Sabtu, 15 Oktober 2016

BANYAK JALAN MENUJU ROMANSA : LIKA-LIKU PDKT


Menurut gw, cinta itu punya caranya masing-masing untuk bertemu. Ada yang disetting sebagaimana rupa supaya dia yang kita suka bisa suka balik ke kita juga, kayak melalui PDKT dengan mak comblang, atau mungkin.. dukun.. beranak.
Cara penyettingan pertemuan cinta merupakan hal yang wajar dilakukan, apalagi yang gw tau, gak semua cinta bisa diperjuangin sendiri. Pasti butuh orang lain.. baik itu temen, atau kadang musuh. Cinta yang disetting adalah cinta yang penuh dengan negosiasi di belakangnya, penuh konsekuensi dan penuh dengan kepentingan di dalemnya. Contohnya gini, kaya PDKT pake mak comblang, atau orang yang bertugas sebagai kurir cinta, yang ngebuat kita dan doi, orang yg kita suka itu dibuat sebagaimanarupa biar bisa jadi “cocok” dalam kedua halnya, dan mak comblang akan menjadi sosok yang sangat ditunggu untuk bisa tau kabar dari sang pujaan hati, kaya gw dulu, gw mau deketin Indah, mantan gw waktu SMP yang menggunakan mak comblang, yang saat itu diperankan oleh temen-temen kelasnya dia, yang juga sekaligus adek kelas gw di pramuka, juga beberapa kenalan di kelasnya yang gw percaya ngebantu gw buat mencapai kesepakatan “iya, aku terima” dari Indah. Dan gw mendapati kampretnya jasa mak comblang itu, gw menjadi orang yang sangat berharap dengan kabar terbaru dari mereka, kurir-kurir penyampai informasi, kayak “kak, tadi di kelas dia dideketin cowok” atau “kak, kemaren dia ngomongin kakak mulu” atau yang lain-lain. Dan rupanya mak comblang pun berfungsi sebagai penasehat kebijakan si orang yang kita suka saat udah kita tembak dengan “ajakan” untuk menerima tembakan kita. Misalnya kayak gini “udah, kakak itu mah baik kok, pinter lagi.. terima aja..” atau lebih ekstrim.. “udah, kakak itu mah baik kok, pinter lagi.. terima aja.. orang dia udah paling tua disini, ntar pas udah jadian, bunuh dan ambil semua hartanya. muahahahaha”.
………………..


Oke itu berlebihan.


Mak comblang akan membantu melancarkan jalan kita untuk bisa jadian dengan orang yang kita suka. Tapi, akan ada konsekuensi yang bakal kita terima, misalnya ditagihin pajak jadian, minta dijajanin karena udah berhasil bantuin, atau minimal kita kayak terus tunduk dan percaya sama ucapan mak comblang. Ckckck. Dan konsekuensi lain yang lebih beresiko adalah jangan pernah menyakiti hati orang yang kita suka, atau mak comblangnya. Karena apabila salah satu dari mereka kita buat sakit hati, akan ada bumerang yang menyerang balik kita, kayak misalnya kita buat pacar kita hasil mak comblangan itu kecewa, maka mak comblang akan membela pacar kita itu, dan memarahi kita, atau bahkan ngelabrak kita. Atau kita nyakitin hati mak comblangnya, kita juga bisa dijailin sama mak comblang itu dengan dia ngasih tau yang buruk buruk dari kita ke pacar kita. Jadi berabe kan. Barabere.

Makanya, gw jadi gak terlalu suka penggunaan mak comblang ini. Gw malah lebih suka dengan PDKT sendiri aja, dengan sedikit meminta peran dari teman-temannya, cukup kayak minta tahu info umum aja, kayak nama dan alamat juga nomer handphone.. sisanya berjuang sendiri.. karena itu hanya akan berhadapan dengan dia, orang yang kita suka aja. Gak perlu banyak tangan. Soalnya ribet, sabunnya tinggal dikit, ntar pas mau cuci tangan gak kebagian, lagi. *eh. Apasih. Tapi resikonya, PDKT dengan metode sendiri ini akan mengalami kesulitan saat kita mau deket-deket dia, sms yang sulit banget dibales, chat cuma “R” doang, dan sulit buat ngepekain dia.

