Sabtu, 17 Februari 2018

Susahnya jadi “Orang Baru”, belum deket, Mestakung udah Menikung

Pernah liat orang baru pindahan deket rumah lu? Sama, sering bahkan. Apa sih yang mereka bawa buat kita saat pertama kali ketemu? Yap. Penasaran.

Kita akan penasaran, dia siapa sih? Darimana dia? Apa yang  dia bawa? Kerja apa dia? Sekolah dimana  dia? Kenapa dia pindah? Kenapa lu banyak nanya wey. Yaa, pokoknya gitu. Kita akan dirundungi rasa penasaran yang bisa bikin kita terus bertanya-tanya dalam raga, dalam jiwa, “apa, dimana, siapa, kenapa, gimana.. bla bla bla” soal si orang baru ini.


Orang baru akan ngerti, orang baru haruslah perkenalkan diri, terutama kepada mereka yang ada di sekeliling. Orang baru harusnya tahu, orang baru harusnya ngaku, kalo dia adalah penghuni baru di tempat itu. Orang baru, adalah mereka yang datang paling lambat ketimbang orang-orang terdahulu. Itu gak akan pernah keganti. Orang baru, adalah dia yang datang untuk bikin warna lain di antara warna lama yang menggandrungi, dan akan membuat kisah anyar dalam kehidupan di kehidupan lampau.

Rasa penasaran orang lama kepada orang baru adalah dinamika yang gw perhatikan. Banyak penghuni lama akan “kepo” sama titik-titik dan seluk beluk latar belakang kehidupan si orang baru. Alesan sederhana, “karena pengen tahu”. Kenapa orang suka pengen tau orang baru? Karena dia baru. Kita gak akan tahu orang baru itu kaya gimana kalo gak dicari tahu, atau paling nggak kita harus bisa hidup bersama si orang baru dalam lingkungan itu, untuk waktu yang cukup lama, biar kita bisa tau, siapa itu orang baru. Rumit banget ya. Pusing dah gw.

Orang baru bisa jadi pengisi dan pelengkap orang lama disitu. Siapa tau, orang baru adalah dia yang punya sendi-sendi yang hilang dalam kahidupan orang-orang lama, sehingga mereka mampu melengkapinya, atau bahkan orang baru adalah jawaban dari penantian beberapa orang lama yang menginginkan sebuah ideal dari kehidupan mereka. Gak ada yang tahu. Orang baru, juga bisa jadi virus atau penyebar keburukan baru, yang malah ngerusak tatanan yang ada di kehidupan yang ada, sehingga orang-orang lama bukannya seneng malah empet ada dia. Orang baru, adalah dia yang bawa cerita lain ke kehidupan yang ada.

Orang baru yang gw maksud banyak, gak melulu cuma tetangga baru. Orang baru disini, adalah dia, orang yang terkini ada di dalam kehidupan kita. Itu juga orang baru, iyagaksih? Teman baru, kenalan baru, gebetan baru, pacar baru, baju baru? Alhamdulillaah..
Orang baru, menurut gw bisa memberi cerita unik dan menyegarkan untuk hidup kita. Tak ayal, juga termasuk buat kehidupan gw. Kehidupan di dalam hati gw...
.............................................

Nyinggung soal orang baru, gw ngerasa selama beberapa bulan, bahkan tahun, pokoknya selama gw kuliah ini lah, gw merasa gw adalah seorang asing yang mencoba menelusuk kehidupan orang-orang yang rupanya selalu gagal gw lakukan.

Sama seperti orang pindahan, gw yang datang sebagai orang baru ke hidup orang-orang ini, atau, untuk hati gw, mereka yang menjadi orang baru disana selalu memberikan sesuatu ke gw saat pertama kali bertemu.. ya. Penasaran. Gw penasaran sama mereka, gw ingin tahu kenapa gw harus kenal sama dia, gw pengen tahu kenapa gw harus milih dia, gw pengen aja.. selalu ada dia jadi penetap di hati gw.

Intinya, gw punya masalah sama konsep orang baru ini.

.......................................

Beberapa hari kemaren, temen gw, sebut aja namanya isya, karena dia sering keluyuran ba’da isya, apasih hehehe. Jadi Isya ini cerita ke gw, kalo rupanya dia waktu KKL kemaren di Garut, suka sama cowo sana, dan dia stalking ig-nya dan liat cowok itu udah punya pacar.. dia sedih, dan ngerasa terlambat suka sama cowo itu.. padahal kan, baru ketemu.. iye kan? Gw bilang aja, “lu itu ngerasa cinlok doang, cinta sambil lalu... cinta yang tiba-tiba muncul karena kemenarikan dari diaa” dan dia jawab “ya, bener juga puy, maklum lah ya, gw bisa apa? Ya, kalo udah gini mah mundur aja..”. Isya ngerasa dia terlambat tahu sama orang yang baru dikenal, yang dia suka.. yang gw liat disini, bukannya terlambat.. Isya-nya aja yang emang jadi orang baru buat si cowok Garut ini. Gw curiga dia punya perusahaan dodol. Jadi Isya ini suka sama cowok itu, dan tahu udah punya pacar, dia gak bisa ngotak-ngatik kehidupannya si cowok ini. Gw bisa paham kenapa dia harus mundur. Gw juga paham kenapa Isya bisa tahu latar belakang cowok itu, sebelum akhirnya memutuskan buat mundur. Karena.. Isya punya orang baru dalam hidupnya, si Cowok Garut ini. Isya melakukan hal yang wajar sebagai orang yang kedatangan orang baru dalam hidupnya, yap. Penasaran. Isya pengen tahu cowok Garut karena mungkin, dalam hidupnya, si Cowok Garut ini akan memberikan warna baru buat Isya, atau malah jadi pengisi dan pelengkap hidup si Isya. Yap, kaya gitulah orang baru. Datang dengan misteri, dan meninggalkan kesan yang tak mudah tertebak. Nah, buat masalah Isya ini, kenapa dia harus mundur karena tahu si orang baru dalam hidupnya punya kehidupan yang cukup penting untuk tidak ditinggalkan dan dicampurkan dengan kehidupan barunya bersama Isya. Isya yang juga menjadi orang baru bagi cowok Garut itu, gak bisa lah ngotak ngatik, dan merasa selalu menjadi yang tersingkirkan.

Masalahnya adalah, kalo semua orang yang baru kita kenal, dalam kasus ini, orang baru yang kita suka punya kehidupan masa lalu, atau yang sedang dijalaninya akan mengganjal kehidupan kita untuk bisa menelusuk masuk ke dalam kehidupan dia selanjutnya, gimana kita akan bisa punya cerita baru dengan orang baru?

..................................

Gw kasih statement ke Isya, “Jadi orang baru emang selalu jadi beban ya..”

Yap. Beban. Beban mengetahui cerita lama yang sebelumnya udah dijalanin sama orang baru yang kita tuju saat ini.

Mungkin lu sering tau cerita, atau bahkan ngerasain, gimana empetnya tau cerita sebelumnya dari seorang pacar kita atau gebetan kita sebelum sama kita. Kalo kata poster-poster di jalan mah, ada gambar pak harto sambil ada tulisan “piye kabare? Penak jamanku to?” (apa kabar? Enakan jaman gw kan?). yaa kaya gitu lah..

Kenapa gw ngerasa empet? Karena yaa gw pernah ngerasain, enam kali malah. Tau cerita masa lalu mantan-mantan gw yang rupanya lebih baik di masa sebelum gw. Kan itu jadi beban.. seolah-olah orang lama adalah sebuah kebanggaan, dan kita sebagai orang baru, adalah remeh yang harus berjuang melampaui cerita mereka yang sebelumnya. Dikira gampang kali.

Beban mengetahui cerita lama yang sebelumnya udah dijalanin sama orang baru yang kita tuju saat ini akan berefek sama pedekate atau pendekatan yang kita lakukan ke orang itu. Karena dengan tau cerita lama, atau latar belakang orang itu, kita bisa naker nih, bisa ngukur-ngukur, bisa prediksi, kita nih cocok apa kagak sama dia.. kalo elu cuma kuat ngejalanin sama dia ngajak makan di nasi bebek belakang kampus, dan ngeliat di masa sebelumnya dia selalu diajak makan di kafe ala-ala, wah elu kudu sadar diri, sob. Ati-ati aja kagak ketaker atau kagak mampu dianggap ngelampauin. Hehehe.

Selain bisa naker atau ngukur-ngukur, tau cerita lama gebetan elu juga bisa ngasih sikap yang tepat buat elu, ngadepin dia kaya gimana. Mungkin kalo elu tau dulunya dia adalah seorang pembaca buku ulung, janganlah dirimu mengajak dirinya pergi ke timezone. Ajaklah ke perpusnas.. suruh dia kerjakan skripsimu, mungkin dia akan suka.. suka untuk langsung gorok leher kamu, hehe.. ya pokoknya gitu, kita bisa bersikap yang sesuai buat dia. Si doi tersayang.. hehehe..

................................

Alesan sederhana kenapa kita mau ngepoin orang baru, termasuk orang baru di hati kita, menurut gw gak melulu cuma karena “cuma pengen tahu”, bagi gw karena “pengen tahu, sebab saya mencintainya..”

Yap, gak mungkin, gak dipungkiri, kenapa kita mau ngedeketin orang baru cuma karena pengen tahu, pasti ada alesan kenapa kita pengen tahu.. ya itu, menurut gw adalah karena saya mencintainya. Oke mungkin case ini lebih ke arah kenapa kita mau pedekate sama orang baru..

Karena bagi gw, adalah sebuah keharusan untuk mengenal orang baru, diantara kemelandaan gw pasca diterjang badai “kita pisah aja” saat itu. Umur kuliah belum seumur jagung, percintaan gw sama pacar gw di SMA udah kandas.. padahal kita sama-sama satu kampus. Ah entahlah gw bingung kenapa semua itu terjadi..

Tapi yang pasti, hal itu yang ngebuat gw harus cari orang baru..

Lingkungan baru di kampus ngebuat gw kenal banyak orang baru, termasuk “orang baru” buat gw. Udah hampir dari awal semester lamanya, bahkan sampai saat ini, “orang baru” itu, masih aja jadi “orang baru” buat gw.. yang selalu buat gw penasaran akan hidupnya, dan bahkan gw hanya sekedar sedikit tahu ceritanya, dan seluk beluk masa lalunya, hingga di kehidupannya saat ini.. atau, mungkin.. udah hampir dari awal semester lamanya, bahkan sampai saat ini, gw tetap jadi “orang baru” buat dia, tapi dia gak mau penasaran.

Gw emang udah lama mengenal dia, udah cukup tau dirinya, tapi gak pernah bisa jadi penetap dan diam sebagai “orang baru” buat dia, yang padahal sebaliknya, dia udah jadi “orang baru” bahkan udah menetap di dalam hati gw. Dia bisa ngisi hati gw dengan rasa kagum dan rasa gembira yang mampu mencuat setelah tau dirinya, dan menyukai dirinya, meski ada bisul yang melanda hati gw, karena di balik kebahagiaan yang gw rasakan setelah dia ada, rupanya gak bisa gw menelusuk ke dalam hatinya untuk bisa jadi “orang baru” di hatinya. Kasusnya sama kaya si Isya tadi, ada masa lalu yang udah mengisi kehidupan di hatinya. Dia pernah cerita, kisahnya kini adalah kisah yang paling asyik untuknya. Dirinya, si cowok itu ada untuk dia, mengerti keadaan dia, dan bisa mengerti keadaan dia. Dan disaat itulah gw selalu berpikir gw terlambat, sama seperti pemikiran Isya.

...andai saja... gw berpikir kaya gitu, setiap gw berkhayal saat bersamanya, memperhatikannya, dan menjadi penyemangat dalam hidupnya.. andai saja.. itu gw, gw akan melakukan hal yang sama untuk ngebahagiain dia, untuk selalu mempercayai dia, untuk selalu sayang sama dia.. hehe, tapi kan gw harus tau diri.. tanpa perlakuan itu dari gw, dia udah bisa mendapatkannya dari kekasih pemilik kisahnya saat ini. Apa lagi yang harus gw harapkan? Gak ada wey hahaha.. khayalan ini kadang nyiksa juga ya wkwkwk

Gw percaya, masa lalunya yang kini masih ada menjadi kisah cintanya saat ini adalah kisah untuknya yang paling baik, kisah yang mampu ngebuat siapapun orang yang ada di dalamnya merasa bahagia. Karena apa? Gw aja yang masih ada di luar hatinya, udah ngerasa bahagia untuk mencintainya, gimana dia yang udah ada di dalam sanubarinya?

Jadi ya emang gitu, dia orang yang gw kagumin, kalo kata Maudy Ayunda, tiba-tiba cinta datang kepadaku, ya emang beneran gitu.. dia bisa ngisi hati gw, memenuhi kesedihan gw dan ngegantinya pake rasa bungah, bahagia, dengan tanpa aba-aba, alakazam, dar! Dia langsung bisa memikat hati gw. Gw ngerasain, dan emang gak bisa dipungkiri, dia adalah obat penawar demam akibat badai saat itu, tapi gak bisa sepenuhnya dimiliki. Gw gapapa, gw ikhlas, gw bersikap sama seperti Isya, mundur. Karena gw tau, orang baru akan terus dipojokkan.. elu gak akan bisa menang saat mau menjadi cerita baru di hidup dia, disaat dia punya cerita lama yang lebih mengasyikkan..

...................................................

Tapi, sampai hari ini, gw gak pernah kehilangan asa, buat selalu percaya kalo suatu saat gw akan menemukan orang baru, yang penasaran sama gw, dan gw juga penasaran sama dia.
Setelah putus itu, dan kegagalan gw buat menelusuk masuk ke dalam hati dia, gw uring-uringan.. sumpah.. kesana kemari mencari hati yang bisa diselidiki dan disusupi. Hahahaha.

Gw terus berusaha ngedeketin cewek, ya buat jadi orang baru aja.. gw gatau gw akan tepat jadi orang baru untuk siapa. Tapi, ya gitu.. entah kenapa gw selalu gak bisa ngelupain dia, yang udah gw harapkan selama ini.. dia kayak.. emm, segel kutukan. Eh, terlalu sadis sih.. ya pokoknya dia kaya ngebuat gw gak bisa berpaling dari dia.. tapi, gimana.. gw gak boleh jadi orang baru diantara cerita yang sudah menguat. Gw gak boleh jadi orang baru yang ngerusak cerita dan buat cerita malah jadi runyam.. haah, jadi orang baru emang beban...

Coba deketin cewek lain? Oke. Gw pernah, dari yang iseng iseng lewat dm-dm di ig, sampe dikenalin sama temen gw, gw pernah. Parah emang sih uring-uringan gw pasca putus ini.

Gw pernah dm-dm cewek di ig, kaya kenalan gitu sama cewek, eh tapi gak berujung indah tuh, gw malah jarang digubris, diread doang, atau paling dibales “wkwk” tanpa kejelasan. Pernah juga pengen ngedeketin cewek satu komunitas, eh tapi malah gw-nya yang ngerasa kalo gw ngedeketin gitu, malah canggung, ntar apa apa dihubungin apa apa dihubungin.. komunitas berantakan gara gara gw, komunitas amburadul nalahin gw, komunitas bubar nyalahin gw juga.. padahal kan emang udah waktunya pulang. Eh apaan sih. Pernah pulaaa gw ngedeketin cewek yang dikenalin sama temen gw, dan katanya dia juga suka sama orang yang kayak gw, chat-chatan lah kitaaa, udah saling menarik perhatian, janjian pengen ketemuan, so sweet-so sweetan, bercanda-bercandaan.. eh lama kelamaan, gw liat dia udah punya cowok duluan. H a h a. Pernah juga pengen ngedeketin adek kelas, ngedeketin, cari tau kehidupannya, eh ogah pacaran.. wah susah dah. Pernah juga suka sama temen sekelas, waah, udah dah kagak mampu gw, kaya naik hajii..

Semuanya sebenernya bukan karena gw yang gak suka, atau (gatau) mereka yang gak suka sama gw, tapi yaaa karena gw-nya aja gak serius buat ngejalanin pedekate ini. Balik lagi ke yang tadi, buat ngeyakinin pedekate, kita bisa mencari tahu seluk beluk “orang baru” ini biar semuanya jelas dalam bersikap dan menentukan langkah lanjutan,eh rupanyaa.. gw yang masih terbayang masa lalu, harapan, dan serangan latar belakang kehidupan mereka yang “menakutkan” apabila gw jadi orang baru bagi mereka, siapapun itu..  ngebuat gw dilema untuk ngelanjutin perjuangan ini.

Cupu? Iyaaaa bener.. gw sangat takut melangkah untuk membuat dan mencari “orang baru” buat gw. Bukan karena apa-apa.. gw cuma gak mau masa lalu gw yang “selalu rusak” dan berakhir sad ending dalam percintaan terulang kembali. Gw terlalu takut bikin kisah baru, yap, takut, atau gak ada yang mau bantu bimbing.

Mungkin, kalo kata the Script, “how can i move on, when i’m still in love with you?” adalah kebenaran yang nyata buat gw. Yap, kerusakan hubungan yang terjadi dan ngebuat gw putus sama pacar gw, atau gw yang gak bisa gerak untuk pergi meninggalkan dia, “orang baru” di hati gw saat ini yang kenyataannya udah bahagia sama dia yang lain, atau mereka orang-orang yang gw deketin yang gw terlalu scare buat dideketin, ngebuat gw selalu diem diantara kebimbangan dan kekhawatiran keinginan untuk memiliki pengisi hati gw saat ini..

Gak bisa dipungkiri, saat kita putus cinta, kita akan mencari orang baru, orang yang bisa bimbing kita buat gak sedih lagi, buat bisa ngerasain cinta lagi.. yaa, tapi kalo emang konsep orang baru akan selalu dipojokkan dan menjadi beban terus berlanjut, siapa yang bisa move on?

Emm, mungkin.. Dialah yang bisa menerima cerita baru. Yaa, cuma orang-orang yang bisa ngejadiin masa lalunya pupuk buat menyuburkan kisah baru, yang bisa bergerak. Mereka yang bisa bergerak menjadi “orang baru” adalah dia yang percaya kalo kisah yang dia bawa akan melampaui semua kisah lalu orang yang dia tuju.. orang yang bisa bergerak dari masa lalu untuk menjadi “orang baru” haruslah jadi orang yang tahu diri, kalo emang masa lalu orang yang dituju, adalah masa lalu yang terbaik untuknya, dan merelakan pergi, mencari tujuan yang lebih pasti, dan menjadi “orang baru” yang tepat di tempat yang tepat.

Balik lagi ke kasus Isya, gw mikir, gak selamanya orang baru akan bisa memberikan kisah baru buat “orang baru” yang dituju, kadang banyak hal-hal diluar dugaan yang ngebuat apa apa yang jadi harapan gak sesuai. Hmm, bahasa ilmiahnya adalah mestakung, semesta tidak mendukung. Mungkin nasib gw dan Isya sama, yap, sama sama menjadi “orang baru” dan menemukan “orang baru” disaat yang gak tepat. Mestakung hadir diantara kami, ngebuat kami, emm, utamanya gw.. berpikir kalo, konsep “orang baru” adalah sebuah kejahatan bagi orang-orang yang baru mengagumi dan mulai mencintai orang lain, disaat dia mau mulai untuk bergerak. Masa lalu dan kehidupan baru yang akan kita tahu setelah mendekatinya, adalah hambatan terbesar mendapatkan cerita baru dan cinta baru buat orang-orang yang penuh ngarep ke satu orang secara penuh..

Tapi, mau gimanaa lagi..

Yang terjadi saat ini, kisah saat ini, kisah gw yang selalu gagal ngedeketin siapapun karena terlalu takut akan hambatan “orang baru”, atau kisah dia yang udah lama terbentuk dari masa lalu hingga kini yang tertanam kuat hingga tak mampu untuk dilepas.. semua adalah kisah yang gak mungkin bisa direstart, dan harus dijalanin..

dan, buat ngebuat gw diterima oleh orang yang bisa menerima “orang baru”, mungkin bukan gak ada, gw mungkin cuma harus berusaha lebih keras lagi untuk berani ninggalin ketakutan gw dan mulai bertanya..”maukah kamu menerimaku jadi “orang baru” untukmu?”, serta mencoba perlahan menyadari kisah kuat dirinya, dan mulai perlahan menjauh dan sekedar bahagia melihat dirinya bersama kisahnya.

.....aku tidak bisa lagi melangkah lebih jauh merasuk ke dalam hatimu untuk menanyakan hal itu tanpa menyakiti perasaanmu.....


Mpuy
Mestakung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar