Minggu, 07 Juni 2015

Saat itu untuk saat ini.. saat ini untuk saat nanti

Assalamualaikum wr.wb.

Yang terhormat para pembaca yang (mudah-mudahan) berbahagia dan sejahtera serta bersahaja dan bergairah serta bersemangat hehehehe.. amin gitu amiin :P bertemu lagi dengan suatu bacaan yang mungkin ga ada maksudnya, yang mungkin ga perlulah dibaca.. kalo lu lagi baca qur’an terus ada postingan kaya giiini.. gw saranin elu baca dulu qur’annya.. baru abis itu... :D baca doa selesai baca qur’an :D ahahahaha.. naaah udah selesai baca doa membaca qur’an baru deeeh.. lu bacaa... alhamdulillaaaaaah :D hehehehe...

Udah gw bilang kan tulisan ini Cuma buat iseng aja.. kalo udah ga ada sama sekali pekerjaan yang anda akan lakukan di dunia ini.. mungkin anda anda pembaca yang berbahagia sejahtera aman sentosa bisa membaca...... dan beribadah juga mengamalkan ilmu ilmu keagamaan untuk bekal di akhirat, ketimbang membaca ini ahahaha :D

Tapii.. gw ga maksa kalian buat baca ini.. hehehe.. gw Cuma mau berbagi apa yang ada di otak gw saat ini, saat otak gw mau berjalan menelusuri setiap lekukan lekukan bagian otaknya ahahaha apa sih -__-

Tapi gw kasian jg sama otak gw.. mikir mulu.. gantian kek ya.. dengkul gw gitu yang mikir.. ahahaha :D
Otak jg butuh istirahat...

Okelah.. kembali lagi nih kawan kawan, dengan seorang laki laki yang suatu hari akan jadi hokage ahahaha apasih -__- si mpuy, furqon nugraha yang guanteeeeeng (siapin kotak muntah.. gapapa kok.. beneran!) wkwk

Hari ini pada kesempatan ini gw mau berbagi lagi pendapat gw.

Udah hampir banyak postingan gw.. ahaha tapi ga terlalu banyak tanggapan dari yang baca.. hemm.. :(
Mungkin karena bacaan gw yang ga bermutu ya? Atau gw-nya emang ga bisa dianggap memberi manfaat kali ya? Hemm.. :/ gapapa dehh..  gw sadar gw ga terlalu baik beropini dan membuat orang tertarik sama apa yang gw pikirin.. hehehe :D tapi gw udah mau makasih.. makasih bangeet kepada orang orang yang mau membaca opini opini gw.. dengan memberi komentar, tanggapan, bahkan like di fb gw.. itu udah bersyukur banget gw.. gw doain dah semoga yang udah mau bantu gw semuanya masuk surgaaa :D aamiin.. asal lu lu pada rajin ibadah aja ya.. ahahaha :D

Mungkin postingan gw bisa berguna buat kalian buat melepas lelah dengan membaca tulisan ringan gw ini :)
Ok key! Hari ini gw rada bingung ya, mau nulis apa.. hehehe..  kerjaan gw Cuma ngurusin kepentingan2 buat masuk kuliah nih..  oh iya.. btw alhamdulillah nih si mpuy keterima Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2015. Alhamdulillah gw (si mpuy yah, si mpuy) masuk ke Universitas Negeri di Jakarta. Coba tebak apa hayooo? :P Ya UGM Lah!! Aahahahaha :D bodoooh!! 

Pastinya gw keterima di UNJ.. karena UNJ Cuma satu2 nya PTN di Jakarta. Alhamdulillah gw kesampean bisa kuliah disana.. hehehe.. gw masuk ke Fakultas Ilmu Sosial disana Gw kebagian jurusan Sosiologi prodi pendidikan sosiologi.. hehehe.. 

gw di depan UNJ



kampus gw (depannya)


Kenapa harus sosiologi? Pendidikan lagi? Ya pasti karena gw mau jadi guru sosiologi.. doain gw yaaa :D
Kenapa harus guru sosiologi? Karena gw mau jadi guru yang mengajarkan pentingnya masyarakat di kehidupan kita aahahaha :D

Gw anak IPS, gw udah lulus, tandanya gw udah banyak dicekoki pelajaran2 berbau IPS kaya Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi..

Sebenernya pelajaran yang paling gw suka adalah Ekonomi.. hehehe.. tapi gw gatau dapet wangsit (wah enak dong? Apalagi kalo pake baso aahahaha) darimana... gw milih jurusan pendidikan sosiologi ketimbang pendidikan ekonomi.. hemm..
.
Sebenernya gw ga ada niatan kuliah di jakarta.. gw pengen kuliah di suasana yang menyenangkan.. gw sebenernya pengen kabur dan mengembara ke bumi parahyangan.. lu pada tau? IYA BETUL. JOGJA. Wkwkwkwkwkwk Bandung lah Bandung yang beeneer... tadinya gw niat buat kuliah ke UPI Bandung, dan pilihan SNMPTN dengan jurusan Pend. IPS.. gw pengen kuliah disana biar gw “mengurangi” populasi di Bogor ahaha dan kuliah dengan udara yang segar.. temen2 baik gw juga mau pada kuliah disana.. mujib misalnya, temen sebangku gw.. dia jg mau masuk UPI, dan Iki misalnya yang lain.. mau ambil seni rupa.. pun di UPI.. rasanya saat itu kita seperti bakal meraih impian itu bersama.. sampai2 saat acara penerbangan balon yang berisi “kertas impian” tujuan kita kalo udah lulus pun gw tulis tujuan PTN gw..  ke UPI.. tulisannya gini: “Yang membaca surat ini, tolong doakan Muhamad Furqon Nugraha dapat lulus UN dan dapat diterima SNMPTN UPI Pendidikan IPS” , lalu balon gw dan mujib serta temen gw satu lagi.. sebut saja dagu, kita ikatkan bersama dan kita terbangkan balon tersebut.. perasaan itu, saat balon itu terbang terasa menggebu jiwa.. perasaan bahwa mimpi itu akan segera terwujud....

Namun............... ada suatu hal yang membuat gw gabisa dan gajadi meluncur ke Bandung.. hemm..
Semua dimulai dari pertemuan konferensi meja makan bundar.. sumfeh! Gw lg rapat sama keluarga di meja makan gw.. meja makannya bundar! Ahahaha :D ini terjadi sebelum pendaftaran SNMPTN dan setelah pelepasan balon impian itu ke udara..

IBU GW
“ De.. jadi mau kuliah teh?”

GW
“Jadi..”

IBU GW
“Kemana?”

GW
“Bandung.. mau ke UPI.. hehhe..”

IBU GW
“Jauh kali itu mah?”

BAPA GW
“Katanya mau kuliah di UT? Gajadi..?”

GW
“Iya juga sih.. gatau nih...”

IBU GW
“Ibu mah ga maksa kamu mau kuliah dimana.. “

BAPA GW
“Iya bener..”

GW
“Emang kenapa kalo di Bandung?”

IBU GW
“ Jauh de dari Bogor.. biaya hidupnya juga tinggi”

GW
“Yaudah deh.. gajadi.. hehehe.. kuliah di UT aja..”

BAPA GW
“Di UT juga bagus kok..”

GW
“Iya semua kampus mah sama aja..”

Konferensi selesai.. dan hasilnya gw menuruti orangtua gw.. buat ga memaksakan kuliah di Bandung.. dan rencana kuliah di UT dimatangkan.. kebetulan kuliah di UT itu kuliah jarak jauh jadi di rumah pun bisa... tapi kok gw ngerasa ada yang salah di hati gw ini.. gw berada diantara 2 pilihan sulit.. daftar..... atau nggak. Gw mau kuliah di Bandung biar dapet pengalaman dan banyak teman.. tapi gw takut orangtua gw ga suka itu karena Bandung jauh.. gw mau aja kuliah di UT.. tapi gw taakut gabisa bersosialisasi dengan temen sebaya gw.. hemmm... dan akhirnya..  Gw mau gak mau yang tadinya menempatkan UT di pilihan paling terakhir di hati gw harus jadi pilihan pertama buat hati gw dan terpaksa menanggalkan pilihan utama UPI ke pilihan paling bontot.. udah kaya anak.. hehehe..

But after that conversation, little by little my tears fallin down and wet my eyes all the night...

gua gabisa egois.. gw sadar keadaan gw, keluarga gw ga terlalu memungkinkan bisa melakukan impian gw itu.. gw pun gamau terlalu ngebebanin ibu dan bapa gw.. gw tau mereka mau yang terbaik buat gw.. tapi gw jg gamau kalo impian gw malah jadi beban.. yang gw tau.. keinginan orang tua gw adalah sesuatu yang terbaik.. gw ga marah sama mereka akan hal ini...

namun.. Semangat gw bermimpi saat itu pun terhenti.. gw harus move on dan menerima keadaan... dan saat setelah itu.. gw gamau ikut SNMPTN.

Gw pun bilang ke guru bk gw soal konferensi itu, dan gw mohon izin buat gak ikut SNMPTN.
Guru gw menyeyangkan hal itu.. tapi itu ga ngepek.. gw gamau walau udah dirayu buat ikut...

Gw tetep gamau ikut SNMPTN..

Kejadian ini semaakin berat saat gw bilang hal ini ke temen deket gw dan cewe gw..  mereka semua bilang gapapa.. asal bisa dijalanin dengan baik mereka bilang gw pasti bisa.. hehehe..



Waktu pendaftaran SNMPTN pun waktu itu dimulai.. temen2 gw yang gatau gw ga ikut SNMPTN yang notabenenya semua siswa dianjurkan ikut SNMPTN menyambut senang akan datangnya pendaftaran ke kuliah dengan cara tes rapor ini.. gw sih saat itu ga mikirin apa apa buat daftar SNMPTN..

Temen temen gw rame ngurusin pendaftaran dan tugas tugas sekolah, gw mah rame ngurusin tugas tugas sekolah tanpa ngurusin pendaftaran.. hehehe..
Gw terus ngejalanin hari hari dengan ngeliat temen2 gw ngurusin pendaftaran.. gw mah tetep aja ngurusin tugas sama mantengin buku komik yang sering gw bawa buat dibaca kalo ga ada guru.. hemm.. dan suatu hari akhirnya gw baca brosur perguruan tinggi swasta di Bogor.. dan dalam benak gw.. “Kok ini brosur manggil gw ya..” PTS mungkin akan jadi alternatif gw untuk bia kuliah secara reguler... gw gatau kenapa gw mau kuliah... dari dalam hati gw ini.. gw disuruh sama diri gw buat kuliah.. gw gatau virus apa yang menyebar di diri gw.. gw haus akan ilmu..


nih brosurnya..

 
Akhirnya gw mencoba diskusikan PTS itu di Konferensi meja makan bundar.. “Kalau kendalanya Jauh.. ini ga terlalu jauh kan ?” gw bilang gitu.. “Tapi kan swasta mah suka banyak yang tiba tiba nambah biaya de?” bapa gw nyeletuk.. “Tapi dicoba dulu aja” Bapa gw menimpali jawabannya yang belum sempet gw jawab.
Akhirnya gw mencoba daftar kesana.. disaat temen2 gw memandang swasta adalah pilihan terkahir saat itu.. gw malah yang menganggap ini jalan terdepan gw buat bisa menyibukkan diri untuk pendaftaran...

Akhirnya gw pun bilang ke guru dan bilang akan hal itu, hal kuliah di swasta.. maka guru pun memberikan formulir dan syarat untuk mendaftar ke universitas tsb. Gw disuruh ngasih fotokopi legalisir rapor.. SKCK.. foto diri, foto pacar, foto mantan ahahahaha ngga lah masa foto mantan :P wkwk yah kaya gitu lah syarat buat kuliah..  dan akhirnya gw selesai daftar ke Universitas itu.. dan tinggal menunggu hasil..

Namun.. saat gw ngasih berkas buat daftar kesana itu.. guru bk gw yang 1 lagi bilang “Puy.. kenapa ga coba bidikmisi aja? Cobain dulu..”. “ngga ah bu.. gamau...”  satu hal yang terus jadi pikiran buat kuliah PTN adalah kehidupan gw saat kuliah nanti di PTN : Biaya hidup yang mahal. Dan sampai saat ini hal itu yang masih terus membayang gw.. gw takut kalo ambil PTN.. karena PTN yang deket di Bogor Cuma IPB. Gw anak IPS.. mungkin akan sulit masuk ke IPB karena anak anak IPB lebih memfokuskan ke anak IPA. Dan PTN yang sebenarnya gw pengen emang Cuma satu.. UPI Bandung.. makanya gw bingung kalo suruh milih PTN mana lagi..

“Udah.. hayo coba dulu aja.. gratis ini.. kalo keterima kan lumayan.. kuliah gratis..” Guru gw membujuk lagi. Gw terus berdiam diri.. “Kalo daftar.. kemana bu? Gaboleh jauh2 sama orangtua soalnya.. kasian...”

“UNJ aja..”

TENG!!!!!!!

U     N      J

Jakarta.

Gw langsung punya 2 pikiran..
1. Deket Bogor.. kemungkinan diizinin 
2. Jakarta kota yang keras..


Gw bisa aja diizinin di jakarta.. tapi.. jakarta.. JAKARTA! Kota yang ga pernah gw bayangin di hati gw.. tapi ini bisa jadi satu2nya PTN yang memungkinkan gw bisa kuliah dan ga terlalu jauh dari Bogor.. itu kan soalnya masalahnya.. lagipula gw ditawari program bidikmisi.. program beasiswa gitu buat meringankan biaya kuliah.. kenapa ga gue ambil? Bisa aja kan? Tapi gimana dengan masalah gw yang udah daftar ke swasta?

Diem.. gw diem, ga bergerak dan memikirkan segalanya...




Dan jawabannya adalah... B! Ahahahahahaha :D



Jawabannya gw mencoba dulu.. buat daftar juga di bidikmisi selain di swasta... ortu gw izinin aja asal ga jauh dari bogor..


Dan alhasil gw harus daftar 2 kali.. ngurusin persyaratan lagi sama kaya temen2 gw yang udah pada daftar SNMPTN.. gw baru ribet waktu 1 minggu sebelum penutupan aduhhh -_-
Gw akhirnya bener.. dengan segala kesiapan hati gw.. gw daftar ke UNJ ambil pend. IPS dan pend. Sosiologi.. gw mencoba buat menerima apapun keadaan saat ini. Mau seneng atau bingung gw gatau.. yang pasti gw sedang menghadapi hal yang punya resiko.. khususnya biaya.. kuliah itu sekolah yang banyak mengeluarkan biaya.. gw.. ibu gw.. dan bapa gw.. Keluarga gw harus siap menghadapi itu..

Dan waktu terus berlalu.. pengumuman di swasta pun sudah muncul jauh sebelum SNMPTN.. dan hasilnya gw keterima disana.. jurusan ilmu komunikasi.. hehehe.. hasil gw keterima itu akan jadi backingan gw kalo misalnya gw ga keterima di UNJ.. dan saat hari pengumuman itulah.. UNJ jadi nomer 1 di ketetapan hati gw.

Daan.. 9 Mei pun berlalu.. gw ganyangka saat gw buka pengumumannya.. nama gw terpampang dan warna pengumumannya berwarna hijau.. artinya gw keterima di UNJ :D pendidikan sosiologi :D ahahahaha waw! Gw gak nyangka pilihan yang tadinya bukan pilihan adalah pilihan yang terbaik di saat ini. Gw bersyukur gw bisa kuliah.. walau bukan di UPI.. gw masih bisa kuliah di sodaranya UPI.. UNJ.. hehehe..

Yah.. artinya gw jg keterima bidikmisi, dan katanya gw bayar kuliah gratis asal IPK gw 3,1 keatas dan gaboleh turun.. heemmm.. makanya gw minta doanya ya! Hehehe..


Yahh.. hingga detik ini gw masih ngurusin berkas2 buat daftar ulang.. terkahri kemaren gw cek urin buat bikin Surat bebas narkoba ahahaha.. mau kuliah tuh emang sulit persyaratannya.. tanggal 9 juni nanti gw kesana buat lapor diri.. doain aja ya semoga lancar :)

Yaaaah.. hingga detik ini pun impian gw ke UPI masing terngiang.. emang gw udah di UNJ.. tapi.. rasa mah gabisa boong.. hehehe, ini kaya kita udah punya pacar tapi masih mikirin mantan.. seneng.. tapi gabisa apa apa.. :)



Baat (but) kita harus tetep bersyukur dengan keadaan apa yang kita dapat saat ini.. saat ini adalah yang terbaik untuk memperbaiki saat yang lalu dan merencanakan yang terbaik buat saat ke depan.. :)

Mungkin dari kalian ada yang lagi pusing sama ujian SBMPTN, SIMAK, SAMAK atau tes tes kehidupan lainnya..  ada juga yang lagi seneng sama hari ini karena blognya banyak dibaca, ada juga yang blognya kurang ditanggapi.. hehehe.. apapun keadaanmu.. tetep syukuri yah kawan kawan..

Mungkin bener.. mimpi dan impian itu ga selamanya terwujud.. sama seperti balon yang gw terbangkan saat acara terbang balon itu.. gw sadar gw salah.. gw udah menerbangkan impian gw yang seharusnya gw genggam.. dan bener kata Andes, temen gw saat gw nanya elu nulis apa di kertas impian.. “Nggak ada.. ga usah nulis impian di kertas itu.. impian bukan buat ditulis aja, tapi buat dikejar.. mending kita kejar impian kita daripada Cuma mikirin doang...”

Hemm.. mau keterima SNMPTN, SBMPTN, atau tes lainnya.. 1 hal yang gw titip kawan...
Teruslah bersyukur.. :) inget..! apapun keadaan lo saat ini... saat ini adalah yang terbaik untuk memperbaiki saat yang lalu dan merencanakan yang terbaik buat saat ke depan.. :)

Mudah mudahan bermanfaat ya :)

Terimakasih..

Wassalamualaikum wr.wb.





Ttd

Mpuy aselule asik asik joss



Tidak ada komentar:

Posting Komentar