............................. ♥ .............................

Banyak cara untuk mendapatkan cinta seseorang. Bisa dari penyettingan atau pengaturan biar dia tahu kalo kita suka sama dia, atau ada juga cinta yang tumbuh tanpa pengaturan, yang datang gitu aja dari hati, yang mana kedua belah pihak akan saling suka tanpa harus diatur oleh sebuah sistem “pengaturan cinta”. Yang kaya gini nih yang namanya cinta sejati, atau bahkan, jodoh. Yap. Kita gak perlu apapun buat bikin orang itu suka sama kita. Itu udah jodoh kali ya?
..........................

Karena suka sama orang dengan ngebuat dia mau nerima kita juga bisa aja ngebuat kita kehilangan “diri kita” yang sebenernya biar sesuai dengan apa yang dia mau. Dan itu menurut gw cukup jahat, cukup menyedihkan.. pengen cintai dia apa adanya, tapi gak bisa jadi apa adanya buat dia nerima cinta kita. Karena yang namanya diatur, gak akan selamanya semua terjadi secara apa adanya. Pasti ada sisi yang kita atur supaya gak kelihatan dan biar gak diliat sama dia kalo itu buruk, misalnya kayak gini, kita hobi banget ngupil……. idung orang.. dan saat kita PDKT sama orang yang kita suka.. kita akan nahan kebiasaan kita itu, karena dalam pikiran kita itu sangat ngebuat ilfeel dan takut PDKT-nya musnah gitu aja, makanya kita jadi orang lain yang bukan kita.

Tapi saat cinta itu datang tanpa penyettingan, semua akan menjadi jujur. Kita mau tau dia siapa, dan dia pun akan secara sadar dan mau tanpa aturan mencari tau kita juga siapa. Gak ada pengasingan dalam cinta ini. Gak ada yang akan jadi orang lain dalam hubungannya. Dia akan tetep jadi “dia” seutuhnya. “dia” yang awal dan pada saat punya cinta dengan orang lain akan sama, tetap “dia”, bukan “dia yang diatur”. Tapi, cinta kayak gini mungkin hanya akan ditemui sama mereka yang sangat sangat beruntung.. karena gak akan ada orang yang bisa ketemu jodohnya secara langsung.
Menurut gw pun, mendapatkan cinta akan lebih realistis saat kita mengaturnya. Realistis untuk tidak realistis pada diri sendiri. Dengan kata lain, kita akan lebih memilih jalan “cinta yang diatur”, cinta yang dipenuhi dengan lika-liku dan perjuangan, juga tanda tanya. Kenapa gw bilang tanda Tanya? Karena gw gak yakin dan gak tau kapan cinta yang diatur itu akan bertahan…. 
............................. ♥ .............................

Gw udah gak pacaran lagi sekarang, semenjak putus itu, gw gak lagi punya pacar. Udah hampir setahun setengah gw terus berusaha buat pengaturan cinta biar gw bisa PDKT sama cewek lain. Dan hasilnya selalu nihil dan sulit dilakukan.

Gw pernah ngedeketin cewek kenalan gw, kita sama sama satu komunitas gitu, dan gw emang sering merhatiin dia kalo lagi ada kumpul komunitas, dan cuma dia yang sering gw ajak ngobrol, bercanda, berpikir dan berbagi cerita. Gw cukup nyaman dengan keadaan ini, dianya care sama gw, gw pun gak perlu terlalu jauh “berubah” buat jadi apa yang dia mau, dan dia selalu nerima keadaan gw yang gini adanya. Gw selalu ngejadiin dia sebagai pembangkit semangat gw buat dateng ke tempat komunitas, dan gw selalu nganggep dia adalah “nyawa” gw di sana, di mana gw bisa bertahan disana, dengan adanya dia. Gw ngerasa, hubungan gw dan dia bisa gak cuma melulu jadi temen sekomunitas, tapi bisa lebih.. dan saat gw mau nyatain perasaan gw, dia bilang  kalo “maaf, aku udah komitmen sama satu orang. Dan aku lagi nungguin dia” . yaps. PDKT gw terhenti dengan kekuatan komitmen.

*Dan ini yang perlu diperhatikan saat PDKT, PERTAMA, pastikan dia gak punya komitmen dengan orang lain*

Tapi emang susah sih, sekarang itu.. zaman sekarang adalah zaman di mana cewek-cewek akan lebih mau sama cowok yang mau komitmen, minimal janji bakal nemuin mereka di pernikahan. Atau dengan kata lain, akan mau nikahin mereka. Gw gaktau apa dalil ini udah berlaku dari dulu apa baru sekarang, tapi ada satu prinsip di cewek cewek generasi gw, atau mereka yang seumuran sama gw.. yang prinsipnya adalah Halalkan atau Tinggalkan. Yaampun. Gw masih kuliah! Belum kerja! Belum punya penghasilan. Jajan aja masih nabung gw. Ini cewek zaman sekarang mikirnya kalo gak bisa halalin, gak usah deketin. Yaampun. Makin susah dah gw buat nyari cewek. Padahal kan ya, seumuran gw nyari pacar tuh buat jadi temen sharing, temen cerita, temen belajar, penyemangat.. belum terlalu mikir ke sana.. toh kalo udah cocok dan berjalan juga bisa kok ntar dihalalin. Lebih asik menuju tempat tujuan dengan berangkat  dan menerjang badai bersama, daripada cuma janjian di tempat tujuan dan berangkat sendiri-sendiri… karena bakal ada cerita dan kenangan yang bakal diinget sama kita berdua di akhir kelak, itu sih menurut gw.

............................. ♥ .............................

Gw pun pernah pengen ngedeketin cewek yang gak gw tau siapa dia. kayak cewek yang gak sengaja satu angkot bareng gw, atau satu bus, atau satu gerbong kereta sama gw yang menurut gw (secara kepedean) suka juga sama gw. Eh ralat, yang menurut gw (secara kepedean) gw suka sama dia. Dan ini adalah saat tersulit, di mana kita naksir sama orang yang baru pertama kali ketemu, dan gak tau sama sekali dia siapa.

*Yang harus diperhatiin saat PDKT, KEDUA, ketika dalam situasi “kekosongan informasi”, haruslah menggunakan nalar sebagai seorang PDKTers ulung.* Berikut cara-cara yang biasa gw lakukan :

Pernah waktu itu di dalem angkot, gw duduk berhadepan sama cewek hijab, berwajah adem kayak pohon palem, dan senyum yang manis murni kayak Tropicana slim. Gw tertarik seketika sama dia, dan masalah pun muncul, gw gak pernah tau siapa dia sebelumnya, dan apa latar belakangnya pun gw sangatlah buta akan hal itu. Dan satu-satunya cara agar kita bisa diperhatiin balik dia di situasi dalem angkot ini adalah : Curi-curi pandang, karena gw pernah denger sebuah percobaan, kalo kita merhatiin seseorang agak lama, biasanya orang yg diperhatiin sama kita itu kayak ngerasa rishi dan akan ngerasain kalo dia diperhatiin sama kita. Dan, cara curi-curi pandang adalah saat yang sesuai di situasi ini, gw liat dia, gw perhatiin dia, dan ketika dia ngerasa gw merhatiin, gw alihin pandangan, terus aja gitu sampe berhasil dapet ID line-nya. Hehehehe. Tapi sayangnya gw yang turun duluan dari angkot, dan PDKT pun usai sampe situ aja.
Antiklimaks abis.
............................. ♥ .............................

Belum lama juga, pernah di kereta menuju arah gw pulang dari kampus, gw ketemu cewek berkacat mata, memegang sebuah buku dan tas kecil, gw melihat dia adalah salah satu mahasiswa, dengan dandanan yang tidak mencolok sama sekali, cenderung terlihat natural namun menarik perhatian gw. Dia menurut gw cukup beda  dari penumpang yang lain, karena dia gak main hape seperti yang biasa penumpang kereta lakukan, walau dia megang hape, tapi dia gak mainin hape itu, padahal masih nyala.. dan yang dia lakukan malah melihat pemandangan di luar kereta.. buat gw, orang kayak gitu sangat jarang gw temui di kereta. Dan saat kereta udah sedikit kosong, 1 stasiun sebelum stasiun akhir.. stasiun di mana gw juga harus turun.. gw dapet duduk, dan gw duduk berhadepan sama dia. Gw yang merhatiin dia, jadi canggung-canggung kampret gitu. “elah ngapa gw harus hadep2an sama dia dah” gitu gerutu gw. Dan curi-curi pandang yang gw lakuin sama dia, si cewek beda itu, terjadi 2 arah. Gw melakukannya, pun dengan dia. dia merhatiin gw juga (serius ini mah, hahaha), dia senyum di depan gw, sambil sama sama curi-curi pandang, dalam hati gw, gw mikir sesuatu yang sama kayaknya sama dia.. mau sama sama tahu dia siapa. Tapi, ada 1 hal bodoh yang gak bisa gw lakuin, berani kenalan, dan nyapa duluan. Menurut gw, itu adalah langkah awal yang paling sulit dilakukan, karena kita akan bingung.. kata-kata apa yang akan kita ucapkan pertama kali.. “hey”? “baju kamu bagus”? atau “mbak, maaf mbak, mbak nginjek kepala saya”?
……..

Saking bodohnya gw, kita hanya menghabiskan waktu di sana dengan diam, sambil menunggu waktu yang tepat untuk memulai interaksi sebenarnya.. tapi, gak ada yang berani memulai. Kita sama sama diem dalam kecuri-curi pandangan kita. Dan sampai akhir kereta berhenti pun, dia masih diem, dan duduk nunggu gw berdiri keluar dari gerbong, kemudian, ketika gerbong udah keluar, dia ngikutin gw dari belakang, gak ada niatan nyusul gw. Dan akhirnya gw dan dia sama sama tap tiket bersebelahan, lalu berpisah menjauh, dan meninggalkan momen kesempatan untuk mengetahui satu sama lain…. Dan, PDKT itu pun usai kembali dengan hasil prematur.

............................. ♥ .............................

Gw sering berusaha nemu kenalan di jalan, dengan harapan gw bisa dapet temen ngobrol sampe tujuan akhir, syukur-syukur bisa dilanjut kan interaksinya? Hehe. Gw sering banget kalo pergi ke kota naik bus, sengaja duduk di bangku paling pojok, dengan harapan akan ada orang yang asik yang mau duduk di sebelah gw. Tapi, gak pernah gw berhasil dapet.. banter banter, yang duduk di sebelah gw itu adalah bapak-bapak, ibu-ibu. Jarang yang seumuran sama gw. Sekali yang seumuran, dia pake masker, atau pake headset. Ckck. Gw agak kesel juga sama orang yang sering pake masker. Kayak di kelas gw, sering banget cewek2nya pake masker, padahal udah di dalem kelas. Bukannya apa-apa, gw takut temen temen gw kesinggung gitu, dikiranya mereka bau.. bau badan, bau ketek, atau bau cicek kejepit pintu (beneran dah itu bau banget). Gw takut mereka kesinggung gitu gara gara pada pake masker di dalem kelas. Padahal kan.. mereka gak bau. Kalo gw baru iya. Hehehe.
……………………….

Emang, nyari PDKT-an di tempat umum adalah sebuah hal tersulit yang akan dilakukan PDKTers, bahkan yang udah ulung sekalipun. Butuh skill, dan jejak rekam yang cukup mempuni untuk bisa minimal “menarik perhatian” orang yang kita naksir. Tapi, ngeselinnya itu, banyak di luar sama orang yang cukup memadai untuk ditaksir, lebih cantik, lebih misterius (karena kita gak tau apa apa info tentang mereka), dan lebih buat penasaran. Dan yang bisa kita lakukan untuk mengetahui mereka siapa, adalah menerka-nerka aja, liat dari apa pakaian yang dipake dia, dan apa yang dibawa dia, misalnya kayak cewek tadi, gw bisa tau dia mahasiswa karena dia berpakaian layaknya mahasiswa, celana jeans dan kemeja juga tas kayak anak sekolahan yang gak kaya anak sekolahan amat, lalu bawa buku “pengantar teknik ekonomi agraris analisis kimia farma”. Tuh, Bahasa mahasiswa banget kan? Hahahaa. Makanya gw bisa “meyakinkan” diri sementara bahwa dia mahasiswa, di mana kalo mau bener-bener tau.. kita haruslah mau kenalan dan tau lebih jauh sama dia, tapi keberanian itulah, masalah yang akan dihadapi sama orang yang mau PDKT dengan  “Cinta Satu Jalan”, cinta yang bertemu hanya sekali jalan, sekali perjalanan, yang hanya sebentar cinta, lalu harus langsung merelakannya bila tak menemui jalan terusannya.

............................. ♥ .............................

Banyak cara untuk menemukan cinta, dan PDKT adalah gerbang menemukan cinta itu. Baik itu melalui bantun mak comblang, berjuang sendiri, dan bahkan mencari secara random dengan menerka-nerka orang yang kita suka. Semua ada caranya, ada jalannya, dan pasti akan ada kesulitan di semuanya. Gak ada yang namanya jalan pintas dalam menemui cinta. Kalo ada jalan pintas, ngapain juga gw 18 bulan mau sabar ngedeketin orang dengan ketidakpstian mau nerima gw dengan persentasi 98% kegagalan waktu itu? Kalo ada jalan pintas, ngapain ada di dunia ini istilah PDKT? Toh kalo jalan pintas pun, akan sama halnya dengan yang gw utarain tadi, gak ada cerita yang akan terkenang tentang lika-liku perjuangan mendapatkan cinta itu.

............................. ♥ .............................

Cinta itu emang harus gitu ya? Harus ada lika-likunya? Harus ada penghalangnya? Harus ada “susah”nya? Kayaknya emang harus gitu deh. So, kayaknya semua yang harus dilakukan adalah “mencoba jadi diri yang lain dari biasanya” untuk dapet cinta, kembali yg gw bilang tadi, kita minimal harus mengubah kebiasaan diri kita yang buruk biar gak ngebuat orang yang kita suka kecewa. Atau bahkan.. bahkan terkadang, untuk dia yang kita cinta, kita harus berubah 180 derajat hanya demi dapet perhatian dia. Cinta emang alienasi, pengasingan.. menghilangnya dia yang sebenarnya dia, buat jadi dia yang baru demi orang yang dia suka, dia cinta….. oh, terkadang cinta itu kejam. Kita gak akan sesederhana dan semudah itu mendapatkan cinta tanpa “pengubahan” diri.. dan menurut gw mustahil ada cinta sejati murni.

Sehingga, kita cuma perlu mencegah biar diri kita gak melenceng terlalu jauh dari “pengasingan” diri karena cinta. Dan memilih cara yang tepat untuk mendapatkan cinta kita, tentunya cara yang mampu kita hadapi, dan lewati..
Banyak jalan menuju Roma, banyak cara menuju tujuan kita… dan Banyak jalan menuju Romansa, banyak cara mencapai cinta sejati kita. Terkadang, cara penuh lika-likulah yang seharusnya kita pilih, bukan jalan pintas, dan cara pengaharapan tiada henti yang takkan ada cerita yang mampu kita bagi ke hidup kita nanti.

So, gw sekarang belum nemu jalan yang pas aja, buat nemu cinta sejati gw, tapi gw yakin.. gw pasti akan nemuin itu suatu saat nanti.. orang yang bakal mau nungguin gw di halte yang sama, dan pulang ke tujuan yang sama, dengan cerita yang berbeda yang kita satukan menjadi cerita bersama, antara gw dan dia  :)

............................. ♥ .............................

And I never thought.. that I'm so strong I stuck on you and wait so long...

But when love comes it can't be wrong…..  Don't ever give up just try to get what you want..

Cause love will find the way....

When you love someone, just be brave to say, that you want her.. to be with you..

When you hold your love, don’t ever let it go. Or you will lost your chance, to make your dreams come true :)    


Buat lu yang lagi PDKT, atau jadi yang di-PDKT-in, nikmatilah prosesnya, rasain apa yang dia rasain, samain pikiran kalian, dan kalian akan tahu, apakah dia adalah cinta sejati kalian. jika gagal, coba lagi sob, Banyak Jalan Menuju Romansa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar