Sabtu, 08 Oktober 2016

"Last Journey"

Setiap pertemuan selalu ada perpisahan. Dan konsep itu selalu muncul dan berkembang di pemikiran setiap orang yang baru putus. Dengan dalih semuanya akan selalu kembali ke kesendirian. Ckckckck. Alesan pertemuan selalu ada perpisahan akan jadi senjata yang memungkinkan elu buat bisa ngerelain saat saat putus. Karena mungkin kita percaya, gak ada cinta yang bisa selamanya hidup dalam hati kita. Aelah berat amat ya.
Tiap pertemuan pasti ada perpisahan. So, jadi kalo gamau berpisah mending gak usah ketemu sama sekali.



Jadi ceritanya adalah cerita yang bener gw alamin, di mana perasaan “tiap pertemuan pasti akan ada perpisahan” terasa nyata dalam diri gw.


Belum terjadi  lebih dari setahun ini, gw mendapatkan kesulitan yang menurut gw cukup sulit dijalanin, yap. Putus pas lagi sayang-sayangnya. Hehehe.


Gw putus sama Upi, pacar terakhir gw yang merupakan mantan yang paling lama jadian sama gw. 18 bulan! Itu mungkin kalo menurut sama orang yang udah pacaran lama banget sangatlah sebentar. Tapi buat gw, dia adalah orang yang paling awet mau nerima hidup yang abstrak kaya benang kusut dikusutin lagi.

Gw dan Upi pacaran bak buku paket pelajaran. Dijadiin panutan. Hahaha. Gak tau kenapa bentuk pacaran gw dan dia saat di SMA dijadiin role model oleh beberapa guru, seperti “tuh contoh Mpuy sama Upi, pacaran tapi sama sama pinter.. ngibul…” atau “tuh pacaran mah kaya mereka, kalo udah bel masuk langsung belajar bukan pacaran.” Kaya gitu dah.. hahahaha.. waktu gw dan dia pacaran, orang-orang di sekitar tuh bukannya tengsin mau deketin, malah deketin kita terus nengsinin kita. Hahaha.  Yap, karena hubungan gw dan Upi terlahir dari konsensus / kesepakatan masyarakat anak-anak IPS saat itu, khususnya anak kelasan gw dan dia. Emang waktu itu kita udah cukup deket, pasca Upi putus sama mantannya sebelum gw. Dia yang emang udah perhatiin dari kelas 10, saat gw udah putus dari mantan gw yang dulu, saat gw udah menyerah dengan orang yang pernah gw suka yang gw tahu udah punya cowo.. gw mulai ketemu dia di perpustakaan sekolah, dan selalu gw inget dia dari auranya. Gw tau dia ada disana Cuma dengan feeling gw. Gw pun mulai mencari info dia, mulai dari nanya temen sekelasnya, sampe sampe nyari nama lengkapnya dari daftar peserta UTS yang ditempel di kelas-kelas. Dan sejak kelas 10, gw selalu melulu mau tahu tentang dia. Cuma dia. Gw selalu tahu kapan kapan gw dan dia bisa ketemu walau Cuma sekelibet papasan doang, gw hapal dimana posisi dia biasa menunggu angkot 19, trayek di mana menuju arah pulangnya. Gw bahkan nekat dengan temen gw nyari nyari rumahnya.  Masa PDKT gw dan dia sangatlah sulit, karena dia sangat dingin di SMS, jarang ngebales, sekalinya ngebales, sangat sangat gak ada kehangatan yang terpancar di pesan itu. Mungkin dia gak pake termos, gak tau juga gw. Tapi kemuduan, Gw sempet seneng sekaligus sedih saat gw sekelas sama dia di kelas 11, tapi saat gw mau lebih deketin dia, gw malah memergoki dia lagi ngobrol dengan cowok yang waktu itu gw tahu kalo dia dicomblangin temen ekskulnya, dan besoknya gw denger ada berita dia jadian sama cowok itu. Waaah. Gw gak tau perasaan gw tiba-tiba kaya lenyap aja gitu, perasaan ngedeketin dia dari kelas 10, tanpa menggubris siapapun selain dia yang mau gw deketin, tibatiba ancur gitu aja….

Tapi, gw gatau kenapa rasa cinta gw gak bisa berubah.. gw cuma bisa sabar dan ikhlas, ketemu dia yang gw suka dengan rasa “menyesal” gak duluan jujur soal hati ini, dan gw yang sering kabar-kabaran sama dia sebelumnya, bilang selamet ke dia atas jadiannya, dan gw dengan (bodohnya) ngaku kalo gw lagi deket sama cewek juga, yang sebenernya adalah dia. Dan saat gw cerita curhatan buatan gw yang sebenernya cerita PDKT gw sama dia, dia yang tadinya jarang bales SMS gw, malah makin intensif. Tapi gw gak boleh kebawa suasana. Gw harus inget dia punya cowok. Dan akhirnya gw Cuma bisa mikir, Upi hanyalah tempat gw curhat. Dan mungkin saat gw udah bisa move on melupakan kegagalan gw PDKT sama dia dan nemu cewek baru, mungkin dia bisa jadi penasehat gw. Tapi kemudian, 3 bulan kurang lebih berlalu, gw dikabarin (dari dia langsung) kalo dia putus. Gw shock. Gw yang udah ngerelain dia malah harus ngalamin kejadian nanggung kayak gini, dan memicu kembali perasaan suka yang harusnya udah gw kubur. Tanpa alesan apapun, gw harus mencoba membantu dia dengan ngasih masukan biar dia balikan lagi, karena gw gak mau sakit hati untuk yang kesekian kali lagi kalo gw PDKT lagi sama dia dengan rasa yang sama, dan hasil yang gw takutin sama, keduluan. Tapi semua masukan gw gagal, dia drop dan gw bingung harus gimana, dan dia menjadi orang yang berbeda pasca putus, dia menjadi lenih diam dari diam yang lalu-lalu. Dan, gw mencoba mengembalikan senyum indahnya, senyum kecil yang sangat gw harapkan dari dulu, yang sekarang redup dan hilang. Gw mencoba buat deketin dia, bercandain dia, nemenin dia… Dan tanpa kerasa gw dan dia malah makin deket, beberapa hal mulai dari nanya nanya pelajaran sampe Bluetooth-an lagu gw lakuin sama dia, dan gak kerasa semua terasa indah saat gw PDKT-an lagi sama dia, dan gak keliatan ada orang yang bakal ngeduluin gw lagi. Dan saat momen TOD, Truth or Dare, permainan jujur atau berani, gw dibantai habis-habisan dengan pertanyaan seputar “apakah gw suka sama dia”. Dan mungkin itu juga yang ngebuat hubungan gw dan dia makin deket, dan sampai akhirnya, dengan tanpa persiapan, gw coba buat nanya apa dia mau jadi “temen hidup”, bukan lagi pacar.. gw mau dia jadi temen hidup gw, yang gw definisikan waktu itu sebagai orang yang mampu berperan sebagai pacar, saudara, dan sahabat yang mau tau apapun keadaan keduanya, gak melulu soal cinta, tapi juga soal kehidupan lain, dengan menawarkan “teman hidup” ke dia, gw berkeinginan menjadikan dia tempat gw buat berpikir dan mencurahkan pikiran gw tentang semua cerita dalem hidup gw. Karena gw mau ada satu orang yang mau denger dan nerima juga kritik semua cerita gw, masalah gw, bahagia gw, duka gw, dan semuanya, tentunya juga gw bakal mau denger semua cerita dia, masalah dia, bahagia dia, duka dia, semuanya tentang dia. Gw mau itu, dan gw memilih Upi. Dan dia pun ngejawab, “Kita jalanin aja dulu”. Kalimat yang menjadi akhir perjuangan gw meyakinkan dia..

Perjalanan pertama gw dan dia adalah perjalanan main ke toko buku. Anjay ye? Hahaha. Di mana saat itu gw belum jadian, gw inget banget alesan dia buat jalan sama gw ke orangtuanya, adalah mau beli alat buat tugas bareng ketua kelas. Hahaha. Bisa banget alesannya.. dan mungkin perjalanan itu adalah pertemuan awal gw dengan cerita panjang yang bakal gw lalui sama dia hingga nanti.
............................. ♥ .............................

Gw menamai hubungan gw dan dia layaknya sebuah buku, buku kosong. Buku di mana kita berdua yang akan menuliskan cerita disana. Mau itu cerita menyenangkan, menegangkan, mengenangkan, mengasyikkan, menghebohkan, menggemparkan, dan meng- meng- lainnya. Gw dan dia akan selalu bercerita satu sama lain, memberikan masukan dan saran, bahkan kritik saat kita melakukan sesuatu, agar pada setiap halaman selanjutnya, cerita kita akan semakin membaik. Dan definisi buku ini menjadi sebuah ingatan selalu dalam diri gw, kalo Upi adalah partner pembuat buku cerita paling luar biasa dalam hidup gw. Dia bisa ngasih banyak cerita yang mampu kita ceritakan dalam buku kita. “buku” yang selama 1 setengah tahun terisi dengan “tinta” cerita kita masing-masing, yang dituangkan ke dalam 1 buku bersama.
Perjalanan ini adalah perjalanan terindah, Pi..

............................. ♥ .............................

Gw percaya kalo masa cerita SMA adalah masa cerita paling berkesan. Dan kesan yang indah itu pun akan terngiang kapan cerita indah itu akan berakhir? Intinya, akan ada pemikiran kapan kita putus….. Gw pernah kepikiran putus saat : gak lagi sekelas saat kelas 12 SMA, di mana gw akan sulit memperhatikan dia, dan akhirnya pemikiran itu gagal, gw dapat bertahan. Bertahan dari pemikiran buruk soal tidak mampunya gw menahan rasa cemburu dengan orang yg deket sama dia di kelas; kemudian pernah kepikiran putus saat gw dan dia akan lulus dari SMA dan akan sulit bertemu ketika ingin sama sama kuliah. Gw pengen kuliah di Bandung, dia di Jakarta. Namun takdir mematahkannya, gw malah satu kampus sama dia. Bahkan gw yang ngasih tau ke dia kalo kita bakal sama sama satu kampus.. Dan inilah yang membuat gw yakin saat itu hubungan kita akan baik-baik saja.

............................. ♥ .............................

Tapi, apa yang gw pikir gak semudah apa yang terjadi. Dan rasa percaya gw atas hanya masa sekolah doang kita bisa nemu kisah cinta indah, kisah cinta penuh impian dan imaji.. yang rupanya berubah menjadi kisah cinta nyata, realistik, dan sulit saat kita ada di masa pasca sekolah. Kisah cinta masa sekolah adalah pengasingan kita dari realita cinta sebenernya : kusut kaya benang kusut yang dikusutin lagi. Karena setelah gw dan Upi kuliah, kita yang emang beda jurusan, jadi lebih takut pada masa depan masing masing, dan mengesampingkan masa depan kita berdua, impian kita, harapan bersama.. karena emang cinta gak bakal Cuma melulu cinta.. gw dan Upi yang ngerasain itu, kalo hidup diri sendiri dulu harus dikualitaskan, kemudian kembali saat sudah selesai, kasarnya gini.. kita fokus kuliah dulu, lalu kembali bercerita saat ada waktu. Yaps, realita dimana kita harus menjadi prioritas kesekian, tak lagi utama…

Gw dan dia pun sepakat “menjalankan misi” dengan berpisah mencari tujuan hidup kita masing-masing, dengan lebih mengutamakan hidup studi masing-masing, ketimbang cerita cinta yang udah pasti belum pasti ini.. dan akan kembali saat kita udah siap untuk bersama lagi, menulis cerita lagi..

Tapi, ada masalah yang muncul saat kita udah berpisah.. dia bilang, dia gak akan janji buat kembali, dan gw pun gak dianjurkan buat nunggu dia balik. Sempet muncul cekcok dalem cerita gw, hingga gw dan dia bener bener seperti orang asing yang nggak harus tau sama lain. Mungkin, dia mau ngeliat gw asyik dengan kehidupan studi gw, dan gw harus mau nerima kehidupan studi dia tanpa gw. Dan gw mencoba untuk berjalan meninggalkan dia.

Tapi, gak semua berjalan mulus, kayaknya..


Gw gak bisa ngelepas dia. Dan itu gw utarain ke dia, tapi… dia gak bisa nerusin cerita di buku ini.. cekcok sebelum gw bilang gini terlalu besar sampe dia gak bisa lagi sabar nerima keadaan cekcok ini, hingga muncul jawaban “Kita udah gak bisa sama-sama lagi”. Entah faktor apa yang muncul sampe kita harus berpisah kaya gini.. keadaan kah? Struktur pemikiran kita yang semakin realistis kah? Atau faktor luar? Semua bisa menjadi kebenaran.. kita putus karena komplikasi masalah yang muncul diantara kita, yang berpusat pada satu titik…. “kita udah sampai halaman terakhir buku ini”

............................. ♥ .............................

Gw dan dia putus dengan cukup baik-baik, dan sebelum kita berpisah, maaf selalu gw ucapkan karena gw tau semua adalah salah gw, gak bisa nerusin cerita dengan baik, gak bisa nulis cerita dengan indah, dan malah buat sad ending buku ini.
Pasca putus dari dia, gw sempet berpikir.. apakah perjalanan gw dan dia usai? Apakah buku ini Cuma bisa berjalan sampai sini? Apa ini ending yang harus gw jalanin sama dia? Gw rasa bukan…

.

.
.
.
.
 Gw sering bertemu dengan dia pasca putus.. dia sangat aktif di berbagai organisasi, berbeda saat di SMA, malah dia yang ngeliat gw bulak balik organisasi.. dia udah berubah. Udah gak lagi jadi Upi yang pendiam.. gw kenal sama temen-temennya di kampus dan mereka bilang kalua Upi menjadi cewek jenius yang ber-IP tinggi dengan rasa sosialisasi yang ramah dan baik. Dia pun menjadi inceran para cowok-cowok yang terkesima dengan hidupnya yang sederhana, ya.. tanpa goresan lipstik dan alis buatan, dia udah terlihat cantik dan itu emang yang selalu gw kagumin dari dia dari dulu. Kalo ngomongin jenius, dia emang orang yang pinter, cerdas, dan… jenius.. dia dulu selalu dapet ranking tertinggi di kelas, dan menjadi inspirasi bagi temen-temennya atas kesederhanaannya. Dan itu juga yang menjadi inspirasi gw mengagumi dia saat itu. Bahkan blog gw pun gw buat karena dia, berkat dia, gw jadi mau sering nulis dan cerita apapun.. walau… emang gak sejago yang lain, tapi gw seneng dia udah nyemangatin gw saat itu..

............................. ♥ .............................

Setahun telah berlalu pasca putus,
Gw dan dia bertemu kembali, sering banget di halte busway yang menuju ke kampus. Sikapnya sangat dingin, eh gak dingin dingin amat sih.. cuman gak lagi hangat sehangat gw dan dia masih bersama. Itu bisa gw maklumin… gw ini mantannya. Dan akan selalu muncul rasa dengki dan benci saat kita bertemu orang yang udah buat sakit hati, begitu pula dengan gw sebagai mantannya, yang pasti sering buat sakit hati.

Selama setahun ini, gw Cuma bisa menghindar dan menjauh saat gw ada di deket dia.. gw yang pernah jadi orang yang memperhatikan dia selama lebih dari setahun bisa tau aura dia, keberadaan dia saat gw ada di deket dia.. karena mungkin gw rasa separuh hati gw juga ada disana, dan mungkin ini yang ngebuat gw susah bgt untuk move on, dan bergerak ngelupain dia.. karena gw paham, kalo gw ngelepas dia seutuhnya, mungkin perasaan gw yang notabenenya “ada di dalem dirinya separuh dari jiwa gw”, akan terasa lemah kalo itu lepas.

Gw mikir, gw harus buat perjalanan ini berakhir dengan tanpa sad-ending. Mungkin akhir kemarin itu gak cocok jadi bentuk ending cerita yang sangat ngegangtung.. kita marahan, deklarasi putus.. udah… itu aneh menurut gw. Gak ada penyelesaiannya… dan ngebuat serba sulit untuk move on… Gw harus meninggalkan perasaan gw yang belum move on dari dia selama satu tahun ini, yang ngeganggu buat yakin deket sama cewek yang mau gw jadiin moodmaker pasca putus sama Upi. Gw gak bisa diem aja di dalem kerangka ini.  Gw harus pergi, walau itu sulit. Akhirnya, gw kembali ngebuka “buku itu” dan menuliskan kembali cerita yang gak dia tau di belakang cerita yang udah kita berdua buat.. dan gw berharap akan ada kesempatan gw bisa kembali ketemu dan ngomong sama dia.
............................. ♥ .............................


Dan kesempatan itu tiba, belum lama ini, gw berangkat ke kampus ketemu dia, dan kita bisa berbarengan dalam waktu beberapa saat. Saat itulah gw harus mau dan gw kasih “buku” yang udah gw tulis lagi buat dia, dan membiarkan semua perasaan sayang dan cinta gw terbawa bersama buku itu, buku terakhir yang gw tulis buat dia, buat dimasukkin ke dalem “buku cerita” sebagai pengganti sad-ending yang menggantung kemarin itu. Dia pun nerima buku itu dengan cukup bingung “kenapa harus dikembaliin?” yang sebenernya gw harus jawab, “biar gw bisa ngerelain elu, gw terlalu sulit lupain lu…” tapi gak bisa gw ungkapin.

............................. ♥ .............................

Seluruh harapan gw masukin dalem buku itu, agar dia tetep jadi apa yang ia mau, dan berbagai pesan pun gw lontarkan agar dia selalu jadi apa yang mereka, teman – teman, orangtua, atau bahkan kekasih barunya… mau. Yap, Upi yang mereka mau.. Upi yang selalu baik, selalu sederhana, selalu apa adanya, dan selalu ada buat mereka….



Dan gak ada buat gw.

…………………………….

Saat  perjalanan pulang, gw gak nyangka gw kembali bertemu dia dan satu perjalanan pulang bareng dia. Dan inilah perjalanan terakhir dalam buku gw dan dia yang harusnya lebih baik dari sekedar omongan dan pergi gitu aja.. mungkin emang gw harusnya gak pernah ketemu sama dia biar gw gak berpisah sama dia.. tapi? Mau gimana lagi.. kita udah ketemu, dan buat cerita bersama.. dan ini adalah pertemuan yang gak pernah gw lupain.. pertemuan terindah ini, akan selalu terkenang… mungkin kita akan berpisah sekarang, tapi mungkin akan kembali ada di pertemuan baru, dengan bukan gw yang sebagai tokoh utama dalam cerita dia yang baru.. dan perjalanan ini emang bisa aja kembali terjadi, namun perjalanan dengan perasaan cinta buat dia ini akan menjadi perjalanan terakhir, dan ini akan menjadi ending yang lebih baik…


ya. Kita seharusnya berpisah lebih baik dari kemarin, ini dirasa lebih baik.. berjalan bersama menuju arah pulang, menceritakan semua yang telah dilalui, mengenang semua lika-liku yang udah terjadi, dan kembali pulang ke jalan rumah sendiri-sendiri, dengan sama sama memberi senyuman terakhir, dan pergi menjauh satu sama lain… tanpa ada rasa benci..
.

.

.


Thank you for our last journey :)






2 komentar: