Selasa, 31 Mei 2016

Terjangan di Kampus yang membuat pusing

Assalamualaikuum..

Gw kembali dari persembunyian muahahaha..!

You know.. learn in campus is make me have two mind.. many have task and many difficult time to force a problem named “Lazy”.. wtf you know.. hemmmm..

Yapp emang semester 2 ini gw udah mulai menemukan kehidupan kampus yang sudah beda dari ekspektasi gw masuk kampus. Dulu gw berpikir gw bisa melakukan semua aktivitas dengan menyenangkan dan asyik. Ke kampus, bertemu teman-teman.. belajar dengan senang karena mengerti, pulang kampus, bermain bersama kumpulan organisasi yang diminati, bercanda dan bersenang-senang, makan bareng teman yang asyik, pulang malem dan mengerjakan tugas dengan senyum karena mudah, dan tidur dengan ucapan selamat malam dari teman-teman dan pacar kesayangan. Hemm ekspektasi yang indah, kan? Kalo kalian tau yaa, ekspektasi itu gw rasain.. bener bener kejadian gw rasain saat SMA dulu, dan gw kira ekspektasi itu bisa dengan mudah kewujud cuma dengan mengganti kata “sekolah” disana dengan kata “kampus..” -__- dan pikiran gw salah coy. Kampus ga se-me-nye-nang-kan sekolah yang kalian kira. *baca nih woy calon mahasiswa baru* wkwkwkkw

Bener emang, kampus itu gak se-enak sekolah. Dan di kampus, elu akan bener-bener harus bisa survive. Kenapa harus survive? Karena di kampus elu akan menemui beragam dinamika dalam kehidupan kampus. Bagaikan petualangan, elu bakal bertemu dengan hutan rimba serimbaa-rimbanya. Gokil dah pokona mah euy. Orang mikir my trip my adventure? My campus my adventure coy! Gila kali lu, elu bisa kesasar sendiri kalo salah jalan di kampus. Kesasar disini bukan kesasar salah jalan beneran ya. Yakali elu kuliah di UNJ kesasar. Toh luasnya cuma se-luas Botani Square, agak gedean sih.. ya kalo diitung mah UNJ luasnya se.. UNJ. Hahaha. Kesasar disini adalah elu bisa salah arah dalam berjalan di hidup lu saat di kampus. Ckckck.. maka dari itulah, elu diharuskan survive dan kuat bertahan disana. Beragam terjangan bakal muncul dan datang mendekati elu. Beneran.




Dari 2 semester disini, gw bisa melihat ada beberapa terjangan kemana elu akan diam, dan dimana posisi elu saat terkena terjangan elu.. mungkin gak di UNJ aja, tapi mungkin di kampus2 lain juga.. bakal kaya gini..

*Terjangan Intelektual*
Terjangan ini bakal ngebuat elu masuk ke dalam dunia kampus yang (menurut gw) paling tepat. Elu bakal masuk kepada dunia dimana kajian, diskusi, membaca, dan menulis adalah makanan sehari-hari. Kaya kalo elu ngeliat buku tuh bawaanya udah pengen dibaca aja, kaya cemilan gitu. Orang mah ngemil ciki, elu buku. Pokoknya mah gitu gitu dah.. elu bakal menjadi orang yang dipandang sebagai orang yang ber-intelek, cerdas, dan hidup dengan ilmu.

*Terjangan Religius*
Terjangan ini bakal ngebuat elu mendekati agama dan kerohanian lebih deket lagi. Kalo dulu elu rohis, pasti ngerasa terjangan ini akan lebih ekstrim daripada saat elu rohis dulu. Elu bakal dijejelin dunia kitab, kajian agama, diskusi mengenai ‘kenapa agama itu penting’, dan berbagai macam lagi dah hal-hal yang berbau keagamaan. Terjangan ini bagus juga sih menurut gw, bagus bgt malah... elu bakal selalu tenang dan hidup dalam kedamaian.

*Terjangan Pergerakan*
Nah iniii nih terjangan yang sering berhembus kenceng banget. Terjangan ini merupakan terjangan masif yang selalu kakak-kakak BEM cuatkan saat elu-elu akan memasuki dunia kampus.. minimal elu pasti dimasukin doktrin bahwa mahasiswa adalah sosok yang akan melakukan pergerakan untuk menentang berbagai kebijakan yang dianggap tidak sesuai dengan cita-cita dan harapan masyarakat, sehingga kita harus aksi untuk membangunkan para petinggi untuk membenarkan apa yang salah. Ckckck sangat keren terjangan dari kakak BEM ini.. pokoknya kalo kena terjangan ini, elu bisa dipastiin punya pikiran bahwa aksi (kata lain dari demonstrasi) adalah jalur perubahan yang bisa digunakan. Politis banget dah terjangan ini....

*Terjangan Ekskul*
Ekskul? Iya kalo di kampus namanya UKM. Unit Kegiatan Mahasiswa.. sama lah kaya ekskul.. terjangan ini pun menjadi terjangan yang cukup besar juga yang bisa menerpa mahasiswa. Disinilah elu akan mendapatkan terjangan bahwa selain ngampus, elu bisa juga aktif disini.. kegiatan kegiatan yang bisa menambah kemampuan elu sebagai mahasiswa. Tapi, yang gw liat disini, mereka yang masuk terjangan ini akan menghasilkan mereka menjadi mahasiswa yang loyal, yang cinta pada kampus, yang setiaaaa. Alig yak. Setia banget gak keluar-keluar kampus. *re: ga lulus-lulus. Mungkin karena mereka udah kesenengan diem di UKM yang mereka geluti.

*Terjangan Nongkrong*
Nah ini terjangan yang (secara kasat mata) buruk. Nongkrong. Anggapan bahwa mereka yang nongkrong cuma jadi bahan gunjingan aja, gak ada kerjaan lah, gak punya masa depan cerah lah, membuat kampus jadi ga tertib, lah.. berandalan, lah... yah macem-macem sih pandangannya. Tapi kalo gw liat lagi, terjangan nongkrong ini bakal membuat elu yang terkena akan menciptakan elu yang tahu akan seluk-beluk kampus lebih dari mereka yang melihat dari luar aja. Elu bisa akan tau lebih dalem lagi. Misalnya orang tau disana ada gang sempit, tapi elu tau kalo disana tempat orang diskusi mengenai suatu masalah yang rahasia dan berbahaya kalo diliat khalayak, atau mungkin di gang sempit itu ada warung indomie yang enak dan murah ketimbang harga di kantin kampus. Elu bakal tau itu kalo terkena terjangan itu, gitu..

*Terjangan Kost-an*
Saat di kampus, terjangan untuk selalu ada dan loyal terhadap kehidupan di kost-an juga berhembus kencang, dimana elu akan selalu berpikiran bahwa kost-an adalah tempat segala-galanya. Belajar, tidur, makan, dan berpikir akan suatu hal.. macem-macem. Pikiran elu akan selalu terhubung ke kost-an, dan berpikir bahwa saat elu nge-kost, skill kemandirian akan terlatih disana, manage waktu, manage uang, buat keputusan, dan cari cara serta kiat-kiat ngutang di warung nasi, juga mikir gimana caranya bisa memanfaatkan segala benda menjadi hal yang berguna. Elu yang terkena terjangan ini akan  selalu berpikir bahwa gak terlalu lah penting ikut kegiatan di kampus. Cukup yang berguna aja buat mencapai tujuan dia kuliah. Terjangan ini akan menumbuhkan prinsip “Anak kost itu kuat, hiduplah seperti anak kost.”


*Terjangan Ayam*
If you know what i mean mhihihihihihi.. kuat-kuatin iman aja kalo kena terjangan ini. Kalo gak kuat iman, tebel-tebelin aja dompet lu buat ngadepinnya. Minimal muat lah buat makan juga. Ati-ati kepake semua gara-gara terjangan ini. Gw gatau apakah ada di UNJ, tapi gw yakin, ada kayanya. Tapi terselubung. Mungkin di kampus lain juga ada. Tapi... yaaa yaudahlah ya. kuat-kuatin iman aja kalo kena terjangan ini. Kalo gak kuat iman, tebel-tebelin aja dompet lu buat ngadepinnya.


Ngomongiin terjangan kaya gini. Pertanyaannya adalah apakah gw juga kena terjangannya????


Terjangannya banyak kan? Makanya kalo elu gak survive elu bakal bingung. Dan gw adalah korban yang gak bisa menemukan titik berpijak yang kuat. Padahal badan gw gak kurus, tapi bisa kebawa terjangan2 ini dikit-dikit. (khusus yang ayam gw gak kena, alhamdulillah). Dan hasil dari terjangan yang gw dapetin ini.. gw akhirnya keteteran karena banyak yang gw ikutin, baik itu kegiatan, organisasi, maupun komunitas yang berjalan berkala dan berelanjutan. Dan ini ngebuat gw pusing.. gw gak sanggup ngejalanin semuanya.

Gw pernah masuk forum keislaman, dan bersamaan dengan gw jadi anggota di salah satu forum juga, bersamaan dengan keikutsertaan gw kepada 2 organisasi UKM, dan komunitas, pernah ikut-ikut aksi-aksi juga... serta kehidupan kost-an yang sulit.

Terjangan gw mungkin dipandang orang mudah untuk dilalui, iya elu bisa. Gw kagak! Eh, belum bisa! Kalo gw jalanin semua, mungkin gw bisa melalaikan kuliah gw yang sampai saat ini masih sulit untuk gw pahami, tugas yang dipenuhi dengan buku, pemahaman, review, penulisan, kehidupan kost-an yang sulit.. kenapa nyambung ke kost-an lagi? Kagak paham gw juga. Pokoknya sulit untuk memahami. Mungkin ada yang pernah bilang kalo ada yang bisa menjalani hidup dengan banyak organisasi.. tapi gw gak bisa. Gw lebih seneng ikut 1 tapi fokus disana. Nah ini gw sama sekali gak satu. Tapi banyak! Nah ini yang salah di gw.. gak bisa filter semua, dan berpikiran sama kaya waktu SMA tadi.. “Ke kampus, bertemu teman-teman.. belajar dengan senang karena mengerti, pulang kampus, bermain bersama kumpulan organisasi yang diminati, bercanda dan bersenang-senang, makan bareng teman yang asyik, pulang malem dan mengerjakan tugas dengan senyum karena mudah, dan tidur dengan ucapan selamat malam dari teman-teman dan pacar kesayangan.” Gw gak bisa organisasi banyak kaya gitu hihihi.. mungkin gw-nya payah, dan... mungkin gw salah. Dan ini yang gw bingungin sampe sekarang.. dan imbasnya gw jadi sering cabut ngumpul, dan cuma bisa fokus ke beberapa kumpulan aja, itupun gak maksimal. Dan akhirnya gw jadi lebih terarah ke kehidupan kuliahnya aja, belajar.. ngerjain tugas, dan hal-hal lain yang terarah kepada penyelesaian SKS kuliah gw.

Terjangan yang gw hadepin terasa sangat menyenangkan namun menyebalkan. Gara-gara gapunya pendirian, gw akhirnya terombang-ambing dan nyangkut kemana-mana. Dan imbasnya gw bakal ke-cap sebagai orang yang gak niat. Aaargh gw bodoh banget, andai gw bisa memutar waktu saat gw kembali jadi maba, dan memilih satu aja. Gw lebih memilih kaya gitu.. hemmmm... gw menyesal, tapi bisa apa?

Yaudhlah gw jalanin aja keadaan yang udah ada ini....


Bapa sama ibu gw pun selalu mengingatkan, gw harus lakuin apa aja yang sesuai dilakuin yang menunjang kuliah gw. Dan gw pengen banget cerita ke mereka kalo gw lagi kebingungan sekarang.. kenapa anaknya bodoh banget ga bisa nguasain apa yang udah jadi organisasinya.. kenapa anaknya sulit banget niat saat pikirannya terpecah kemana-mana.. kenapa anaknya harus dihantui sama pikiran yang mengganggu kuliahnya... :(

Gw tau gw salah. Ada yang bisa bantuin gw cari solusi akibat  ketemu sama terjangan2 ini? Dan membuat kesimpelan hidup ini? Aargh :’(

I just wanna study with the peaceful situation, and.. take back time to erase that mistake :(



Syukuri apa yang ada. Dan berusaha buat ngejalanin sesuatu lebih baik.
U can puy!



Wassalamualaikum, wr.wb.

Ttd


Mpuy aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar