Sabtu, 22 Oktober 2016

22 Januari...

Gw percaya, ada cinta yang bisa buat orang meninggalkan dirinya yang dulu demi orang yang dia suka. Hal ini gw sebut kesadaran palsu, kesadaran yang gak nyata dan gak sadar kita sadarin dan jalanin. Gw berpikir ada cinta yang ngebuat kita ngedapetin kesadaran palsu. Kita sadar, yang sebenernya gak kita sadari kalo kita itu “terjebak” dalam cinta, ngebuat kita terasing dari kebebasan diri kita seutuhnya, kita kayak dikekang sendiri sama diri kita, dan kayak “terpaku” sama dia, cuma dia.. setiap hari tuh pengennya kita bisa sama dengan apa yang ia inginkan, dan biar kita bisa deket, lebih deket lagi sama dia, dan terkadang mengharuskan untuk “bagaimanapun caranya, gw harus bisa diperhatiin balik sama dia…”


Cinta jadi alesan seseorang untuk bergerak meninggalkan dirinya yang dulu untuk menuju dirinya yang baru, demi dia orang yang dicintainya. Gampangnya gini.. saat kita udah nemu orang yang kita suka, dan kita pengen deket sama dia.. maka kita pun mengatur diri dengan berbagai cara sehingga dia bisa tau, kita suka sama dia. Atau dengan kata lain, ada cinta yang bisa buat orang berubah.

Cinta itu pengasingan, yang menimbulkan kesadaran palsu……

............................. ♥ .............................

 Gw pernah mengalami hal ini, gw terasing, meninggalkan gw yang dulu demi orang yang gw suka. Gw gak sadar kalo gw sadar kalo yang gw lakuin saat itu gak sadar. Ya, gak sadar kalo sadar gw mencintai orang yang merubah gw..





Adalah Fitri, orang yang bisa buat gw mengalami hal ini.. dia adalah temen kampus gw, satu angkatan, dan satu jurusan yang sama. Fitri muncul sebagai bentuk “bagian” yang gw percaya mampu menumpuk cerita cinta gw yang baru, menimpa kenangan cerita sebelum-sebelumnya yang udah cukup cuma dijadiin arsip, dan gak perlu lagi diungkit…. Dengan kata lain, dia adalah sosok yang berperan jadi tempat move on gw dari pacar gw sebelumnya..

Pertemuan gw dengan dia sangatlah gak disadari sama gw. Gw pertama kali ketemu dia di kuliah umum jurusan gw waktu itu, di mana gw nanya ke dia.. “nunggu siapa?” dan dia menjawab “temen..”…. dan percakapan pun usai gitu aja.. gw perhatiin dia, dengan kacamatanya yang khas dan kerudung yang selalu gw inget, hitam kehitam-hitaman.. dia diem dan gak bicara, terihat dingin, dan….. terlihat. . . kesepian. . . mungkin karena temennya belum dateng, dia jadi diem gitu… gw belum terlalu kenal sama dia. cuma sekedar nama aja, udah… dan Karena hal itulah, dia dan gw gak terlalu lama berinteraksi. Setelah temennya dateng, kita berlalu gitu aja, melupakan percakapan yang tadi dan sibuk dengan temen masing-masing..
............................. ♥ .............................

Gak ada alesan yang menguatkan gw bisa suka sama dia. terlalu rumit untuk dijelaskan..
Sampai pada hari itu, awal dari lanjutan interaksi yang gw lakukan sama dia..
Di mana, dia ngajak gw makan soto bareng dia, dengan alesan dia gak bakal bisa menghabiskan soto ini sendiri.. dan selama di kampus saat itu, belum ada orang, terutama cewek yang “seaneh” dia, ngajakin makan soto bareng dalam 1 mangkok barengan. Mungkin Karena faktor gw anak kos, gw seneng-seneng aja, dapet makan gratis.. tapi.. ada beberapa hal yang gak bisa gw ungkapin setelah kejadian aneh itu. . .

Semuanya serba kebetulan.. di mana saat itu, beberapa hari sebelum kejadian itu, baru saja berakhir badai besar yang melanda hubungan gw dan mantan gw waktu itu yang membuat gw dan dia berpisah. Dan di saat bersamaan, gw otomatis kehilangan orang yang mampu jadi tempat penguat mood gw…

Dan dia dateng, ke hati gw.

Karena setelah hari itu, gw coba chat dia “makasih ya. Kapan-kapan kita makan bareng lagi ya?” “oke siaap puy! Tapi ntar gantian lah elu yg bayarin gw, hahaha” jawabnya. “santai, ntar gantian kok :D” jawab gw.

Dan dimulai dari chatting itu, gw dan dia mulai lebih deket dari sebelumnya, gw jadi lebih mau mengenal dia, lebih mau tau dia kaya gimana, dan lebih mau.. deket sama dia.

............................. ♥ .............................

Gw mulai deket sama Fitri secara intens ketika tau kalo dia ngekos deket kosan gw, jadi gw sering banget, eh gak juga sih.. tapi suka main gitu ke kosan dia, cuma untuk sekedar lewat jajan, atau lewat abis fotokopi tugas, atau jajan mesin fotokopi buat tugas.. macem-macem dah pokonya…
Beda di kampus, beda di luar. Dia menjadi sosok yang menarik saat di luar kampus, gak pendiem amat, dan malah cenderung cerewet.. dia adalah sosok cewek yang gw cari selama ini : mau cerita masalah dan mencari penyelesaiannya bersama, dan mau menanyakan masalah kita dan mau membantu menyelesaikannya bersama. Dan keberadaan Fitri yang kaya gitu ngebuat gw makin mau lebih deket sama dia…

Mungkin hal itu yang buat gw lebih mau merhatiin dia.. toh gw juga sebenernya gak ada masalah mau deket siapa aja, dan mau deketin siapa aja yang mau nerima deketan gw… Fitri adalah orang itu. Dia mau nerima deketan gw, dan mau denger gw..

Selain hal itu, ada beberapa hal yang buat gw makin tertarik sama dia.. Dia seorang yang menarik perhatian, dia cantik, dan manis, terutama dia punya bunny teeth yang sangat lucu. Dia adalah seorang kutu buku tingkat dewa Brahmana, dia bisa baca buku, terutama novel yang halamannya 500-an lebih dan  mengerti apa maksud dari bukunya. dewa. Fitri seorang pecinta film secinta-cintanya, dia pernah nunjukkin ratusan tiket nonton bioskop, yang dia simpen sebagai bentuk bangganya Karena telah jadi movie addict kelas kakap. Fitri adalah orang yang suka teka-teki, dengan bukti di mana dia sering banget main criminal case game gitu dan juga duel otak, dengan gw yang selalu kalah dari dia. Dia punya kemampuan berbicara yang terpendam, gw yakin di balik kediaman dia, dia punya potensi linguistik yang bagus.. terbukti saat dia presentasi untuk tugas, gw selalu terpukau memperhatikan dia.. dia adalah anak organisasi juga, dia ikut organisasi olahraga gitu di kampus, dan beberapa komunitas di luar kampus.. dia juga sering nulis di blog, kayak gw.. percis. Blog yang hampir sama, blog dengan isi cerita hidupnya semua..
Gw ngerasa, banyak kesamaan yang gw dan dia miliki.. gw orangnya mageran, dia juga.. dia suka nulis blog, gw juga.. gw sering diem, dia juga sering.. ngediemin (intinya sama sama diem kan?) hehehe…

So, pada akhirnya gw percaya kalo…
Fitri, adalah…
Cewek baru yang akhirnya mau gw kenal lebih jauh..


Dan Fitri adalah…
harapan baru buat gw..

yang gw gak tahu apa alesannya.
Yang pasti, gw sadar gw suka sama dia. gak tau terlepas dari apa yang udah gw tau dari dia, dia…. adalah tujuan gw saat itu..

Mungkin sampai hari ini.

............................. ♥ .............................

Gw percaya, cewek punya berbagai macam tameng buat menghindari serangan PDKT dari cowok. Dan Fitri kayaknya punya tameng yang sangat bagus. Semakin gw pengen mencoba lebih mengenal dia, semakin banyak gw pengen tau tentang dia, dan semakin pengen gw deket sama dia, semua malah jadi terasa sulit. Gw kayak lagi main game yang kalo mau berhasil harus mengalahkan raja terakhir… dan gw saat ngedeketin dia, mungkin masih jauh dari melawan raja terakhir.. gw tertahan di “pintu gerbang” yang menahan gw masuk menemui “raja terakhir”… gw sulit buat masuk gerbang awal : nembus hatinya, dan akan lebih sulit untuk melawan raja terakhirnya : dapet dan diterima sama cintanya…

Mungkin, kelemahan dari hubungan gw dan dia, adalah komunikasi yang kurang berjalan dengan baik. Gw dan dia sering ketemu, tapi jarang banget nyapa secara langsung…. Mungkin di-delay? gak tau juga gw. Karena emang malu gitu, gw ngedeketin cewek cakep kaya gitu, ketemu papasan aja geroginya minta ampun…….ampun DJ#



Di chat pun gitu, dia lama banget ngersepon.. ada kali gw chat malem dijawab pagi.. gw chat pagi dijawab siang.. gw chat siang dijawab “maaf mas, kami Chat Kansai Paint, bukan Chat Siang” #

Yaa mungkin dia lama ngerespon karena emang gw cuma temennya yang bisa gak usah dibaca chatnya.. gak dibaca juga gapapa kalo gak penting mah.. mungkin gitu ya.

Dan mungkin Karena sifat “Fitri-isme” yang kuat melekat di dirinya, gw berpikir bakalan susah masuk ke dalem pikiran dia, dalem hati dia.. fitri-isme adalah sikap yang menganggap bahwa Fitri, ya Fitri.. dia yang punya jalan, dan dia yang berjalan.. dia yang hidup, dan hidupnya adalah gimana dia.. dengan kata lain, dia cukup egois dalam hal PDKT-PDKT kaya gini. Dia punya prinsip bahwa dia gak mau nyari cowok dulu sebelum lulus. Lalu gw tanya… “lulus S1?” dan dengan tegas ia menjawab, “S2.”
……………..

Pertanyaan gw, apa dia bisa? Gw gak tau…. Kalo buat gw, gw adalah tipe orang yang bergerak Karena mood, dan mood perlu dateng dari sesuatu atau seseorang.. dan seseorang pemberi mood atau moodbooster ini sangat penting buat gw.. makanya kenapa gw mau dan sadar gw harus ngedeketin dia.. Karena.. dia adalah pembangkit semangat gw, dia yang mampu buat gw terpacu untuk bergerak.. gw gak tau apa alesannya, tapi yang pasti.. entah kenapa gw ngerasa saat ngeliat dia, selalu ada kelegaan yang muncul dari dalem diri gw.. kelegaan bahwa gw bersyukur bisa kenal sama dia, kelegaan bahwa gw seneng kalo dia bisa bangkitin semangat gw lagi, kelegaan kalo gw sadar…….




Gw jatuh cinta sama dia.



Gw sendiri percaya, kita bisa cinta sama seseorang pun dengan tanpa alasan dan tanpa harus memilih-milih. Hati itu dipilih, bukan memilih. Dan hati gw ngerasa saat itu, setuju kalo dia adalah yang terpilih buat nemenin gw di hari-hari gw selanjutnya. Gw gak tau kenapa rasanya beda, ada sesuatu yang gak sama saat gw berhadapan sama dia.. ada yang gak sama saat gw berhadapan dengan mantan-mantan gw yang dulu. Dia gak sama, dia beda.. dia ngasih warna realitas dari cinta yang sebenarnya : penuh rasa sakit, dan kesabaran hanya demi mendapatkan kebahagiaan.

............................. ♥ .............................
Dan gw pun dengan sesumbar menyatakan, kalo dia adalah “pelabuhan” gw. Tempat di mana gw akan berlabuh, tempat di mana hati gw akan diem disana, dan akan bercerita banyak disana, juga menghabiskan waktu disana, mungkin untuk selamanya.
Karena gw saat itu percaya, kalo cinta akan menemukan pelabuhan terakhirnya, dan Fitri lah, pelabuhan itu. . .

............................. ♥ .............................

Gw yang akhirnya “teracuni” oleh gelombang dari mercusuar pelabuhan hatinya, mencoba mengikuti arus dari gelombang itu.. yang mungkin sama orang lain dianggap “gila” dan “gak rasional”… kayak gini, misalnya Fitri minta diketikin tugas yang dia tulis, dan gw lakuin aja itu.. atau dia belum fotokopi tugas, gw fotokopiin biar gak ketinggalan dan contoh lain sebagainya, lah… semua itu banyak yang nganggep kalo gw “dimanfaatkan” oleh dia.. toh padahal gw cuma coba ngebantu dia aja, Karena gw sedikit tau cerita mengenai dirinya, dan Karena itulah gw akan selalu berusaha ngebantu dia sebisa gw sampai kapanpun.. itu janji gw sama dia sampai saat ini…

Gw pun sering ditegur sama Fitri saat gw terlalu banyak ikut-ikutan dalam penyelesaian tugasnya, dan gw pun menyadari itu. Tapi, bener mungkin apa kata orang.. Cinta itu buta. Semua terlihat abu-abu dan abstrak, saat kita jatuh cinta.. dan kita kadang ngelakuin hal yang bodoh dan gila hanya demi dia. gw yang bodoh dan gila melakukan hal itu untuknya. Hal itu adalah :

Gw menyimpan harapan selalu ke dalem hatinya, agar dia bisa menemukan kebahagiaan. Gw melakukan semua hal itu cuma untuk melengkapi kebahagiaannya. Karena gw menyadari itu, kalo saat dia senyum, saat dia bahagia….

Gw selalu merasa lega…


Walau gw cuma bisa nyimpen perasaan ini, yang gak mampu gw ungkap ke dia..

............................. ♥ .............................

Tapi, emang ada yang terjadi saat gw ngedeketin dia.. gw berubah, berubah menjadi seseorang yang harus bisa nyesuaiin hidup dia dan paham Fitri-isme itu.. gw berubah untuk jadi apa yang dia inginkan, meski dia gak bilang…
Gw gak terlalu suka nonton film, tapi akhirnya gw pelan-pelan menjadi movie-addict movie-addict an.. gw gak terlalu suka baca buku, akhirnya gw mencoba membaca buku, buku apapun..
Atau bahkan, gw yang bukan cewek harus feminim biar jadi sama kayak dia? eh itu mah nggak ye.. hehehe…

Pokoknya gitu, gw mengalami perubahan yang menurut gw, itu tuh bukan gw.. dan ini bukan diri gw.. gw bukan gw yang kaya gini dulu.. gw berubah Karena dia.. Karena gw mau deket sama dia.. Karena gw mau diakuin sama dia.. gw harus sama dia…

Gitu pemikiran gw saat itu, dan akhirnya gw terjebak dalam Alienasi dan kesadaran palsu…. Gw terjebak dalam keterasingan diri gw dari diri gw yang sebenernya.. dan sadar kalo gak sadar gw sadar melakukan ini semua demi dia, tapi merubah diri gw sendiri….

............................. ♥ .............................
Semua memuncak pada 22 Januari, di mana beberapa hari sebelum itu, gw udah menyiapkan “sesuatu” untuk dia.. sesuatu yang mungkin akan dia lupakan sekarang.. hadiah ulang tahun.

22 Januari, harinya ulang tahun gw jadiin sebagai titik balik gw mengungkapkan semua rasa yang ada dalem diri gw yang udah lama gw pendem, gw cuma pengen rasa ini diketahuin gak cuma sepihak aja.. gw pengen dia tau juga, kalo rasa ini udah memuncak, dihitung selama 100 hari sampai tanggal 22 Januari itu, gw menyimpan semua rasa yang ada dalem hati gw. Gw ngasih sebuah tulisan yang gw lipet di dalem perahu kertas, yang gw jadiin sebagai bentuk ajakan ke dia untuk mau ikut berlayar sama gw, mengarungi samudera cerita cinta yang baru.. lalu gw ngasih pemutar musik yang selalu gw jadiin alat buat ngungkapin dari bentuk kehidupan ini yang penuh dengan irama, dan nada.. sebuah makna yang gw maksudkan bahwa dia dan gw adalah sebuah nada yang akan memainkan musik dari cerita kita yang baru.. dan pada intinya, apa yang gw kasih adalah bentuk perasaan gw yang gw bawa kesana, dan berharap dia mau membawa itu ke kehidupannya, atau.. dengan kata lain.. dia mau nerima gw dan mau berjalan bersama gw.

Tapi, dia nolak gw, dan keukeuh dengan prinsip hidupnya, mungkin..

Tapi, gw bilang ke dia, kalo gw akan nunggu dia sampe dia mau nerima gw.. sampai kapanpun… Karena gw udah berhasil ke pelabuhan saat ini, gw udah masuk gerbang, dan sedang berhadapan sama raja terakhir…. Ya, cuma tinggal nunggu hasil dia mau nerima apa nggak…

Namun pada akhirnya, Fitri menyudahi usaha gw ini, dengan secara gak langsung bilang gini “udah, nyerah aja.. udah gak ada lagi usaha untuk bertahan berjuang…” dia, gak akan nunggu flow hidup yang sama dengan gw lakuin. Dia punya flow hidup yang beda dari gw.. gw yang mikir kalo gw mencoba untuk bertahan, mungkin akan lebih baik..

Tapi, gw kembali berpikir..

Mungkin ini adalah waktu gw harus lebih memilih.. apakah gw harus bertahan dengan keterasingan diri gw dan kesadaran palsu ini? Menjadi orang yang baru, yang akan mau Fitri terima kelak, dengan mengubah diri demi dia, dan siap berjalan dengannya, berlayar dengannya…….. atau meninggalkan segala keterasingan diri gw dari gw yang bukan gw ini, dan menjadi diri gw, cukup menjadi diri gw sendiri.. dan mencoba untuk berjalan sesuai dengan diri gw, tanpa topeng, tanpa kebohongan.. dan dengan resiko gw harus berusaha lebih keras lagi, biar Fitri mau nerima gw… dan berlayar dengan perahu berbeda yang berjalan bersamaan… dia ya dia, gw ya gw.. kita akan berjalan dengan diri kita masing-masing dan membagi cerita di satu pelabuhan, pelabuhan kita….

............................. ♥ .............................

Bertahan berjuang untuk menunggu dia sangatlah sulit buat gw… dan akhirnya gw lebih memilih untuk melepaskannya.. bukan karena sakit hati udah ditolak.. tapi karena gw harus jadi gw, gak perlu jadi orang lain demi dia… gw akan ngasih rasa yang bener-bener dari gw tanpa editan, kalo gw gak suka sikap dia, ya gw ngomong, gak dibener-benerin.. kalo dia emang goblok, ya gw bilang goblok, gak akan gw halus-halusin.. kasarnya gitu..

............................. ♥ .............................
Karena gw percaya, apa yg udah gw lakuin pada saat 22 Januari itu, adalah bentuk nyata pengungkapan rasa gw ke dia.. 22 Januari saat itu adalah masa di mana gw dan dia bisa ngungkapin perasaan satu sama lain secara jujur.. dan menjadi hari di mana harapan gw saat itu diguncang kenyataan bahwa, cerita kita gak seindah rasa yang kita ungkapkan saat 22 Januari itu, tanggal yang gw rasa bisa lebih dari 11 Januari, sebuah lagu romantis.. mungkin 22 Januari akan lebih romantis lagi karena 22 adalah 2 kali lipat dari 11, tapi.. semua itu gak ada artinya.. 22 Januari cuma jadi sekedar pengingat kalo dia pasti inget gw adalah orang yang saat itu ngungkapin semua rasa.. dan dia pasti akan selalu inget kalo gw adalah orang yang akan selalu memperhatikan dia, dan akan janji ngebantu dia..22 Januari hanyalah tanggal yang cukup mengenangkan kalo gw adalah orang yang mau nyari tanggal itu dengan susah payah… 22 Januari adalah tanggal yang bisa buat gw percaya, kalo dapet cinta dari Fitri, adalah kemustahilan belaka..  22 Januari adalah bukti nyata dari setiap pemaknaan tanggal, di mana 22 Januari menjadi makna bahwa di tanggal itu ada 2 orang yang sama sama tahu perasaan masing-masing.. 22 Januari hanya akan memberi tahu, kalo cinta.. gak selamanya bisa dimiliki.
 ............................. ♥ .............................
Akhirnya, gw dan Fitri hanyalah menjadi orang yang keduanya tahu kalo salah satu dari kita punya rasa, atau bisa dibilang… kita adalah 2 orang yang tau, kalo gw cinta sama dia, tapi dia nggak.. gw adalah biasa untuknya, bukan sesuatu yang istimewa. Gw adalah bagian dari relasi pertemanannya yang gak ada bagian khususnya… dia cuma ngejadiin gw sebagai orang yang tau, kalo gw adalah orang yang punya rasa cinta buat dia.. dan didiemin gitu aja, membiarkan cinta itu berjalan sendiri… gw kaya bajak laut yang nemu harta karun, tapi gak boleh dimilikin,


Mungkin, cerita gw dan Fitri gak akan mampu diwujudkan.. tapi, gw selalu percaya akan satu hal.. harapan gw selalu ada dan bergerak.. gw selalu berharap gw bisa berjalan bersamaan dengan dia, menepati janji mentraktir makan bersama, berlayar menuju tujuan bersama, dan diam di pelabuhan yang sama, pelabuhan Furqon dan Fitri… tentunya dengan cerita yang hidup tanpa kebohongan, keterasingan.. dan dijalankan dengan kesadaran, kesadaran yang sadar bahwa kita harus konsisten menjaga diri kita. Kita ya Kita, bukan orang lain.. mana yang lebih baik.. itu adalah pertanyaan yang merepotkan..
............................. ♥ .............................
Pada akhirnya, gw masih menyalakan api harapan untuk bersama dia, tapi kali ini gw nyalain itu dengan cara gw sendiri.. dengan harapan, api harapan ini mampu menerangi jalan gw menuju dia.. sang pemilik 22 Januari itu, menuju dia yang tau perasaan gw, yang kini akan selalu menjadi diri gw selalu…

yang mau menerangi jalan bahagianya, walau gw harus ada di belakangnya :)


Karena, terkadang ketika aku tak mampu mencintaimu dalam kenyataan, izinkan aku mencintaimu dalam bayang-bayang :)




............................. ♥ .............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar