Selasa, 28 Juni 2016

Curhatan Puasa~

Assalamualaikum :D

Kembali lagi bertemu dengan si mpuy, manusia yang kecanduan dengerin lagu lewat headset. Hahahaha..

Wih wih wih udah gak kerasa ya? Bentar lagi mau lebaran :D udah hampir 20 hari lebih kita melewati hari-hari tanpa makan, tanpa minum, dan tanpa cintamu :( lah? Hahahaha ada ada aja dah... gimana nih? Apa kalian udah batal? Masa belom sih.. hehehe udah kali ya :p tiap magrib kan kalian buka puasa, udah ngebatalin.. hehehe kalo belum mah berarti 20 hari lebih ya kalian bener bener belum buka wwkwk. Kalo belum dibatalin berarti definisi puasa jadi : menahan lapar, dahaga dan nafsu selama.. 1 bulan. Wkwkwkwk lebaran kagak mati iya itu mah. Ckckckckck


Gimana nih puasanya? Apakah mengalami kendala? Mudah-mudahan nggak yaah. Mudah-mudahan puasa kalian sama kaya jalan ke ciampea, daerah rumah gw.. lancaaar banget, jarang macet. Wkwkwkwk. Gw sekarang mau cerita cerita gila aja ah soal puasa. Mudah mudahan pas kalian baca ini kalian dapet.. hidayah.. untuk gak membaca lagi tulisan aneh ini wkwkwkwkwkwkwk.

Emm tahun lalu gw pun cerita soal puasa dan kawan-kawannya. Kalo mau baca bisa di cek di :
-       Disini (tips puasa)
-       Disini (nyubuh)
-       Disini (bukber)

Dan tahun ini gw cuma mau menceritakan beberapa hal aja yg ada di kepala gw ini. Hehehehe..

EVENT PUASA

Puasa pasti banyak ya kegiatan-kegiatannya, ada kultum, ada sanlat, ada mentoring gitu.. tapi gw tertarik sama 1 kegiatan di bulan puasa, karena itu berlangsung tiap hari di bulan puasa. Kegiatan ini akan membuat elu selalu sehat dan segar saat puasa. Kegiatan itu adalah....

One day one juice. Ckckckckck



.........................................................

PUASA dan BOLA
Di bulan puasa tahun ini, berbarengan dengan pergelaran event sepakbola Eropa, atau Euro dan Copa Amerika. Wuiih mantep yak.. pasti sahurnya semanget karena nonton bola hehehehe. Masa dimana sebuah pertandingan sepak bola berbarengan dengan event keagamaan akan memunculkan hal unik, misalnya waktu lebaran beberapa waktu dulu.. ada pertandingan sepakbola dari manchester city, dan salah satu pemainnya, Samir Nasri mencetak gol dan selebrasi dengan membuka jersey dan menunjukkan bacaan di baju dalamnya : “Ied Mubarak” wuiih mantep kan yak. 






Ini gw takutnya euforia bulan puasa pun kebawa saat Euro gitu. Jadi ntar mungkin pas ada pemain di Euro nyetak gol, doi selebrasi dengan lepas jersey, dan menunjukkan bacaan di baju dalamnya : “nawaitu saoma godin”.




..............................................


Euforia puasa di sepakbola takutnya berlanjut gitu, mentang-mentang bulan puasa gitu, jadi pas mau mulai pertandingan, kedua tim yg mau upacara bukan ngedenger lagu nasional negara mereka, tapi Solawat Badar. Takut gw.

Atau saat national anthem mereka dikumandangkan, Mereka takutnya bukan menyimpan tangan di dada, tapi di sebelah kuping. Malah azan, mentang mentang dikumandangkan.
Atau saat national anthem mereka dikumandangkan, Mereka takutnya bukan ikut nyanyi, tapi bubar, buka puasa. Dikira azan, mentang mentang dikumandangkan.


............................................


Ataau gw pun takutnya euforia puasa di sepakbola ini kebalik, gitu... jadinya euforia sepakbola ada di bulan puasa. Kan ngeri yaah..

Jadi misalnya mereka nunggu azan bukan solawatan, malah bikin koreo, sambil teriak teriak “Oleee, ole ole ole ole... ole ole... khas banduung..” kan takut ya gw..

Atau saat mereka yg puasa, disaat mereka teraweh 20 rokaat, saat baru 10 rokaat imamnya ga ngelanjutin. Terus ditanya.. “pak, kok diberhentiin dulu pak?” “iya mas, lagi half time.”

...........................

Biasanya pas teraweh kan kalo selesai pada salam salaman ya, muter muterin jemaah gitu. Ntar gara gara euforia bola ini, mereka abis salaman muter-muter, malah bikin formasi, terus 2 orang ngedeketin imamnya, eh imamnya lempar koin. Terus niup peluit. Pertandingan dimulai bung!


Ckckckck



Ada ada aja ya emang. Makanya kalo memperingati suatu hal seharusnya berjalan dan dijalankan biasa ajah gituh loh.. hmm..



BULAN PUASA KOK.... ADA SETAN.

Katanya Bulan puasa itu setan-setan pada dikurung, dipenjara.. tapi di tahun ini gw rada bingung gitu, semenjak di film the Conjuring 2, ada setan! Namanya Valak.






Jail bgt ya nih setan, kok waktu bulan puasa bisa gak dipenjara sih? Aneh bgt. Nih gw curiga jangan jangan valak ini adalah :
a. bukan setan. Sebenernya dia cuma seorang ibu-ibu yang dandannya ketebelan (Bisa dilihat di gambar, yak)
b. setan, tapi berhasil kabur dengan mengelabui penjaga penjaranya dengan alesan mau ngambil wudu dan mau teraweh. Tuh liat aja.. dia kaya pake mukena. Ckckckck

lagi yak ini yang nayangin film horor saat bulan puasa gak banget dah, jadi gak bisa deh kita merasakan suasana hidup tanpa gangguan setan yang terkutuk. Ckckck. Ini kaya elu tau kalo hari minggu itu libur tapi disuruh ke sekolah. Udah tau harusnya gausah ada, tapi diada adain.... hemmmmh




...................................


PUASA dan TRADISI

Indonesia adalah negara yang penuh dengan tradisi, sob. Jadi jangan salah kalo mau puasa aja para masyarakat di wilayah-wilayah Indonesia rempong buat ngelakuin tradisi tradisi aneh. Salah satunya di daerah Sumatera Barat (yang gw tau ya, koreksi kalo salah) ada tradisi namanya Balimau. 




Balimau ini adalah tradisi membersihkan diri yang dilakukan oleh para warga dengan membasuhkan badan dan kepalanya (rambutnya juga pastinya) dengan air Limau (limo, sejenis jeruk nipis). Tujuannya katanya sebagai simbolis aja dalam menghadapi bulan puasa biar bersih kembali dari segala dosa. Nah ini yg gw khawatirin. Apa itu? kan biasanya kalo ada acara pasti ada makan makannya ya? Nah ini gw takutnya setelah acar balimau ini selesai, para warga makan-makan, dan setelah selesai makan, mereka gak cuci tangan, mereka malah garuk garuk kepala. Mentang mentang wangi kobokan. ckckck


...................................

TERAWEH dan ANAK-ANAK

Kalo kita teraweh di bulan puasa, pastilah kita selalu menemui hal hal yang unik. Salah satunya adalah bertebarannya anak anak kecil yang baru mulai belajar solat. Kan mereka gak tau apa apa ya ga sih? Gatau ini bener apa nggak, gatau kalo nginjek kepala orang yang lagi sujud itu dosa dan gatau kalo kencing di  sejadah itu bakal dimarahin dan dikucilkan oleh masyarakat. Gapercaya? Cobain dah. Wakakakak. Dan di tahun ini, gw menemukan ada beberapa anak kecil yang.... membuat gw ingin berkata kasar...

Yang pertama, adalah anak kecil yang sangat baik sekali. Pasalnya, disaat imam udah baca fatehah, pastinya kita teriak “Amin” kan? Nah si bocah aslektep ini gak kaya gitu. Dia maju dan keluar dari tempat solatnya, lalu menengok ke arah orang orang di sebelahnya, termasuk gw.. dan bilang dengan melihat mata orang yang dilhatnya. Dengan 1 tarikan nafas..... dia bilang..... “woy. Amin woy.” BUSEET ANAK SIAPA DAH INI. GW JUGA TAU ABIS FATEHAH MAH AMIN! ZIGOT JUGA TAU INIMAH WOY! MASA GW HARUS BILANG “AAN.....JAAY?” ini orangtuanya gimana dah gak ngasuh yang bener ke anak ini. Yaa namanya anak anak masih belajar mah wajar, tapi ini nyebelin. Mukanya penuh komuk saat dia bilang “woy. Amin woy” membuat gw pengen ketawa, dan akhirnya gw gak fokus teraweh.

Sial bgt gw.

Anak kedua yg gw temui adalah ada dua anak.. saat mereka berdoa, mereka seolah olah memanen doa dengan tangan mereka yang mereka tadahkan, tau kan? 



Nah salah satu diantara mereka menjaili temannya dengan menggoyangkan dan melepas tadahan tangan temannya. Lalu anak yang dijaili itu otomatis tangannya tidak lagi kaya lagi berdoa, lalu dia bilang, “kamu mah.... kan doanya jadi tumpah, terus dia kaya pura-pura mulungin gitu. GILA! DOA DIPUNGUT! Hahahahahaha gw ngakak kembali saat teraweh itu ckckckck. Tapi 2 anak kecil ini ngajarin gw, rupanya sejak kecil, kita itu udah ditanamkan untuk terus berpikir bahwa doa tuh mampu menjadi kepentingan bagi kita, untuk mewujudkan harapan kita... makanya doa terus dipanjatkan.... #KarenaBelajarDariSiapaSaja

..................................................

PUASA dan CEWEK ALARM

Dan.. di tahun ini, gw tidak lagi ditemani oleh pacar. Udah putus gw. Parah banget emang tuh... dan akhirnya itu memunculkan ketakutan dalam diri gw. Gw gapunya cewe, gw terus ngekos lagi.. ntar gw bangun sahur gimana yak?

Dan akhirnya gw memutuskan untuk mencari cewek, cari pacar....

Buat dijadiin alarm. Ckckckck...


Tapi gw mikir lagi, kalo cewe dijadiin pacar cuma buat alarm sahur aja, berarti ntar lebaran gw putus dong? ;(

Lagian gw mikir ulang kembali... kalo cewek dijadiin alarm...

Alarm kan biasanya kan pake weker.. nah ini pake cewek? Apa gak aneh gitu ya?

Kalo mau masang alarm kan harus disetting dulu ya.. jam berapa jam berapanya.. kan kalo weker kan enak, tinggal puter puter, kelar. Alarmnya kesetting.. nah ini kalo cewek? Apa yang mau diputer puter???????

.........................

Lagi yaaa, alarm itu kan buat bangunin.. pastinya harus bersuara berisik dan bergetar biar kita bangun gitu... kalo weker kan enak ya? Bunyinya berisik, kalo bunyi bergetar... “KRIIIIIIING KRIIIIING KRIIIIING” wiuh berisik banget. Nah ini cewek? Begimana coba? Gw takutnya suaranya bukan “Kriiiiiing kriiiiing..”  tapi.. “aaaaah....~” dan pas bunyi bukan bergetar, tapi... Bergelinjang...! nah! ini bisa bangun kagak? -_- (jangan mikir ngeres dulu, siapa tau cewenya lagi.... dipijitiin.. inget, puasa sob jangan dibayangin hehehehe...)

Makanya gw akhirnya mengurungkan niat gw buat nyari cewe yang bakal jadi alarm... gw takutnya, yang tadinya tujuannya buat bangunin sahur biar nambah pahala, malah jadi bikin dosa! Trus, pas saur bukannya nonton acara sahur di tipi, eh malah bikin 3gp! Ckckckckck



puasa bang, jangan jadiin adek alarm huhuhuhu

........................................

Tapi, puasa sebenernya artinya lebih dari itu.. puasa itu gak cuma sekedar nahan makan, minum, nafsu aja.. puasa itu adalah bentuk kesetiaan..... dimana lo harus setia nunggu satu bulan buat bertahan menjaga semua nafsu makan minum dan yang lainnya itu. bulan puasa menjadi training center elu buat bersikap ke 11 bulan setelahnya. Apakah elu mampu setia bersikap menahan sikap buruk yang udah elu coba latih tahan di bulan puasa ini...... makanya sangat beruntunglah kalian yang lagi puasa.... Lope lope dah.


Karena beda gitu rasanya, buka puasa karena udah berjuang puasa sungguh-sungguh, dibanding karena udah sungguh-sungguh berjuang keliatan puasa padahal kagak sama kaya di kenyataan. Taukan orang orang yg buka puasa di belakang tapi di depan sok sok masih puasa? Nah iya sebutannya adalah orang NYEMEN! Buka puasa diem diem.. golongan orang macem ini tuh gak layak banget dapet serunya rasa buka puasa sesungguhnya, karena menurut gw mereka adalah orang orang yg merugi.. mungkin ada berbagai faktor yang menyebabkan orang buka duluan, tapi.. yah jujur aja kebanyakan mereka yang nyemen buka duluan bukan karena sakit atau apa.. tapi yaah cuma sekedar gitu aja, males puasa..

Kemaren gw ketemu orang yg nyemen.. gw pergokin doi lagi asik menyantap semangkok bakso. Gw teriakin aja.. “Woy! Nyemen lu yak! Udah gede, masih aja gak kuat puasa lu!” “maaf.. bang, ane gak kuat..” jawabnya. gw kan kesel yak, Gw jawab lagi aja.. “Elu tuh gak sopan tau..! gak sopan! 



















Udah tau pesenan gw, elu ambil duluan. Bang bikinin lagi bang semangkok!”















Lah? Wkwkwkwkwkwkwwkwk





Udah yak makasih atas atensinya. Komen atau kasih masukan mah bisa kali  :P



Btw selamat liburan juga yah :D


ada ucapan selamat liburan dari kelas gw hehehehe






Makasih :D



Wassalamualaikum

Ttd



mpuy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar