gw dulu, kalo sebenernya gw gak mau kuliah. Gw mau kerja. Tapi, gajadi, malah mau kuliah lagi. Oke gw saat itu inkonsisten. Kenapa? Bebas coy. Masih SMA. Okeh. Lanjut.

Disaat gw mau menikmati euforia ini, dengan menaruh hati dan kecocokan terhadap universitas di Bandung, gw coba untuk mencari-cari informasi mengenai universitas tersebut, mulai dari lokasinya, jurusan-jurusannya, cewek-cewek, terutama ayamnya. Pecel ayamnyaaa. Ih, suka suuzon.

Dan akhirnya, gw pun memilih UPI untuk didaftarkan ke SNMPTN nanti. Gokil. Gw udah bisa ngebayangin saat gw kuliah nanti : ngekos di daerah Bandung, menikmati asrinya kota Bandung, udaranya, pemandangan plat D di motor-motornya, sate Padangnya, Mpek-Mpeknya.. wah udah banyak banget lah bayangan gw disana.

Pada euforia tren SNMPTN yang akhirnya gw ikutin itu, bertepatan suasananya dengan euforia hangatnya hubungan gw sama pacar gw kala itu. Gw saat itu punya pacar, namanya sama kaya universitas tujuan gw. Upi namanya. Dia mau masuk UNJ, jurusan yang suka batu-batu gitu deh, jurusan yang selalu ia idam-idamkan dari dulu. Sedangkan gw mau masuk UPI, tapi masih bingung mau masuk jurusan apa. Nah, di kala itu, gw ngasih tau ke Upi kalo gw mau kuliah ke UPI. Saat dia tanya alesannya, gw jawab dengan lantang,

“biar kalo ntar gw bikin sablonan, gak usah bikin 2. Kan udah sama-sama maksud tulisannya.”

“emang Mpuy mau bikin sablonan baju tulisan apa?” jawab dia.

“ I LOVE UPI.”


Nice. Romantis banget gw.
...............................
Karena bingung mau masuk jurusan apa, akhirnya gw ikut konsultasi gratisan yang Upi rekomendasiin ke gw. Kebetulan, saat itu, ada promo dari lembaga bimbel, Primagama, di deket SMA gw. Lembaga itu ngebolehin anak anak SMA yang bingung untuk nentuin jurusan mereka saat SNMPTN nanti untuk konsultasi.

Gw ngeliat, mas mas yang menerima konsultasi gw bagaikan “dokter” yang serba tau permasalahan gw cuma dari muka gw. Jadi, waktu gw mau nanya, dia udah bisa cenayang masa depan gw gitu.

“adek ini, gak cocok nih kerja di air.”

Wah.
................................
Nggak juga sih, setelah nanya nanya soal kepribadian gw dan menganalisis hasil tes psikologi gw, barulah dia ngasih tau gw  dan gw mendapat jurusan yang paling direkomendasikan oleh dia.

Gw dibilang cocok masuk tata busana.

Mantap jiwa raga kami.

Tapi, ada lagi sih, di bawahnya, gw juga cocok di bidang kaya jurusan sosial sosial gitu, dan ilmu ilmu kepustakaan gitu. Tapi, yang paling tinggi, ya itu. Tata busana. Gw gak kebayang, kalo gw setuju sama mas mas ini dan bener milih tata busana, dan gw lulus dari tata busana, kemudian menjadi desainer busana, gw mungkin akan menasbihkan diri menjadi mpuy Gunawan, desainer pertama yang menggunakan kain perca di kemoceng keluaran 2003 untuk bahan celana jeans. Mantap.
............................

Tapi, banyak banget kejadian di rentang waktu menjelang akhir pendaftaran SNMPTN itu. Mulai dari ketidaksetujuan orang tua gw untuk kuliah di UPI, dengan alasan jauh dari Bogor, dan pergaulan di Bandung yang sangat rawan, dan biaya hidup yang “beresiko” ngebuat gw jadi hedon. Tau sendiri, Bandung mah banyak makanannya, jajanannya, oleh-olehnya, cewek-ceweknya terutama ayamnya. Pecel ayaaaam wey. Semua alesan terakumulasi dengan penolakan persetujuan gw daftar ke UPI secara halus, bahkan sangat halus. Kemudian, ada juga transisi di mana ketika gw gak lagi semanget buat daftar SNMPTN dan mending milih kuliah di swasta atau universitas terbuka aja, eh malah didorong oleh guru BK gw soal masalah SNMPTN ini untuk “coba aja dulu..” yang kemudian ngebuat gw bimbang, untuk milih UPI atau nggak. Karena, gw mau SNMPTN, ya cuma itu. Gak mau yang lain.

Akhirnya, di akhir batas pendaftaran, gw yang menjadi 10 pendaftar terakhir di SMA kala itu, akhirnya malah milih UNJ. Inkonsisten part 2.

Alesannya gampang kenapa milih UNJ. Karena, UPI sodaranya UNJ. Mereka dulu sama sama IKIP. UNJ, ada di Jakarta, gak terlalu jauh dari Bogor, dan itu yang orangtua gw mau, untuk bisa sama sama enak, akhirnya gw rela gak ke UPI, tapi ke UNJ, sama sama mantan IKIP ini, menurut gw. Gw tau maksud mereka gak ngizinin untuk kuliah di Bandung adalah karena gak mau ngebebanin satu sama lain, mereka gak mau ngebebanin gw buat kuliah yang jauh banget dari rumah, dan gw gak akan ngebebanin mereka soal kangen-kangenan. Toh, kalo misalnya di Jakarta mah, gw bisa pulang seminggu sekali, bahkan tiap hari. Alesan terakhir, yaitu UNJ adalah pilihan kampus cewek gw saat itu, yang kemungkinan kalo kita sama sama keterima, kita akan ada di satu kampus yang sama, dan gak jadi LDR. Mantap.

Gw akhirnya mantap milih UNJ.
................................................

“Halo, Pi..”

“Iya, Puy? Gimana?”

“Selamat Pi!”

“Kenapa puuy?”

“Kamu Hamil!”


Eh.

“Kamu keterima di UNJ, Pi! Selamat yaa. Aku tadi ngecek NISN kamu, dan kamu dapet warna ijo yang artinya keterimaa! Selamat ya sayang..~”

“alhamdulillah.. makasih yaa puy udah bantu liatin pengumumannya..”

“sama-sama pi..”
..............................
Percakapan gw dengan cewek gw saat itu mengawali transisi kehidupan gw yang baru.

Disaat itu, baik dia maupun gw akhirnya keterima masuk di universitas. Sama lagi. Dan itulah, entah kenapa pola pikir gw seolah-olah mengalami transformasi. Entah kenapa, gw saat itu lebih milih mikirin “gw gimana ntar kuliah” ketimbang “gw ntar pacaran gimana ntar ya pas kuliah..”.

Percaya atau nggak, saat kita udah gak lagi SMA, pola pikir “pengkhayal” di SMA akan perlahan terkikis dan merubah itu ke arah logis, dan realistis.

Selamat datang di dunia orang dewasa.
...................................
Dalam hidup orang dewasa, ada biaya peluang yang akan kita hadapi dalam hidup, semasa hidup kita. Kita akan selalu dihadapkan pada sesuatu yang harus kita pilih, sesuatu yang menurut kita yang terbaik untuk kita, untuk masa depan kita, untuk kita nanti selamanya. Apa yang diambil, adalah apa yang harus ditanggung. Apa yang diterima, adalah hasil dari apa yang kita tanggung, adalah apa yang kita usahakan sebelumnya.

Mungkin itu juga yang ngebuat gw mikir kaya gini :

Kuliah, adalah sebuah dilema bagi gw. Atau, mungkin dilema bagi semua orang yang kuliah. Dilema yang akan dihadapi adalah keberadaan posisi orang yang kuliah yang menderita, sekaligus penuh dengan asa. Gw mungkin yang ngerasain dilema itu, di mana ada kalanya gw adalah manusia yang seharusnya bisa menjadi manusia yang menjadi tumpuan, harapan, dan jawaban atas masa depan bangsa. Gw sebagai mahasiswa, akan menjadi seorang cendekiawan, orang yang berilmu, orang yang bisa berkonsep, orang yang mampu menjawab masalah dengan strategi, dan orang yang bisa merubah keadaan buruk masyarakat, atau keadaan masayarakat yang sudah tidak relevan.

Sebagai mahasiswa, gw punya peran, salah satunya adalah agent of change, agen perubahan. Gw harus merubah sesuatu yang menurut gw di masyarakat udah gak sesuai, dengan yang lebih sesuai. Gw harus merubah apa yang lama menjadi yang terbarukan. Gw harus menjadi perubah pola pikir masyrakat, dan mencerdaskan masyarakat. Sangat mulia tugas gw sebagai mahasiswa. Anjay.

Akhirnya, gw pun turun. Gw mencoba untuk menjadi agen perubahan. Gw melihat banyak yang gak sesuai di masyarakat saat ini. Salah satunya, adalah soundtrack tahu bulat.



Mungkin kita semua tau gimana bahagianya seorang penyair tahu bulat menyuarakan suaranya di toa yang selalu kita ingat sampai yaumul jaza?

Tahu.. Bulat..
Digoreng Dadakan~
Lima ratusan..
Gurih-gurih.. enyooooy~~

Menurut gw, itu udah gak sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini. Soundtrack itu udah gak kekinian. Harusnya kan bisa diubah ke lirik yang lebih kekinian!! Misalnya gini :

Tahu.. Bulat..
Digoreng Dadakan~
Lima ratusan..
Gurih-gurih.. anjaaay~~

Lebih kekinian kan?
....................................................
Mahasiswa akan mengalami derita bersamaan dengan asa. Deritanya adalah, mahasiswa yang kuliah akan dihadapkan kembali pada pelajaran, bukan ilmu kehidupan sepenuhnya. Mahasiswa yang kuliah akan mengalami derita. Deritanya adalah, orang yang kuliah akan menjadi pengangguran terselubung[2]. Orang orang seumuran gw, udah banyak yang kerja, udah banyak yang ngadepin kerjaan, bukan tugas kuliah yang harus dikerjain. Temen-temen gw udah pada sibuk dengan kerjaan, bos, gaji, dan semua bahasa kerja yang gak akan gw tau dulu. Sedangkan gw? Gw gak berpenghasilan. Gw? Gw gak akan mendapatkan gaji, gw gak akan dapet pujian dari bos, gw gak akan bisa naek pangkat. Karena, gw cuma mahasiswa. Mahasiswa ya kerjanya harus kuliah, kerjain tugas kuliah, ngerjain UAS, dan hal lainnya. Ini bisa jadi ancaman, kalo rupanya gw adalah salah satu golongan orang yang membebani mereka yang kerja. Itu deritanya.

Tapi, mau gimana lagi. Sekarang, gw udah kuliah, jadi ini jalan yang harus gw laluin. Gw mungkin gak milih kerja saat itu karena emang gak ada kerjaan? Gw mungkin gak milih kerja saat itu karena gw rasa, gw belum siap. Gw harus bisa banyak belajar dulu, biar bisa kerja nanti lebih baik.

Tapi, ada ajaa mahasiswa yang sangat struggle, di mana ia bisa kuliah sambil kerja. Itu adalah hasil dari perjuangannya, itu adalah keinginannya. Dia bisa mengakhiri dilemanya, dan berjalan ke depan dengan luar biasa.Tapi, menurut gw, kuliah sambil kerja (buat seumuran gw) akan berdampak pada beberapa hal, sih, kayak : 1) Dampak fisiknya yang menjadikan porsi “tenaga” akan terkuras dan akan cepet capek, karena udah puyeng pala, puyeng badan. 2) Dampak mentalnya yang akan semakin terasah, dan daya manajerial pada dirinya akan semakin besar, karena bisa ngatur waktu buat kuliah, dan kerja.

Gw yang secara umum bukan orang yang bisa ngelakuin kedua hal itu bersamaan, gak akan mampu milih jalan itu. Gw lebih suka fokus sama satu hal aja, dan gak mampu memfokuskan pada hal lain, yang sebenernya gw tau, itu adalah kelemahan yang sangat buruk buat gw.

Tapi, ini yang ngebuat gw dilema. Dilemanya adalah, ketika gw sedang berusaha untuk kuliah yang bener, gw selama setahun setelah lulus ini, menemui banyak temen gw yang milih untuk gak kuliah yang sekarang udah mulai bisa ngehidupin dirinya sendiri, bahkan ngebantu keluarganya sendiri. Mungkin, suatu saat hari nanti akan ngebantu keluarga lain, mungkin.. keluarga berencana? Gak tau gw.

Yang pasti, gw dilema atas derita yang gw alami karena kuliah ini. Gw akan semakin lama “kerja” karena tuntutan studi ini. Gw akan menjadi penganggurang terselubung untuk waktu yang cukup lama, sampai gw lulus dan (seharusnya) kerja. Daan, ini yang gw takutin. Banyak sarjana yang nganggur, dan gw sangat takut gw nanti akan jadi kaya gitu juga. Gw gak mau. Gw gak akan mau. GAK AKAN MAU. Ngapain cape cape kuliah tapi ujung ujungnya gak kerja? Udah kaya ngisi aer di botol yang bocor, buang-buang waktu, coy. Ini yang pastinya derita yang akan dialami oleh orang yang kuliah, atau mungkin.. orang yang benar benar hanya kuliah.

Bersamaan dengan derita, ada asa, ada cita, ada harapan yang muncul. Emang ini terkesan penuh dengan khayalan, tapi ini asa yang selalu mahasiswa inginkan dari hasil mereka kuliah : menjadi orang yang bermanfaat bagi semua. Karena mahasiswa adalah orang yang belajar “lebih” dari siswa. Dan tentunya, hasil belajarnya pastilah tentunya akan “lebih” dari siswa.

........................................

Sekarang, gw yang udah jalanin peran jadi mahasiswa harus apa?

Mungkin, cukup selesaikan kuliah secepatnya, dan secepatnya jadi orang yang bermanfaat bagi sesama. Mungkin akan ada derita di tengah asa dan cita seorang mahsasiswa. Mungkin ada yang gak bisa mahasiswa lakuin ketika ia masih jadi “mahasiswa”, kayak full sepenuhnya mengabdi pada negeri sebagai PNS, atau bekerja keras sebagai pemilik profesi tertentu. Tapi, suatu saat, gw, maupun mahasiswa yang lain udah selesai jadi mahasiswa ini, asa akan menutupi derita yang diterima.

Gw pernah ditanya, setelah kuliah, lu mau ngapain?

Mungkin, orang organisator akan menjawab, “mengabdi memperjuangkan hak rakyat”

Mungkin, orang berpola pikir ekonomis akan menjawab, “mencari kerja dan mendapat penghidupan yang layak di masa depan”

Tapi, sayangnya, gw adalah gw. Gw adalah orang yang akan menjawab saat ditanya setelah kuliah mau ngapain ? iya.


“pulang..”



Hidup mahasiswa.








[1] Tren SNMPTN : tren anak SMA kelas 12 buat milih-milih universitas negeri mana yang bisa mereka masukin melalui jalur rapor mereka.
[2] Pengangguran yang gak disadari kalo sebenernya dia nganggur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar